Mengenal Ragam Makanan Khas dari Gresik yang Memiliki Tampilan Unik Menggoda

25 Aug 2022 10:32 1243 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ragam Makanan Khas Dari Gresik Yang Memiliki Tampilan Unik Menggoda

Pernahkah anda berkunjung ke Kota Gresik ? Kota Gresik dikenal sebagai kawasan industry yang memiliki potensi sebagai lokasi tujuan pariwisata kekinian. Ada beberapa objek wisata yang bisa dinikmati di sekitar Kota Gresik seperti Air Terjun Banyu Biru, Pulau Bawean dan Pantai Delegan adalah beberapa objek wisata terkenal di sini. Sedangkan untuk urusan kuliner, Kota Gresik menyimpan banyak koleksi makanan khas yang selain bercita rasa enak juga memiliki tampilan yang unik dan inilah yang menjadi daya tarik mengapa banyak orang menyukai menyantap beragam jenis makanan khas Kota Gresik. Inilah beberapa yang kami rekomendasikan untuk anda cicipi jika memiliki waktu luang untuk liburan ke tempat ini.

 

1/ Mencicipi kue pudak

 

Makanan khas Kota Gresik yang pertama kami rekomendasikan adalah termasuk paling populer sehingga diburu oleh para wisatawan yang berlibur ke sini yaitu bernama kue pudak yang terbuat dari gula aren dan gula pasir dicampur dengan santan kental dan tepung beras. Olahan diaduk hingga menjadi adonan khusus lalu dibungkus satu per satu dengan daun pinang barulah direbus dalam panci besar. Makanan tradisional ini rasanya manis dan gurih eksis sejak zaman dahulu hingga saat ini kue pudak telah berkembang yaitu dibuat dalam banyak varian rasa dan bahan dasar membuatnya sudah ada dari tepung sagu dan air daun pandan wangi. Tertarik untuk membawa kue pudak sebagai buah tangan ? Maka kunjungilah Toko Pudak Sari Kelapa yang lokasinya terletak di Jalan Sindujuyo Nomer 11 Gresik yang terkenal menjual ragam kreasi kue pudak paling enak di kota ini. Satu pack berisikan 10 biji dijual dengan kisaran harga antara Rp.15000 hingga Rp.25000.

 

 

 

 

2/ Mencoba kue bonggolan

 

Ini adalah makanan khas Kota Gresik kedua yang kami rekomendasikan untuk anda cicipi yaitu mempunyai nama yang belum familiar di telinga para pengunjung Kota Gresik terutama yang baru pertama kali ke sini sehingga terdengar agak aneh untuk sebagian orang tetapi tetap saja memiliki cita rasa yang sangat enak. Sekilas pandang tampilannya mirip dengan cireng atau pempek dengan bahan dasar yang terbuat dari ikan dan aci / tepung kanji dan hasil akhirnya adalah rasa ikan yang gurih lebih menonjol. Ikan tenggiri biasanya sering dijadikan sebagai pilihan untuk bahan utama membuat kue ini. Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp.5000 sampai dengan Rp.10000 anda sudah bisa membawa pulang makanan khas Kota Gresik kedua ini dimana yang paling enak adalah langsung mampir ke pusat kuliner di daerah Sidayu, Gresik.

 

3/ Menyantap martabak usus / marsus

 

Pada umumnya isian dari martabak adalah berupa daging cincang yang dicampur dengan telur dan irisan daun seledri segar. Namun seperti nama yang diberikan, makanan khas Kota Gresik yang ketiga ini cukup populer menggunakan isian dari usus ayam dan bihun. Usus ayam akan dimasak semur terlebih dahulu sedangkan bihunnya akan ditumis dengan tambahan sayuran seperti sawi dan wortel. Marsus akan semakin nikmat disantap dengan cocolan saus sambal yang super pedas. Anda bisa membeli sekotak martabak usus paling enak di kota ini yang terletak di sepanjang Jalan Abdul Karim Kota Gresik dan Jalan Akim Ayat Gresik dengan harga yang terjangkau hanya sekitar Rp.3000 per buah.

 

4/ Makan nasi krawu

 

Seperti diketahui bahwa nasi krawu adalah nasi liwet yang menjadi favorit orang Jawa Timur. Nasi dengan dikelilingi oleh lauk yang banyak ini laris diburu oleh para wisatawan. Penyajiannya unik dan sederhana, yaitu dengan alas dari daun pisang segar dimana anda bisa memilih lauk dengan bebas seperti yang umum tersedia adalah daging sapi, daging ayam atau keduanya. Ada sambal terasi dan serundeng sebagai pelengkap. Rasanya gurih dan ada rasa manis sedikit dari serundengnya serta pedasnya sambal membuat seporsi nasi krawu terasa mantap di lidah para penikmatnya. Nasi krawu paling enak di kota ini bisa dibeli di WM Nasi Krawu Bu Tiban yang lokasinya di Jalan Veteran Nomer 118 Kota Gresik yang buka selama 24 jam dengan harga seporsi adalah Rp.20.000.

 

5/ Mencoba otak-otak bandeng

 

Apabila Kota Semarang memiliki bandeng presto yang sangat populer maka Gresik pun mempunyai masakan khas yang banyak memiliki penggemar yaitu bernama otak-otak bandeng. Cara membuatnya agak unik dan rumit sehingga hanya bisa dilakukan oleh chef profesional saja yaitu pertrama-tama daging ikan bandenga dipisahkan kulit dan durinya. Daging kemudian dicampur dengan bumbu spesial dan sedikit tepung terigu. Lalu dibuatlah adonan daging untuk selanjutnya dimasukkan kembali ke dalam kulit bandeng yang masih dalam kondisi bagus sampai terisi penuh dan terlihat menggembung. Otak-otak bandeng bisa direbus atau digoreng garing sama-sama menghasilkan cita rasa masakan khas Gresik yang nikmat. Ditambah dengan cocolan saus bumbu kacang dan saos sambal, sempurnalah rasa hidangan ini. Salah satu toko oleh-oleh yang khusus menjual otak-otak bandeng paling enak di sini adalah Muzzanah Store yang lokasinya terletak di Jalan Sindujoyo Nomer 58 Kabupaten Gresik dengan harga per pack adalah Rp.55000.

 

Selamat mencoba.

 

Sumber tulisan :

https://www.kerispy.com/makanan-khas-gresik-otak-otak-ikan-hingga-martabak-usus/

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel