Terapi Eksfoliasi untuk Meminimalisir Kerusakan pada Kulit Wajah

7 Oct 2022 12:35 333 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Minimalkan Kerusakan Pada Kulit Wajah Dengan Memanfaatkan Terapi Eksfoliasi

Yang dimaksud dengan eksfoliasi kulit adalah salah satu tindakan perawatan untuk kulit yang dilakukan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada bagian permukaan kulit terluar. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati terutama di area wajah maka kulit wajah dan tubuh bisa menjadi lebih halus dan untuk bagian wajah dan punggung terhindar dari jerawat serta meminimalkan munculnya kerutan halus pada kulit. Dengan eksfoliasi akan mempercepat regenerasi kulit baru atau merangsang sel-sel kulit baru untuk tumbuh dan kulit menjadi dalam kondisi lebih bersih. Ketika kulit bersih maka hal ini akan memudahkan kulit anda untuk menyerap produk perawatan kulit yang sedang anda gunakan sebagai media perawatan kecantikan sehari-hari.

Pada umumnya kegiatan eksfoliasi kulit lebih sering dilakukan di area kulit wajah. Berikut akan kami jelaskan manfaat yang diberikan dari rutin melakukan eksfoliasi kulit. Silahkan menyimaknya.

1/ Meratakan warna kulit

Semakin bertambahnya usia seseorang maka akan terbentuk sel-sel kulit mati dalam jumlah yang besar. Semakin banyak sel-sel kulit mati maka akan membuat kulit tampak kusam dan kering. Jika sudah begini maka lakukan eksfoliasi yang dipercaya bisa mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Kegiatan in harus rutin dilakukan akan membantu menjadikan kulit lebih lembut dan memudarkan bekas-bekas luka yang ada pada kulit terutama kulit wajah karena bekas jerawat. Eksfoliasi kulit bisa dilakukan dengan cara alami yaitu memanfaatkan labu kuning kukus yang ampuh dalam meratakan warna kulit.

2/ Membantu regenerasi kulit

Pada umumnya kulit anda akan melakukan regenrasi setiap 28 sampai dengan 30 hari. Namun jika anda rutin melakukan eksfoliasi kulit maka hal ini akan mempercepat proses regenerasi kulit anda dimana semakin cepat kulit beregenerasi maka kulit akan tampak lebih sehat dan cerah.

3/ Meminimalkan tanda-tanda penuaan dini

Semakin bertambahnya usia anda maka ini akan berpengaruh pada kondisi kulit karena akan lebih lama dalam proses regenerasi kulit. Ini tentunya akan memberikan dampak pada kulit, biasanya semakin bertambah usia maka kulit akan tampak cepat kering, keriput dan timbul garis-garis halus. Kegiatan eksfoliasi kulit akan membantu kulit anda untuk memperlambat bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

4/ Meningkatkan produksi kolagen

Produksi kolagen akan meningkat secara optimal yang bisa diperoleh dengan cara rutin melakukan eksfoliasi kulit. Jika kolagen dapat diproduksi dengan optimal maka bisa meningkatkan elastisitas wajah yang akan menjadikan kulit tampak lebih kencang dan kenyal. Kolagen dalam hal ini memegang peranan penting untuk menghambat munculnya kerutan dan garis-garis halus sebagai tanda adanya proses penuaan dini. Salah satu bahan alami yang bisa membantu mengencangkan kulit adalah buah cokelat yang bisa dimanfaatkan sebagai masker alami.

Cara Melakukan Eksfoliasi

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa eksfoliasi berdampak bagus untuk kulit jika dilakukan secara rutin. Masing-masing jenis kulit mempunyai frekuensi eksfoliasi yang berbeda-beda seperti pada kulit normal dan kulit berminyak, eksfoliasi dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu sedangkan untuk jenis kulit sensitif hanya disarankan melakukannya 1 kali seminggu. Perlu diingat bahwa jika terlalu sering melakukan eksfoliasi akan menyebabkan menurunnya kadar minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit mudah berjerawat. Eksfoliasi penting dilakukan namun perlu dipahami seberapa rutin anda melakukan hal ini pada kulit agar selalu aman, sehat dan terawat.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel