Fungsi Positif Dari Bakteri Lactobacillus Bulgaricus Dan Streptococcus Rhermophilus Dalam Pembuatan Yoghurt

22 Nov 2022 14:25 2543 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fungsi Positif Dari Bakteri Lactobacillus Bulgaricus Dan Streptococcus Rhermophilus Dalam Pembuatan Yoghurt

Seperti diketahui bahwa minuman bernama yoghurt banyak memberikan manfaat untuk kesehatan karena aktifitas bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus yang bisa meningkatkan kandungan probiotik alami dalam yoghurt. Kandungan probiotik alami di dalam yoghurt dapat berfungsi menjaga kesehatan usus dari bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan anda terkena sakit diare, kembung dan sembelit. Probiotik dalam hal ini dapat memusnahkan bakteri berbahaya yang berpotensi menimbulkan kanker. Nah seperti apakah peranan bakteri tersebut terutama dalam proses pembuatan yoghurt ? Yuk simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

Fungsi Bakteri Lactobacillus Bulgaricus Dan Streptococcus Thermophilus Dalam Pembuatan Yoghurt

Bakteri Lactobacillus Bulgaricus secara umum dikenal sebagai salah satu jenis bakteri baik yang ada dalam yoghurt dimana dalam 1 gram yoghurt mengandung sekitar 1 juta bakteri Lactobacillus Bulgaricus. Manfaat bakteri ini adalah untuk memecah laktosa yang ada di dalam produk-produk susu. Ini menjadi sangat menguntungkan bagi orang-orang yang intoleransi atau tidak tahan terhadap laktosa.

Manfaat bakteri Lactobacillus Bulgaricus yang kedua adalah untuk memproduksi vitamin B kompleks dan vitamin K. Seperti tercatat dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap beberapa hewan di tahun 1999, bakteri Lactobacillus Bulgaricus bersifat sebagai anti tumor. Namun hingga saat ini penelitian ini belum terbukti pada manusia. Bakteri ini diketahui mudah hancur oleh asam lambung.

Sedangkan bakteri Streptococcus Thermophilus juga dibutuhkan dalam proses pembuatan yoghurt. Streptococcus adalah salah satu jenis bakteri asam laktat terkecil yang sifatnya menguntungkan bagi penderita intoleransi laktosa. Bakteri ini bisa dibeli di pasaran bebas. Bakteri ini bermanfaat untuk menghasilkan produk dengan rasa dan tekstur yang konsisten seperti telah dibuktikan oleh European Bioinformatics Institute.

Seperti halnya terhadap bakteri Lactobacillus Bulgaricus, bakteri Streptococcus Thermophilus akan rusak di perut saat terkena asam pada lambung. Kedua jenis bakteri ini dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan usus. Bakteri jahat yang ada di dalam pencernaan bisa dimusnahkan oleh kedua bakteri ini. Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt setiap hari. Beberapa jenis yoghurt ada juga diberi tambahan bakteri Bifidus Ragularis. Bakteri ini berguna untuk meningkatkan kelangsungan hidup bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus terutama ketika melewati lambung yang sangat asam. Berdasarkan data dari ‘Consumer Reports’ ada sebanyak 3 juta dari 3 miliar bakteri berhasil melalui lambung hingga ke usus. Hal ini berkat kerja keras dari bakteri Bifidus Regularis.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel