Mengapa JavaScript Penting Bagi Web Developer

14 Jun 2022 09:42 1391 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Berikut beberapa alasan mengapa javascript penting bagi web developer.

Seperti yang kita tahu Javascript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website dan membuatnya lebih interaktif dan dinamis. Javascript menjadi bahasa yang paling populer dan banyak digunakan oleh para developer di seluruh dunia.

Lalu apa yang menyebabkan Javascript begitu populer dan mengapa Javascript penting bagi para web developer. Berikut beberapa alasannya.

 

1. Fleksibel

Salah satu alasan mengapa javascript digemari banyak orang adalah karena Javascript merupakan bahasa pemrograman yang fleksibel. Pada awalnya Javascript digunakan untuk front-end seperti menggunakan framework jquery. Namun sekarang dengan adanya Node, Javascript juga dapat digunakan untuk pengerjaan back-end.

2. Menjadikan Frontend Lebih Powerfull

Semua logika web pada kebanyakan website biasanya dikembangkan di sisi server, contohnya menggunakan PHP. Inilah yang membuat web menjadi statis. Dengan bantuan Javascript, logika web yang seharusnya di handle oleh sisi server sekarang bisa sepenuhnya di handle di sisi client.

3. Bahasa dari Berbagai Aplikasi

Selain untuk pengembangan front-end, sekarang Javascript dapat digunakan untuk hal lain seperti Server Side Script dan Aplikasi Mobile.

Javascript juga memungkinkan membuat aplikasi mobile baru, seperti PWA, yang merupakan gabungan dari fitur-fitur web dengan fitur aplikasi mobile.

4. Kemudahan Akses

Selain karena Javascript merupakan bahasa yang fleksibel, JavaScript juga gratis dan semua sumber daya nya dapat kita pakai sepenuhnya.

5. Membuat Sebuah Web Menjadi Hidup

HTML, CSS, dan Javascript merupakan tiga pondasi yang saling terkait satu sama lain yang membuat sebuah website menjadi hidup. Jika dianalogikan, HTML sebagai canvas, CSS sebagai kuas dan cat nya, dan  Javascript sebagai rasanya.

 

Itu tadi diatas merupakan beberapa alasan mengapa Javascript merupakan bahasa pemrograman yang penting untuk dikuasai bagi web developer. Semakin interaktif dan dinamis web anda, maka akan menarik pengunjung lebih banyak.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 30
Ordinary

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel