Viral Sepanjang Tahun, Inilah Mengapa Anda Wajib Coba Ragam Jajanan Khas Bandung yang Kekinian

26 Aug 2022 10:41 3054 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Viral Sepanjang Tahun, Inilah Mengapa Anda Wajib Coba Ragam Jajanan Khas Bandung Yang Kekinian

Kota Bandung memiliki sejuta pesona selain bentang alam yang indah, udara sejuk dan banyak tersedia tempat rekreasi, wisata kuliner wajib masuk dalam agenda kunjungan ke Kota Kembang ini. Aneka jajanan yang menggoda siapa saja untuk mencicipi kelezatannya tersedia dimana-mana dan sangat mudah untuk menemukan penjualnya. Tersebut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa jajanan khas Bandung yang viral sepanjang tahun dan wajib dicicipi jika anda berkunjung ke sini karena rasa kekinian yang ditawarkan.

 

1/ Mencicipi semangkok seblak

 

Cuaca dingin di waktu malam hari paling enak makan makanan pedas. Seblak bisa menjadi salah satu pilihan makanan panas yang cocok disantap ketika cuaca sedang dingin. Terbuat dari kerupuk rebus, anda bisa menemukan berbagai isian dalam semangkuk seblak. Tekstur seblak yang kenyal terasa serasi saat dimakan bersama dengan sosis, bakso, ceker ayam, telur dan sayuran segar. Seblak dilengkapi dengan kuah yang rasanya gurih dengan tingkat kepedasan yang bisa diatur sesuai selera. Saking populernya jajanan khas warga Bandung ini, sekarang anda sudah bisa membeli seblak instan di supermarket di Bandung. Dikemas apik dalam wadah plastik tahan panas, seblak instan sudah dilengkapi dengan bumbu dan aneka isian. Praktis buat oleh-oleh.

 

2/ Mencicipi sepiring batagor

 

Keunikan jajanan khas Bandung yang kedua bisa anda jumpai di kota ini yang diberi nama batagor alias bakso tahu goreng. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioca yang dicampur dengan daging ikan laut. Adonan yang dibuat lalu dimasukkan dalam lubang tahu yang telah dikeluarkan isinya atau dibungkus dengan kulit pangsit. Selanjutnya akan digoreng dan setelah matang batagor akan dipotong kecil-kecil lalu disantap bersama saus kacang berbahan cabai, bawang putih dan kacang tanah goreng. Nikmat disantap selagi hangat. Di Bandung dengan mudah anda menjumpai penjual batagor dimana-mana mulai dari penjaja kaki lima, kafe-kafe gaul, restoran dan gerai khusus batagor. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli batagor setengah matang atau batagor beku. Kunjungi Batagor Kingsley yang legendaris di Jalan Veteran Kota Bandung.

 

3/ Mencicipi sepiring cireng

 

Ini adalah olahan tepung tapioca atau aci yang sangat terkenal di Bandung disukai oleh ibu-ibu rumah tangga yaitu cireng. Merupakan kependekan dari aci digoreng, jajanan yang satu ini kerap hadir di penjaja aneka gorengan kompleks warung angkringan atau pedagang kaki lima hingga toko kue, kafe gaul dan restoran. Cireng pada umumnya berbentuk pipih, berwarna putih dan di dalamnya berisikan irisan daun bawang atau irisan daun seledri. Belakangan hadir variasi cireng kekinian yaitu cireng dengan bergam jenis isian misalnya keju mozzarella, ayam suwir atau oncom. Cireng umumnya disajikan bersama dengan cocolan bumbu rujak yang segar.

 

4/ Mencicipi sekotak basreng

 

Jajanan khas Bandung ini termasuk ke dalam kategori camilan ringan yaitu namanya adalah basreng atau bakso goreng merupakan camilan sejenis keripik yang terbuat dari bakso ikan diiris tipis-tipis lalu digoreng kembali hingga kering, garing bertekstur renyah seperti kerupuk. Camilan ini sangat disukai oleh anak muda Kota Bandung yang biasanya disantap saat ada acara kumpul-kumpul bareng keluarga atau teman-teman di rumah atau ketika tiba movie time pada waktu malam hari sambil ditemani segelas teh hangat manis. Basreng hadir dengan berbagai varian rasa namun rasa original adalah gurih tetapi yang paling populer disukai oleh orang Bandung adalah basreng rasa pedas. Ada tingkatan rasa pedas yang membuat siapa pun tertarik untuk menguji nyali seberapa kuat menyantap basreng dengan tingkat kepedasan tertentu. Beberapa merek basreng yang dikenal paling populer di Kota Bandung adalah bermerek Maicih, Jagonya Basreng dan Ginding.

 

5/ Mencicipi sepiring surabi

 

Surabi adalah makanan viral khas Bandung terakhir yang wajib untuk anda cicipi jika sedang jalan-jalan ke Bandung. Surabi atau kue serabi adalah camilan yang terbuat dari tepung beras dicampur santan yang dimasak dalam wajan di atas tungku kayu bakar yang sangat tradisional. Kota Bandung terkenal mempunyai banyak gerai surabi hampir di setiap sudut kota pastilah anda jumpai para penjual kue surabi namun ada beberapa yang populer diantara para pengunjung luar kota antara lain Waroeng Setiabudhi dan Surabi Enhaii. Kedua gerai ini sama-sama menyajikan beragam jenis kue surabi dengan bermacam toping menggugah selera. Anda bisa menemukan surabi asin, surabi, gurih, surabi manis, surabi pedas, hingga bisa memesan surabi sosis atau surabi telur. Untuk varian rasa maka yang paling laris adalah surabi manis yang diberi toping berupa keju susu, cokelat susu, fla atau surabi buah. 

 

Selamat mencoba.

 

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel