Inilah Manfaat Prenatal Yoga untuk Kesehatan Ibu-Ibu Hamil Usia Tua

7 Jul 2022 09:30 853 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Manfaat Prenatal Yoga Untuk Kesehatan Ibu-Ibu Hamil Usia Tua

Yang dimaksud dengan prenatal yoga adalah aktivitas terbaik direkomendasikan untuk dilakukan oleh ibu-ibu hamil terutama ketika memasuki usia hamil muda. Ini membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungan. Ibu-ibu hamil dapat mengunjungi studio-studio yoga di sekitar tempat tinggal anda. Di dalam studio yoga baiasanya mempunyai instruktur yoga yang dapat memandu urutan-urutan gerakan yoga yang baik untuk dilakukan oleh ibu hamil. Pastikan terlebih dahulu instruktur prenatal yoga telah memegang sertifikasi dan pengalaman yang profesional. ketika anda berlatih di bawah instruksi instruktur prenatal yoga, sang ibu harus bisa melepas rasa khawatir atau cemas yang berhubungan dengan keselamatan dirinya dan si bayi dalam kandungan. Ibu harus tampil penuh percaya diri kepada para instruktur dan mengusahakan bisa melakukannya dengan santai sekaligus menikmati proses latihan prenatal yoga.

Berikut ini ada beberapa manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil yang wajib untuk diketahui. Simak penjelasan selengkapnya tersebut di bawah ini.

1/ Meningkatkan stamina dan kekuatan bagi ibu-ibu hamil

Manfaat prenatal yoga yang pertama adalah untuk membantu meningkatkan stamina hingga memberikan kekuatan terhadap kondisi tubuh ibu hamil. Dimana diketahui bahwa ketika si bayi berada di dalam kandungan ibu-ibu, maka bukan tidak mungkin akan membutuhkan banyak energi dan kekuatan saat para ibu-ibu ini membawa bayi di dalam perut ketika usia kandungan sudah memasuki usia tua. Bagi ibu-ibu yang rutin melakukan prenatal yoga, dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat dan fleksibilitas. Ini disebabkan karena adanya berbagai gerakan-gerakan atau pose prenatal yang diyakini membantu memperkuat otot punggung, pinggul, bahu hingga lengan sang ibu. Prenatal yoga juga membantu meningkatkan pasokan energi dan stamina supaya sang ibu tidak mudah merasa lelah ketika beraktivitas setiap hari. Otot-otot yang kencang dan kuat bermanfaat saat tiba hari persalinan. Persalinan akan membutuhkan banyak tenaga guna mendorong si bayi mudah keluar dari dalam perut. Berbagai gerakan yoga bisa membantu melancarkan jalan si bayi dan meminimalisir rasa sakit saat melakukan persalinan. Gerakan-gerakan memudahkan ini dikenal dengan istilah lunges dan backbends.

2/ Meredakan ketegangan di dalam tubuh

Manfaat yang kedua adalah meredakan ketegangan yang sering muncul di dalam tubuh para ibu hamil ini. Ketika janin mulai berkembang menjadi bayi maka tekanan dari dalam yang diberikan oleh otot terhadap tubuh ibu akan menjadi lebih besar. Ini bisa terlihat dari pinggul ibu yang semakin membesar karena adanya tekanan berat badan si janin yang mulai tumbuh membesar menjadi bayi di perut ibu. Bagian tubuh lain seperti punggung bagian atas, leher, payudara hingga bahu juga semakin membesar perlahan-lahan dan otot akan menjadi semakin tegang. Oleh karena itu perlu memperhatikan cara meredakan ketegangan otot dengan rutin melakukan gerakan-gerakan atau pose prenatal yoga.

3/ Membangun koneksi dengan bayi

Manfaat ketiga adalah sang ibu bisa membangun koneksi secara perlahan-lahan dengan bayi mereka di dalam perut. Melalui latihan-latihan prenatal yoga akan memungkinkan sang ibu dapat memusatkan perhatian terhadap gerakan sang bayi di dalam perut. Seperti melatih pernapasan yang dilakukan dengan teratur melalui pose yoga membantu sang ibu menjadi lebih sadar terhadap apa yang terjadi di dalam kandungan ibu. Mulai dari tendangan, perubahan-perubahan pergerakan yang dilakukan bayi dan juga membangun kedekatan dengan bayi anda sejak dini.

4/ Manfaat yang lainnya untuk kesehatan ibu hamil

Yang keempat adalah beberapa manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil diantaranya adalah meningkatkan sirkulasi darah, tubuh mendapat banyak dukungan, mengurangi resiko melahirkan secara premature, menenangkan sistem saraf dan melatih pernapasan.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel