Apa itu Run As Administrator Pada Windows

8 Jun 2022 14:33 856 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Run As Administrator pada Windows

Mungkin kalian pernah mengalami saat kalian menjalankan sebuah program lalu program tersebut memberikan pesan seperti "No Permission" atau "Access Denied". Itu terjadi karena windows akan menjalankan aplikasi tersebut dengan membatasi hak aksesnya. Aplikasi yang anda jalankan berusaha untuk mengubah file system, tetapi windows tidak mengijinkannya.

Jika kasusnya seperti itu, berarti anda harus menjalankannya dengan Run As Administrator. Caranya anda bisa klik kanan dari aplikasi yang akan dijalankan lalu pilih Run As Administrator. Dengan melakukan itu maka aplikasi yang anda jalankan sudah memiliki ijin untuk mengubah file system.

Namun perlu diketahui, tidak semua program harus dijalankan dengan Run As Administrator karena tidak semua program memerlukan untuk merubah sistem. Dan pastikan juga anda menjalankan Run As Administrator pada program yang terpercaya bukan program yang mengandung virus atau malware dan malah akan mengacaukan sistem komputer anda.

Run As Administrator Sementara

Untuk menjalankan mode administrator secara sementara anda dapat melakukannya dengan klik kanan pada program lalu klik Run As Administrator. Jika muncul dialog UAC pilih yes. Itu berarti program akan berjalan dalam mode administrator sampai anda menutup program tersebut.

Run As Administrator Permanen

Jika anda ingin agar program berjalan secara administrator setiap kali anda menjalankan program tersebut, berikut caranya.

Pertama tama klik kanan pada program lalu pilih Properties. Lalu pilih tab compability, beri centang pada bagian Run this program as administrator. Lalu apply.

Jika sudah berarti anda berhasil memberikan akses penuh pada program tersebut.

Prinsip Run As Administrator

Saat masuk ke Windows, Windows akan membuat sebuah access token. Token inilah yang digunakan untuk membedakan privilege, seperti administrator, user, dan guest. Administrator merupakan privilege paling tinggi. Sedangkan untuk user dan guest biasanya diperuntukan untuk orang lain, seperti di warnet.

Pada beberapa aplikasi membutuhkan access token administrator agar dapat melakukan tugasnya. Akan muncul dialog yang meminta perizinan aplikasi menggunakan access token milik administrator secara penuh.

 

Bagaimana apakah sekarang sudah mengerti mengenai Run As Adminstrator ini? Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai fitur Run As Administrator pada Windows.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 25
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel