Mengenal VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

20 May 2022 10:46 390 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Sering menggunakan VPN tapi tidak tahu pengertian dan fungsi-fungsinya?

Sering menggunakan VPN tapi tidak tahu pasti apa itu VPN? Bagi pengguna internet yanga masih awam tentu belum banyak mengetahui informasi mengenai VPN. Jadi VPN ini adalah sebuah jaringan yang membuat anda dapat menjelajahi dunia internet secara aman dan private. VPN bersifat pribadi yang tidak sembarang orang dapat mengetahui aktivitas anda di internet. Berikut pembahannya lebih lengkapnya mengenai VPN beserta fungsi dan juga cara kerjanya.

 

Mengenal Apa itu VPN

VPN atau Virtual Private Network merupakan suatu layanan koneksi internet yang memungkinkan anda mengakses situs secara private, dengan merubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Simpelnya, VPN akan mengkoneksikan smartphone, PC, tablet, ke komputer lainnya yang terhubung dengan internet. Sehingga anda dapat mengakses internet menggunakan jaringan internet komputer.

Dengan menggunakan server negara yang berbeda, anda dapat mengakses sesuatu yang tidak dapat diakses di negara anda.

Fungsi VPN

VPN memiliki banyak fungsi tersendiri. Fungsi utama VPN yang disebut-sebut dapat melindungi data pribadi dan menutup jejak digital atau history. Adapun fungsi lain dari VPN adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kecepatan mendownload

2. Meningkatkan keamanan jaringan

3. Dapat mengakses situs yang di blokir

4. Menyembunyikan history

Cara Kerja VPN

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari VPN, selanjutnya anda juga harus mengetahui bagaimana cara kerja VPN tersebut. Agar lebih mudah memahami konsep,. VPN, maka anda harus tahu dulu bagaimana prinsip kerja dari VPN ini. VPN dapat bekerja seolah-olah membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut sebagai tunneling atau terowongan. Nah terowongan inilah yang nantinya akan dipakai sebagai salah satu jalur yang dibuat secara private dengan menggunakan sebuah infrastruktur pihak ketiga.

Sehingga, koneksi yang anda pakai akan dikenali sebagai koneksi sebagai jaringan server VPN bukan jaringan yang saat itu dipakai. Jika tidak menggunakan VPN, koneksi yang dilakukan akan didirect langsung tanpa enkripsi.

Sebenarnya koneksi tanpa enkripsi memang sudah menjadi standar yang digunakan ketika berjelajah di internet. Semua data yang terlibat dalam pertukaran, akan dapat dilihat banyak orang.

Tidak akan menjadi masalah jika hanya sebatas pencarian di google, hiburan ataupun semacamnya. Yang menjadi masalah adalah ketika data yang terlibat merupakan data-data yang sensitif, seperti perbankan online atau email bisnis.

Ketika anda menggunakannya, data akan dienkripsi oleh aplikasi dahulu, lalu dikirim melalui ISP kemudian server VPN. Server VPN tersebut menjadi perangkat pihak ketiga untuk membantu anda terhubung ke situs online.

 

Itulah pengertian, fungsi, dan cara kerja VPN.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 22
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel