Setiap Hari Minum Teh Hitam Bagus untuk Kesehatan Tubuh Anda

13 Jul 2022 10:13 2144 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Setiap Hari Minum Teh Hitam Berkhasiat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jenis teh yang satu ini jarang dikenal oleh beberapa orang yaitu teh hitam yang merupakan salah satu minuman paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di dunia. Teh hitam berasal dari tanaman camellia sinensis yang biasanya ditanam berdampingan dengan tanaman lainnya seperti earl grey. Dimana diketahui bahwa teh hitam menyimpan rasa yang sangat kuat dan banyak mengandung kafein jika dibandingkan dengan jenis teh yang lainnya. Meskipun demikian, kandungan kafein di dalam teh hitam tidaklah sebanyak yang ada di dalam biji kopi. Teh hitam lebih teroksidasi dibandingkan dengan beragam jenis teh yang lainnya seperti teh putih, teh oolong ataupun teh hijau. Masing-masing varietas teh ini dibuat dengan mengerinkan daun dari tanaman camellia sinensis. Teh hitam menyimpan rasa yang lebih pekat disebabkan karena kafein di dalamnya sangat besar dibandingkan dengan teh lain yang tidak teroksidasi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari anda rutin mengkonsumsi teh hitam setiap hari untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Mempunyai sifat-sifat sebagai antioksidan

Manfaat mengkonsumsi teh hitam setiap hari yang pertama adalah di dalam teh hitam banyak mengandung sifat antioksidan. Antioksidan sendiri mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Maka dari itu jika anda gemar menyeruput secangkir teh hitam setiap hari bisa membantu menghilangkan radikal bebas serta mengurangi kerusakan sel-sel yang ada di dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalam teh hitam membantu mengurangi resiko anda terkena penyakit kronis. Polifenol yang merupakan antioksidan di dalamnya dapat membantu menyehatkan tubuh secara alami. Oleh karena itu mengonsumsi teh hitam setiap hari dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat.

2/ Bisa untuk meningkatkan kesehatan organ usus

Manfaat kedua yang bisa dikumpulkan adalah meningkatkan kesehatan organ usus secara alami. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian kesehatan tentang usus yang menemukan fakta bahwa jenis bakteri yang hidup dalam area usus mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalam usus terdapat sekumpulan bakteri yang memiliki jumlah sangat besar (triliunan) juga 80 persen ditemukan bakteri untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sedangkan di dalam teh hitam mengandung zat polifenol yaitu kandungan yang ampuh membantu menjaga kesehatan usus. Sifat antimikroba yang terkandung dalam teh hitam memiliki fungsi untuk membunuh zat-zat berbahaya. Sedangkan polifenol berfungsi untuk meningkatkan bakteri usus yang didukung oleh sifat antimikroba bisa menambah kekebalan dengan bekerja yaitu memperbaiki lapisan yang ada di dalam saluran pencernaan.

3/ Mengurangi resiko terkena penyakit stroke

Manfaat konsumsi teh hitam setiap hari selanjutnya adalah bisa untuk mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Stroke bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Stroke terjadi saat ditemukan kondisi penyumbatan pembuluh darah di otak atau terdapat pembuluh darah yang pecah. Stroke yang kurang mendapatkan perhatian bisa menjadi penyebab kematian nomor dua terbanyak di dunia. Tetapi anda jangan merasa khawatir secara berlebihan, stroke adalah penyakit yang bisa dicegah. Caranya adalah dengan mengatur pola makan, tidak merokok, olahraga dan juga mengkonsumsi teh hitam. Ini sudah diperkuat dengan penelitian kesehatan yang menjelaskan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi empat atau lebih cangkir teh hitam setiap hari mempunyai resiko stroke sekitar 32 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi teh hitam secara rutin.

4/ Membantu meningkatkan daya fokus

Yang terakhir adalah membantu meningkatkan daya fokus seseorang. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung banyak kafein dan asam amino yang dikenal dengan istilah L-theanine. Asam amino ampuh untuk meningkatkan fokus dan kewaspadaan secara alami. Di samping itu L-theanine juga bisa untuk meningkatkan aktivitas alfa yang ada di dalam otak dan akan menghasilkan relaksasi serta fokus yang lebih bermanfaat. Terdapat beberap studi kesehatan menjelaskan setiap jenis minuman yang mengandung L-theanine dan kafein dalam jumlah seimbang memiliki manfaat besar untuk daya fokus karena pengaruh L-theanine di dalam otak.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel