Web Browser dan Web Server

15 Jun 2022 13:05 2691 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Web browser dan web server

Web browser adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan dokumen yang tersedia pada web server. Proses untuk menampilkan dokumen-dokumen ini yaitu dengan melalui interaksi antara web browser dengan web server.

Perbedaan utama antara web browser dan web server adalah web browser bertindak sebagai antarmuka antara klien dan server yang akan menampilkan konten web. Sedangkan web server berfungsi untuk menerima permintaan dari klien atau web browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman yang umumnya HTML.

Web Browser

Web browser merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan klien untuk mengakses layanan web dan dokumen dari server.

Contoh web browser.

  • Google Chrome
  • Modzilla Firefox
  • Opera
  • UC

Web Server

Web server merupakan sebuah perangkat lunak yang menyediakan layanan pada user berupa data melalui protokol HTTP atau HTTPS untuk mengakses dokumen yang ada pada suatu situs dengan media browser untuk menampilkan dokumen tersebut.

Contoh dari web server

  • Apache
  • Nginx
  • IIS (Internet Information Services)

Cara Kerja

Web client atau browser akan meminta data halaman pada server. Lalu permintaan tersebut akan dikemas dalam TCP (Transmission Control Protocol) yang merupakan protokol transport. Selanjutnya permintaan tersebut akan dikirimkan ke alamat data, dalam hal ini merupakan protokol HTTP atau HTTPS.

Kemudian, web server akan mencari data yang diminta didalam komputer server. Jika data yang diminta ditemukan maka data tersebut akan dikemas kembali oleh web server dalam bentuk TCP dan dikirimkan untuk ditampilkan di browser. Tetapi jika data tidak ditemukan maka web server akan menampilkan error 404 Not Found di browser.

Kesimpulan

Jadi web server dan web browser saling bekerja sama untuk dapat memenuhi keinginan konsumen atau pengguna. Web server digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan informasi yang dibutuhkna, sedangkan web browser digunakan untuk menyajikan informasi-informasi yang dikirim oleh web server 

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 30
Ordinary

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel