Hidangan Lezat Khas Nusantara Dari Daging Ayam, Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan

2 Aug 2022 19:45 1724 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Hidangan Lezat Khas Nusantara Dari Daging Ayam : Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan

Apakah anda adalah penggemar ragam sajian lezat dari daging ayam ? Hidangan dari daging ayam sejak zaman dahulu hadir di seluruh pelosok tanah air yang jenisnya ada beragam. Namun demikian, rasanya selalu berbeda-beda dan tak pernah lelah di lidah anda yang ingin mengeksplorasi ragam kuliner khas Nusantara dan bereksperimen dengan aneka masakan terbaru yang lezat dengan baluran beragam jenis bumbu di dalamnya . Nah salah satu hidangan lezat yang dibuat dari daging ayam kali ini begitu kaya akan bumbu dan dijamin akan membuat selera makan anggota keluarga di rumah menjadi semakin tergugah dan semangat berselera. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sajian bernama tongseng yaitu hidangan dari daging ayam yang sangat mudah dijumpai di kedai makan kaki lima di pinggir jalan hingga restoran-restoran favorit anda dan keluarga. Apa sebenarnya bahan dasar yang biasa digunakan dalam hidangan tongseng ini ? Pada umumnya terbuat dari bahan utama yaitu daging kambing atau daging sapi (ini sudah biasa). Bagaimana jika hidangan tongseng yang akan dibuat bahan dasarnya adalah dari daging ayam ? Ternyata rasanya sama enaknya dengan tongseng dari daging kambing atau daging sapi karena diracik dengan rempah-rempah pilihan yang kaya rasa menjamin lidah anda dimanjakan dengan sajian penuh selera yang begitu nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Namanya adalah tongseng ayam tanpa santan dimana resep masakan ini cocok untuk anda yang sedang bermasalah dengan konsumsi makanan yang bersantan. Cara membuatnya sangat sederhana dengan bahan-bahan yang mudah dibeli di pasar tradisional. Membutuhkan waktu persiapan memasak selama 15 menit, waktu memasak selama 25 menit dan total waktu dibutuhkan hingga penyajian sebanyak 35 menit. 

 

Resep Praktis Tongseng Ayam Tanpa Santan 

 

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat masakan ini :

 

4 potong daging ayam bagian dada

Air matang secukupnya

Irisan kol secukupnya

4 siung bawang merah (iris tipis-tipis)

1 buah tomat

Cabe merah potong memanjang

5 Cm ruas lengkuas (geprek)

1 sdm kecap manis

2 siung bawang putih (iris tipis-tipis)

Garam secukupnya

Gula secukupnya

2 lembar daun salam

1 sdt kaldu ayam

Minyak untuk menumis

 

Bahan bumbu yang dihaluskan adalah :

 

 

1 sdt ketumbar

1 sdt lada bubuk

½ ruas kunyit

5 Cm jahe

3 siung bawang merah

1 batang serei ambil bagian putihnya saja

1 siung bawang putih

 

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

 

Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menuangkan minyak goreng pada wajan kemudian tunggu hingga menjadi panas lalu masukkan bumbu halus beserta dengan irisan bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga tercium aroma wangi dan bahan tampak layu. Setelah tumisan bumbu pada wajan menjadi lebih harum, selanjutnya masukkan ke dalam tumisan daging ayam yang sudah dipotong-potong sambil diaduk-aduk agar ayam bisa tercampur bersama dengan bumbu. Tunggu hingga warna ayam menjadi berubah kecokelatan lalu masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam tumisan bersamaan dengan cabe, lengkuas, tomat dan daun salam yang sebelumnya telah anda siapkan. Sekarang lanjut dengan memasukkan bumbu seperti gula, garam dan kecap kemudian aduk-aduk hingga bumbu meresap ke dalam pori-pori daging sehingga mengeluarkan rasa yang menjadi lebih lezat.

 

Setelah memasukkan bahan dan bumbu yang terakhir sebaiknya jangan terlebih dahulu diangkat, biarkan dulu sebentar hingga bumbu benar-benar meresap ke dalam daging dan matang dengan sempurna. Baru setelah itu angkat dan matikan kompor. Ambil piring saji dan tuangkan tongseng ke dalamnya lalu berikan taburan bawang goreng di atasnya dan sajikan selagi hangat bersama dengan nasi putih akan terasa lebih lezat.

 

Selamat mencoba.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel