Kanker Bisa Diobati dengan Cara Herbal Melalui Pemanfaatan Daun Binahong

13 Jun 2022 19:40 882 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kanker Bisa Diobati Dengan Cara Herbal Melalui Pemanfaatan Daun Binahong

Tanaman binahong memiliki khasiat dan kemampuan untuk mencegah kanker. Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, jika tidak segera diobatai maka akan menyebabkan kematian. Kanker terjadi saat sel-sel aktif di dalam tubuh dalam kondisi tidak normal alias kurang sehat. Nah daun dari tanaman binahong bisa digunakan sebagai salah satu obat herbal sebagai pencegahan terhadap penyakit kanker terutama kanker payudara dan kanker serviks. Daun binahong mempunyai kandungan sumber zat besi, kalsium, vitamin C dan vitamin A, protein tinggi, sumber fosfor dan kalium serta kayak an kandungan antioksidan seperti lutein dan betakaroten.

Seluruh bagian dari tanaman binahong bisa difungsikan sebagai obat tradisional namun yang paling sering diolah adalah bagian daunnya yang sudah dewasa. Daun binahong dipercaya mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Beberapa kandungan penting dari daun binahong tersebut adalah sebagai berikut :

1/ Saponin

Saponin adalah senyawa aktif yang ditemukan terpusat pada bagian permukaan daun. Senyawa ini memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dalam bentuk zat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus. Saponin juga bisa membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk penyembuh luka. Manfaat lainnya adalah sebagai media pembersih di dalam tubuh yang sifatnya alami, penurun kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2/ Minyak Atsiri

Minyak atsiri menyimpan banyak khasiat sebagai antiseptik alami yang bagus untuk pemeliharaan kesehatan tubuh bagian dalam atau luar tubuh. Minyak atsiri berfungsi sebagai heomolitik, sedative, analgesic, enzimatik dan stimulan. Penyimpanan minyak atsiri haruslah di tempat yang sejuk karena jika terlalu lama di udara akan mudah teroksidasi dan berubah warna sehingga khasiatnya akan berkurang.

3/ Alkaloid

Alkaloid adalah zat yang memiliki sifat-sifat hipoglikemik yang dipercayai ampuh untuk mengobati penderita penyakit diabetes yaitu berfungsi sebagai penurun kadar gula dalam tubuh.

4/ Asam Askorbat

Asam askorbat merupakan salah satu zat yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar. Luka bakar sangat mudah terkena infeksi, nah dengan asam askorbat ini maka diharapkan luka akan mudah tertutup sehingga infeksi bisa dicegah menjadi lebih besar.

5/ Antioksidan

Yang dimaksud dengan antioksidan di sini adalah zat-zat yang memegang peranan penting untuk memerangi zat karsinogen dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Antioksidan juga ampuh untuk mencegah terjadinya kanker.

6/ Asam Oleanolic

Asam oleanolic adalah senyawa yang memegang peranan penting sebagai anti peradangan atau inflamasi. Senyawa ini ampuh untuk membantu mengurangi rasa sakit saat terluka.

Daun Binahong Untuk Kanker Payudara Dan Kanker Serviks

Seperti diketahui bahwa kanker payudara muncul karena adanya gangguan ketidakseimbangan antara proliferasi, diferensiasi dan apoptosis kelenjar payudara. Herbal alami menyimpan agen sitotoksik dengan efek samping yang tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan cara kemoterapi. Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan mengintai kaum wanita. Wanita usia muda harus berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan organ intim.

Cara membuat ramuan herbal dari daun binahong untuk kanker sangatlah mudah yaitu sebagai berikut :

  • Rebus 30 gram daun binahong di dalam 1 liter air mendidih.
  • Rebus sampai air tersebut menjadi berkurang dan hanya tersisa kira-kira 600 ml.
  • Air rebusan tersebut diminum sebanyak sehari 3 kali dengan dosis 200 ml setiap kali diminum.

Sejak lama daun binahong dikenal sebagai obat herbal alternatif dari negeri Cina dimana daun binahong mempunyai banyak sekali khasiat sebagai media penyembuh berbagai jenis penyakit karena di dalamnya banyak mengandung sumber zat besi, kalsium, vitamin C, protein tinggi, sumber fosfor dan kalium yang bagus untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel