Sulit Mendapatkan Inspirasi untuk Design Web? Berikut Beberapa Tipsnya

24 May 2022 13:10 968 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sulit mendapat inspirasi saat mendesign website? Berikut beberapa tipsnya

Jika anda seorang web designer, pastinya anda pernah merasa bingung untuk mencari ide atau inspirasi ketika sedang mendesain sebuah website. Hal tersebut tentunya sangat manusiawi sebagai seorang web designer.

Pada artikel kali ini akan memberikan tips bagi para web designer agar inspirasi untuk berkreasi anda selalu terjaga, dan juga cara mengatasinya ketika kreativitas anda terasa buntu.

 

Memperbanyak Referensi

Walaupun di internet terdapat banyak sekali referensi desain, tetapi terkadang sangat sulit untuk menemukan menemukan sumber yang cocok dengan selera anda.

Berikut merupakan sumber-sumber yang dapat anda gunakan untuk mencari inspirasi atau referensi.

1. Canva

Buka hanya menjadi tempat bagi para designer untuk mencari inspirasi, tetapi juga memungkinkan untuk membuat desain dengan mudah. Karena, Canva menyediakan banyak template desain untuk berbagai keperluan, seperti website, presentasi, majalan, dan banyak lagi.

Canva juga menyediakan desain yang sangat menarik, kreatif, dan kekinian. Dengan begitu, para designer dapat mendapatkan inspirasi dari desain-desain yang tersedia di Canva dan membuat desain yang lebih kreatif dan inovatif.

2. Dribble

Dribble merupakan tempat untuk menemukan inspirasi desain dan memamerkan karya-karya kreatif. Banyak sekali koleksi gambar di Dribble ini, mulai dari inspirasi untuk UI/UX, tipografi, ilustrasi, warna, layout, hingga animasi.

3. Awwwards

Awwwards menampilkan berbagai desain website yang dibangun dengan teknologi yang canggih dengan yang rumit. Kumpulan website terbaik di dunia merupakan submer terbaik untuk belajar.

 

Jangan Membatasi Diri

Untuk memberi nutrisi pada inspirasi anda, alangkah lebih baik untuk memperluas wawasan dengan mengkomsusi konten yang tidak selalu kaitannya tentang desain. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan anda sudut pandang yang beragam ketika dihadapkan pada berbagai masalah.

Lakukanlah hal yang baru. Siapa tahu, inspirasi akan datang ketika melakukan hal-hal yang sederhana, seperti jalan-jalan keliling desa atau hal lainnya.

 

Orisinalitas Membunun Kreativitas

Bagi Para Designer, terlalu menjaga orisinalitas merupakan salah satu faktor yang malah akan menghambat inspirasi. Jadi, mulailah untuk tidak taku "mencuri" ide brilian dari designer lain.

Kata "mencuri" dalam dunia kreatif merupakan kata yang memantik beragam reaksi. Ada yang beranggapan bahwa ketika seorang desainer tidak orisinal maka termasuk kedalam desainer yang buruk. Austin Kleon menjelaskan dalam bukunya yang bertajuk Steal Like an Artist, seniman dan desainer yang sukses kebanyakan justru merupakan mereka-mereka yang mau mencuri.

Yah pada intinya, tidak ada yang salah dengan "mencuri" ide desainer lain, selama anda melakukannya dengan benar. Caranya, daur ulang desain orang lain menjadi desain versi anda.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 30
Ordinary

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel