Kejutan Lezat Untuk Sarapan Si Kecil, Resep Lumpia Keju Mie

2 Sep 2022 10:15 814 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kejutan Lezat Untuk Sarapan Si Kecil : Resep Lumpia Keju Mie

Berbeda dengan jenis lumpia lainnya, resep ini memiliki isian yang unik tetapi tetap bercita rasa enak di lidah dan cocok dijadikan sebagai camilan atau takjil buat si kecil. Dimana saat ini di warung-warung makan atau toko kue hingga supermarket tersedia beragam jenis lumpia yang sudah tidak asing lagi di telinga anda. Lumpia adalah salah satu jenis camilan tradisional khas Indonesia yang sudah terkenal hingga luar negeri seperti di Thailand dan Jepang juga India dengan isian beragam dan variasi berbeda-beda yaitu dapat disuguhkan dalam keadaan basah ataupun digoreng garing. Berbekal kulit siap pakai, anda bisa berkreasi dengan bermacam-macam isian dari lumpia ini.

 

Lumpia di Indonesia umumnya dikenal karena memiliki kulit yang renyah. Meskipun pada beberapa daerah dijumpai lumpia yang menggunakan jenis kulit basah seperti lumpia basah khas Bandung yang tampilannya mirip dengan lumpia khas Vietnam. Dimana secara tradisional isiannya biasanya memakai sayuran yang dipotong tipis-tipis atau julienne sehingga mudah untuk dikunyah, renyah dan menjadi bagian utama dari lumpia itu sendiri. Jenis sayuran yang digunakan ada bermacam-macam yang kadang-kadang ditambahkan dengan suwiran atau potongan daging ayam, sapi, babi atau seafood.

 

Jika anda merasa bosan dengan isian dari lumpia yang itu-itu saja maka kali ini melalui artikel ini kami akan memberikan isian lumpia yang unik tetapi tetap menyuguhkan cita rasa enak di lidah. Langkah pertama adalah mencampur parutan keju cheddar dan mozzarella kemudian tambahkan dengan telur lalu dikocok dengan taburan Royco Kaldu Ayam dan merica ke dalam adonan utama. Isiannya adalah mie serta zucchini dan daun bawang sebagai gizi penyeimbang dan mendapatkan tekstur kriuk ketika menggigitnya nanti. Jika anda kesulitan menemukan zucchini maka sayuran yang satu ini bisa diganti dengan sayuran yang lainnya seperti owrtel, jamur, sawi putih atau buncis segar dan mentimun / tomat. Semua jenis sayuran ini cocok dipadukan dengan mie dan keju sebagai bahan isian utama. Flesibilitas seperti inilah yang semestinya menjadikan anda lebih semangat memasak di dapur. Jangan lupa untuk memasukkan semua bahan isian yang sudah tercampur dengan merata ke dalam selembar kulit lumpia siap pakai, tata yang rapi lalu lipat dan lumuri dengan sedikit air di bagian ujung-ujungnya untuk merekatkan lumpia. Goreng di atas minyak banyak dan api sedang hingga garing yaitu kulit lumpia akan berubah warna menjadi kecokelatan. Nikmati selagi hangat dengan sausnya.

 

Resep Praktis Lumpia Keju Mie

 

Bahan utama yang perlu disiapkan adalah :

 

12 lembar kulit lumpia kotak siap pakai

150 gram mie telur kering direbus lalu ditiriskan

100 gram zucchini segar parut kasar

1 butir telura ayam

1 batang daun bawang iris halus

1 sdt Royco Kaldu Ayam

¼ sdt merica putih bubuk

50 gram keju cheddar diparut

70 gram keju mozzarella diparut

 

Bahan pelengkap sebagai berikut :

 

Jawara Saus Sambal Hot

 

Cara memasaknya :

 

1/ Aduk-aduk rata keju cheddar bersama dengan keju mozzarella lalu sisihkan.

 

2/ Kocok telur bersama dengan Royco Kaldu Ayam dan merica lalu masukkan mie, zucchini dan irisan daun bawang.

 

3/ Ambil selembar kulit lumpia lalu beri 1 sdm campuran mi eke bagian tengahnya. Bubuhi dengan campuran keju lalu olesi bagian pinggir kulit dengan air. Gulung dan lipat lumpia pelan-pelan sambil dipadatkan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan yang ada hingga habis.

 

4/ Panaskan minyak lalu goreng lumpia di atas api sedang satu per satu hingga matang, angkat dan tiriskan.

 

5/ Sajikan dengan Jawara Saus Sambal Hot untuk 4 porsi.

 

Selamat membuat di rumah.

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel