Kesuburan Pasangan Suami Istri Bisa Diperoleh dengan Melakukan Gaya Hidup Sehat Ini

17 Oct 2022 14:25 1035 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kesuburan Pasangan Suami Istri Bisa Diperoleh Dengan Melakukan Gaya Hidup Sehat Ini

Beberapa program kehamilan pada umumnya merekomendasikan anda dan pasangan untuk mengenali masa subur, mendorong konsumsi makanan bergizi, olahraga seperti fertility yoga atau memberikan asupan berupa folat. Selain program ini, anda juga bisa berupaya sendiri untuk mengubah gaya hidup saat ini untuk mendapatkan peluang hamil yang pertama atau kedua dan seterusnya. Menurut pendapat Marry Jane McCluggage, Ph.D., R.D., ahli gizi terdaftar di Inggris sekaligus pendiri ‘Yummy Tummy’ adalah sebuah program manajemen berat badan untuk perempuan hamil sekaligus prenatal couple exercise, memberikan pedomana gaya hidup untuk meningkatkan kesuburan anda dan pasangan seperti ulasan di bawah ini.

1/ Keep calm and relax

Seorang anak di dalam rumah sudah membuat anda sibuk. Belum lagi menyeimbangkan dengan aktivitas lain, pekerjaan rumah, pekerjaan kantor atau yang lainnya. Hal ini memungkinkan adanya peningkatan tekanan. Perlu diperhatikan bahwa ketika tingkat stres anda naik maka peluang untuk hamil anda menurun. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang ada saat anda merasa stres. Anda merasa stres.

2/ Lakukan olahraga secara teratur

Seperti diketahui bahwa olahraga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk salah satunya adalah peningkatan kesuburan. Namun perlu diingat bahwa olahraga dengan intensitas tinggi yang berlebihan dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh yang pada akhirnya bisa mempengaruhi sistem reproduksi secara negatif. Anda bisa mencoba olahraga intensitas rendah sampai sedang sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Bisa juga melakukannya bersama pasangan dan si kecil.

3/ Raih berat badan sehat

Belum mendapatkan berat badan ideal setelah melahirkan si sulung adalah salah satu keluhan yang paling banyak diutarakan oleh para ibu. Berat badan yang sehat adalah menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam kesuburan. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan akan berpengaruh terhadap peningkatan ketidaksuburan. Sekitar 25% infertilitas pada perempuan disebabkan oleh kelebihan berat badan, sedangkan 12% disebabkan oleh kekurangan berat badan. Ini disebabkan karena jumlah lemak di dalam tubuh bisa dengan mudah mempengaruhi fungsi dan siklus menstruasi. Perempuan dengan berat badan yang tidak sehat pada umumnya akan mempunyai siklus yang lebih panjang dan inilah membuatnya menjadi sulit hamil.

3/ Perbanyak kalori saat sarapan

Melakukan sarapan pagi dengan rutin setiap hari dengan jumlah kalori yang lebih tinggi bisa membantu para perempuan dengan masalah tingkat kesuburan. Ini akan memberikan manfaat yaitu mengurangi kadar insulin sebesar 8% dan kadar testosterone sebesar 50%. Insulin dan testosteron dalam jumlah tinggi berkontribusi pada infertilitas karena bisa menyebabkan haid menjadi tidak teratur dan menurunnya gairah seks. Asupan kalori yang lebih banyak di waktu pagi hari bisa meningkatkan peluang ovulasi 30% dibandingkan perempuan yang sarapan lebih sedikit namun makan malam lebih banyak. Namun perlu diingat bahwa meningkatkan jumlah kalori di pagi hari tanpa mengurangi porsi makan malam akan cenderung menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh karenanya anda tetap harus menyeimbangkan porsi makan anda setiap hari.

4/ Mengurangi karbohidrat

Pada saat asupan karbohidrat meningkat, ada potensi meningkatnya risiko infertilitas. Diet rendah karbohidrat dapat membantu anda mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi kadar insulin dan mendorong penurunan lemak. Ini tentu saja bermanfaat untuk membantu keteraturan menstruasi. Perempuan yang banyak mengkonsumsi karbohidrat beresiko lebih besar untuk mengalami ketidaksuburan yaitu sebesar 78%.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel