Resep Pie Buah, Dessert Praktis yang Lezat dan Mengenyangkan

11 Oct 2022 12:40 922 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dessert Praktis Sekaligus Sebagai Kudapan Di Sore Hari Yang Enak, Inilah : Resep Pie Buah

 

Resep ini kami peruntukkan bagi anda yang mempunyai waktu terbatas tetapi ingin menikmati camilan enak di akhir pekan di rumah bersama dengan keluarga. Resep ini dibuat praktis tetapi menawarkan hasil dan rasa yang dijamin membuat anda ketagihan melahapnya. Namanya adalah pie buah yang merupakan salah satu kudapan cukup populer di toko-toko kue. Penampilan kue basah yang satu ini adalah sedap dipandang mata dengan warna-warni potongan buah segar di atas vla putih yang ditampung dalam kulit pie yang renyah. Rasanya tentu saja nano-nano, ada gurih, asam, manis dan segar menyatu dalam setiap gigitan. Inilah yang menyebabkan penggemar kue ini sangat banyak.

Kini pie buah tidak perlu jauh-jauh dibeli keluar rumah, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan salah satu resep pie buah yang praktis dan enak. Ada beberapa langkah utama dalam proses pembuatan kue ini yang perlu diperhatikan yaitu membuat kulit pie, menyiapkan cream cheese sebagai isi dan membuat apple glaze dari Buavita Apple yang nantinya disiram di atas potongan buah segar. Buah tang digunakan pada umumnya adalah memakai buah stroberi, blueberi dan kiwi. Selera bisa disesuaikan dengan memakai jenis buah yang lainnya ada di kulkas yaitu apel, jeruk, ceria tau pisang. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup sebelum anda menyajikan pie buah di meja makan untuk keluarga tercinta. Kue ini bisa dinikmati kapan saja sebagai camilan ringan yaitu teman minum segelas susu segar di waktu pagi hari, acara ngemil di siang hari atau tea afternoon di waktu sore hari. Camilan pie buah akan memeriahkan acara kumpul keluarga anda di akhir pekan.

Resep Pie Buah Praktis

Bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

1/ Membuat kulit pie

  • 100 gram mentega tawar dingin potong kotak kecil
  • 60 gram gula halus
  • ½ sdt garam
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 sdm air es
  • 2 kuning teluar ayam

2/ Membuat cream cheese filling

  • 250 gram cream cheese
  • 50 gram gula halus
  • 2 sdt perasan jeruk lemon
  • 2 sdt kulit jeruk lemon parut / lemon zest

3/ Membuat apple glaze

  • 1 sdm jelly bubuk
  • 120 ml Buavita Apple

4/ Membuat bahan isian

  • 2 buah kiwi kupas lalu potong 2 bagian kemudian iris tipis
  • 100 gram stroberi kecil
  • 100 gram blueberi

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

1/ Membuat kulit pie : aduk-aduk tepung, mentega, gula dan garam menggunakan pastry cutter atau garpu hingga memasir.

2/ Tambahkan air es ke dalamnya dan masukkan kuning telur kemudian aduk hingga tercampur merata. Hindari mengaduk adonan kulit pie terlalu lama supaya tidak keras. Bungkus adonan kulit menggunakan plastik wrap. Simpan dalam kulkas selama 1 jam kemudian keluarkan.

3/ Bagi adonan menjadi 2. Ambil 1 bagian lalu kembali bungkus sisa adonan dengan rapat memakai plastik wrap agar tidak kering. Gilas adonan menggunakan rolling pin hingga setebal 0,5 cm.

4/ Siapkan cetakan pie buah. Potong adonan kulit dengan diameter sesuai ukuran cetakan ditambahkan 1 cm. Rekatkan pada cetakan dengan rapi.

5/ Tusuk-tusukkan menggunakan garpu seputar adonan yang sudah tertata rapi dalam cetakan.

6/ Panggang dalam oven panas 180° C selama 15 hingga 20 menit lalu keluarkan dan biarkan sampai tidak panas.

7/ Membuat cream cheese filling : kocoklah semua bahan menggunakan mikser hingga lembut. Masukkan ke dalam plastik segitiga atau pipping bag. Semprotkan ke dalam cangkang pie hingga memenuhi setengah bagiannya. Sisihkan.

8/ Membuat apple glaze : masak Buavita Apple dan jelly bubuk di atas api kecil hingga tercampur merata dan larut serta mendidih kemudian angkat.

9/ Susun potongan buah kiwi, stroberi dan blueberi ke atas pie sesuai selera. Olesi permukaan buah dengan apple glaze yang sudah tidak panas ke atas buah secara merata. Dinginkan dalam kulkas hingga sesaat akan disajikan. Untuk 6 porsi yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel