Rutin Mengkonsumsi Ikan Tongkol, Bagus untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

9 Jun 2022 09:54 665 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Rutin Mengkonsumsi Ikan Tongkol, Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Ikan tongkol sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia yang telah mengenal ikan ini sejak dahulu kala dan sering mengkonsumsinya. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air asin yang artinya adalah jenis ikan yang habitatnya berada di lautan. Ikan tongkol diperoleh dengan cara menjaringnya di laut lepas dan masih jarang sekali pembudidayaan ikan tongkol secara skala besar.

Ikan tongkol atau populer dengan nama ikan tuna atau ikan cakalang saat ini sudah mulai diekspor terutama keluar negeri yaitu Malaysia dan Jepang. Di Indonesia sendiri ikan tongkol mempunyai dua jenis kelompok yang kerap dijual di pasar-pasar tradisional hinggal mall atau supermarket yaitu ikan tongkol segar dan ikan tongkol pindang. Ikan tongkol segar biasa ditemui di pasar-pasar ikan atau supermarket yang biasanya dibeli dalam jumlah besar untuk keperluan restoran atau bahan utama pembuatan makanan kalengan. Sedangkan ikan tongkol pindang biasanya merupakan jenis ikan tongkol yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu lalu dimasak dengan menggunakan cara dipindang. Jenis ikan tongkol pindang ini adalah hasil olahan tongkol yang umum dijual di pasar-pasar tradisional dan merupakan bahan utama dari tongkol balado.

Meskipun harganya relatif murah namun ikan tongkol memberikan manfaat yang sangat besar untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa manfaat ikan tongkol untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1/ Menjaga kesehatan mata

Penelitian kesehatan yang dilakukan oleh John Hopkins School of Medicine menjelaskan bahwa kandungan manfaat omega-3 yang terkandung di dalam ikan tongkol ini bisa mengurangi resiko mengalami AMD / age macular disease atau jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan. Kandungan omega-3 ini bisa menurunkan angka resiko anda mengalami kerusakan pada mata.

2/ Menjaga kesehatan jantung

Selain untuk menjaga kesehatan mata, kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan tongkol ampuh untuk menjaga kesehatan jantung anda. Kandungan omega-3 ini bisa menjaga detak jantung yang sehat sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.

3/ Meningkatkan kemampuan kognitif

Omega-3 yang terkandung dalam ikan tongkol ampuh untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan kognitif seseorang. Selain berkhasiat bagus bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan kognitif, bisa juga bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung agar kemampuan kognitif dari bayi menjadi semakin bagus.

4/ Detoksifikasi hati

Kandungan selenium yang terdapat dalam ikan tongkol bisa membantu organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh. Selenium bisa mempercepat dan membantu proses tersebut dengan optimal.

5/ Melindungi saluran pencernaan

Kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan tongkol sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Omega-3 adalah zat yang membantu menjaga saluran pencernaan tubuh melakukan fungsinya dengan sehat. Hal ini bisa mengurangi resiko terjadinya kanker pada organ-organ pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya kanker ovarium pada wanita.

6/ Mencegah terjadinya obesitas

Yang terakhir adalah ikan tongkol mempunyai kandungan EPA dalam jumlah yang cukup besar. EPA yang tinggi bisa menstimulasi munculnya hormon leptin yang dapat menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Dengan menghindari konsumsi makanan yang berlebihan ini maka akan terbantu dalam mencegah terjadinya obesitas pada tubuh anda.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel