Apache Kafka

29 Jun 2022 14:15 280 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apache Kafka (Kafka) adalah open source, platform streaming terdistribusi yang memungkinkan developer aplikasi real-time yang digerakkan oleh peristiwa

Apache Kafka (Kafka) adalah open source, platform streaming terdistribusi yang memungkinkan developer aplikasi real-time yang digerakkan oleh peristiwa. Jadi, apa artinya?

 

Saat ini, miliaran sumber data terus menghasilkan aliran rekaman data, termasuk aliran peristiwa. Peristiwa adalah catatan digital dari suatu tindakan yang terjadi dan waktu terjadinya. Biasanya, suatu peristiwa adalah tindakan yang mendorong tindakan lain sebagai bagian dari suatu proses. Pelanggan yang memesan, memilih tempat duduk di penerbangan, atau mengirimkan formulir pendaftaran adalah contoh kejadian. Suatu peristiwa tidak harus melibatkan seseorang misalnya, laporan suhu termostat yang terhubung pada waktu tertentu juga merupakan suatu peristiwa.

Aliran ini menawarkan peluang untuk aplikasi yang merespons data atau peristiwa secara real-time. Platform streaming memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi yang terus-menerus menggunakan dan memproses aliran-aliran ini pada kecepatan yang sangat tinggi, dengan tingkat ketepatan dan akurasi yang tinggi berdasarkan urutan kemunculannya yang benar.

LinkedIn mengembangkan Kafka pada tahun 2011 sebagai broker pesan throughput tinggi untuk digunakan sendiri, kemudian open-source dan menyumbangkan Kafka ke Apache Software Foundation Saat ini, Kafka telah berkembang menjadi platform streaming yang paling banyak digunakan, yang mampu mencerna dan memproses triliunan rekaman per hari tanpa jeda kinerja yang terlihat saat skala volume. Organisasi Fortune 500 seperti Target, Microsoft, AirBnB, dan Netflix mengandalkan Kafka untuk memberikan pengalaman berbasis data secara real-time kepada pelanggan mereka.

 

Kafka Performa

Kafka adalah platform terdistribusi berjalan sebagai cluster yang sangat toleran terhadap kesalahan dan tersedia yang dapat menjangkau banyak server dan bahkan beberapa pusat data. Topik Kafka dipartisi dan direplikasi sedemikian rupa sehingga dapat diskalakan untuk melayani konsumen dalam jumlah besar tanpa memengaruhi kinerja. Akibatnya, menurut Apache.org, “Kafka akan melakukan hal yang sama apakah Anda memiliki penyimpanan persisten 50KB atau 50TB di server.”

 

penggunaan Kafka

Kafka digunakan terutama untuk membuat dua jenis aplikasi:

  • Real-time streaming data pipelines: Aplikasi yang dirancang khusus untuk memindahkan jutaan dan jutaan data atau catatan peristiwa antara sistem perusahaan dalam skala dan waktu nyata dan memindahkannya dengan handal, tanpa risiko korupsi, duplikasi data, dan masalah lain yang biasanya terjadi saat memindahkan volume data yang sangat besar dengan kecepatan tinggi.
  • Real-time streaming application: Aplikasi yang didorong oleh aliran rekaman atau peristiwa dan yang menghasilkan alirannya sendiri. Jika Anda menghabiskan waktu online, Anda menemukan banyak aplikasi ini setiap hari, dari situs ritel yang terus memperbarui jumlah produk di toko lokal Anda, hingga situs yang menampilkan rekomendasi atau iklan yang dipersonalisasi berdasarkan analisis clickstream.
Tags

About The Author

sony 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel