Faktor Utama yang Menjadi Sebab Tanah Mudah Mengalami Kekeringan

27 Jun 2022 17:45 1031 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Faktor Utama Yang Menjadi Sebab Tanah Mudah Mengalami Kekeringan

Kekeringan adalah salah satu kondisi kekurangan air yang terjadi pada suatu daerah dalam jangka waktu yang sangat lama yaitu bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kondisi buruk ini pada umumnya menyerang wilayah dengan keadaan intensitas curah hujan yang rendah atau di bawah rata-rata. Apabila dibiarkan maka bukan tidak mungkin kekeringan akan menjadi sebuah bencana alam karena dapat mengganggu ekosistem lingkungan dan perekonomian suatu wilayah. Lantas apa saja penyebab kekeringan tanah ? Nah untuk menjawab pertanyaan ini maka marilah simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

Penyebab munculnya kekeringan pada tanah bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut :

1/ Adanya perubahan iklim

Perubahan iklim menjadi faktor utama penyebab kekeringan pada tanah. Terutama jika perubahan iklim berlangsung secara tidak teratur. Misalnya saja perubahan iklim akan menyebabkan terjadinya musim kemarau yang berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan musim penghujan, sudah tentu akan terjadi kekeringan tanah sebagai akibat ketersediaan air tanah terus berkurang.

2/ Karena curah hujan yang rendah

Faktor kedua yang menjadi penyebab utama kekeringan pada tanah dan paling umum terjadi di beberapa wilayah adalah karena adanya curah hujan yang sangat rendah di suatu wilayah yang kemungkinan disebabkan oleh sedikitnya tingkat produksi uap air sebagai pembentuk awan. Maka dapat dipastikan jika curah hujan yang akan turun menjadi sangat rendah atau sedikit maka musim kemarau dapat terjadi sangat lama sehingga kekeringan tanah tidak bisa dihindari.

3/ Karena adanya daerah resapan dalam jumlah sedikit

Keberadaan daerah resapan atau ruang terbuka hijau yang sedikit bisa menjadi penyebab kekeringan pada tanah. Dimana dengan bertambahnya populasi manusia maka semakin banyak pengalihan lahan terbuka menjadi tempat pembangunan gedung-gedung dan tempat tinggal. Sehingga ketika tanah yang seharusnya dimanfaatkan untuk penyerapan air ketika sedang musim hujan tiba, justru menjadi tidak mampu menyerap dengan baik akibat telah tertutup oleh beton atau bangunan. Tak mengherankan apabila persediaan atau cadangan air di dalam tanah terus berkurang dan pada akhirnya menyebabkan kekeringan tanah. 

4/ Karena kondisi tekstur tanah

Terdapat beberapa jenis tanah dan tekstur yang sifatnya bervariasi. Dimana diketahui bahwa tekstur tanah bisa menjadi penyebab utama kekeringan tanah. Tanah dengan tekstur yang kasar kurang mampu menyimpan cadangan air dengan baik misalnya tanah berpasir. Juga, air yang berada pada tanah bertekstur kasar akan menjadi lebih cepat mengalami penguapan karena rongga-rongga tanah menjadi lebar.

5/ Adanya global warning

Yang terakhir menjadi penyebab kekeringan tanah adalah bisa diakibatkan oleh terjadinya pemanasan global atau global warning. Sesuai dengan namanya, pemanasan ini tidak hanya terjadi di suatu tempat saja namun hampir di seluruh dunia. Global warning bisa berdampak terhadap perubahan iklim di beberapa tempat menjadi kondisi tidak teratur. Contohnya adalah yang pernah terjadi di Indonesia yaitu musim kemarau dapat berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan musim hujan. Akibatnya adalah banyak daerah di Indonesia yang dilanda kekeringan parah saat musim kemarau.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 55
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel