Kaya Akan Manfaat Terutama Untuk Diet Sehat, Inilah Buah Belimbing

8 Jun 2022 15:35 839 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kaya Akan Manfaat Terutama Untuk Diet Sehat, Inilah Buah Belimbing

Dalam menjalankan sebuah program diet tetap harus mengutamakan kesehatan agar imun tubuh tetap mampu mempertahankan daya kerjanya. Salah satu cara diet yang aman dan tetap memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan adalah dengan melakukan diet melalui rutin mengkonsumsi buah belimbing. Buah belimbing adalah salah satu jenis buah dimana ketika sudah matang di pohon akan memiliki warna kuning terang, berair, bercita rasa segar dan manis serta berbentuk seperti bintang. Buah ini sangat familiar bagi orang-orang di Indonesia tetapi hanya sebagian saja yang mengetahui tentang kandungan nutrisi dan manfaatnya.

Di dalam daging buah belimbing terdapat kandungan nutrisi berupa mineral dan yang lainnya seperti serat, tanin, pectin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, kalium, selenium, kalsium, mangan dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C dan E. Buah ini menyimpan perpaduan rasa manis, asam dan segar yang akan menyumbangkan kesuksesan terhadap program diet yang sedang anda lakukan. Tersebut di bawah ini adalah beberapa manfaat buah belimbing untuk hubungannya dengan program diet yang sedang anda lakukan antara lain sebagai berikut :

1/ Mengurangi kadar kolesterol jahat

Di dalam tubuh pada umumnya memiliki 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat akan cenderung menumpuk di dalam tubuh dan sangat sulit terbakar menjedi energi tubuh sedangkan kolesterol baik adalah kolesterol yang dengan mudah berubah menjadi energi dalam tubuh. Kolesterol jahat yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan peningkatan berat badan namun anda jangan khawatir karena ini bisa dicegah dengan cara rutin mengkonsumsi buah belimbing. Buah belimbing banyak mengandung zat pektin yang ampuh untuk mengikat kolesterol jahat serta memperbanyak jumlah kolesterol baik.

2/ Kaya akan kandungan vitamin C

Buah belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang ampuh untuk membantu proses pembakaran kalori menjadi energi sehingga meningkatkan manfaat buah belimbing untuk program diet anda. Kadar vitamin C sebesar 22,7 mg di dalam daging buah belimbing mempunyai banyak manfaat terutama untuk menurunkan berat badan.

3/ Mengatasi gangguan pencernaan

Kondisi pencernaan yang kurang bagus menyebabkan asupan makanan yang dikonsumsi tidak mudah dicerna sepenuhnya oleh tubuh. Penumpukan sisa-sisa makanan yang kurang sempurna dicerna tidak secara langsung terbuang dan akan membuat perut terasa begah sehingga memicu kenaikan berat badan. Dengan pencernaan yang lancar maka mineral dan nutrisi dari makanan / minuman bisa diserap dengan lancar untuk dimanfaatkan dengan sehat oleh metabolisme tubuh. Belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kondisi lambung tetap sehat dan melancarkan saluran pencernaan.

4/ Rendah kalori

Buah belimbing matang di pohon tidak akan membuat masalah dengan berat tubuh anda jika dikonsumsi secara rutin setiap hari karena buah belimbing adalah salah satu jenis buah yang mempunyai kadar kalori rendah yaitu hanya 21 kalori saja. Bayangkan saja selain mempunyai kandungan nutrisi yang banyak ternyata juga di dalamnya menyimpan kadar kalori yang rendah. Buah belimbing cocok dijadikan menu untuk program diet anda.

Cara Mengolah Belimbing Untuk Diet

Setelah membaca uraian kami tersebut di atas, jelaslah bahwa buah belimbing bermanfaat besar untuk kelancaran program diet anda. Jika berminat menjadikan buah ini sebagai menu diet anda maka anda bisa secara langsung memakannya sebagai buah meja atau pencuci mulut usai makan besar pada waktu siang dan malam hari. Kreasikan juga sesuai dengan selera anda seperti yang kami rekomendasikan tersebut di bawah ini :

1/ Jus Buah Belimbing

Buah belimbing yang sudah masak bisa dibuat jus, caranya adalah sebagai berikut : anda hanya perlu menghaluskan potongan buah belimbing dengan mixer ataupun blender. Bisa juga dengan menambahkan gula untuk penyedap rasa namun disarankan kurangi konsumsi gula apabila sedang menjalankan program diet. Jangan lupa tambahkan es batu guna memberikan sensasi kenikmatan jus belimbing saat diminum.

2/ Sirup Buah Belimbing

Cara membuatnya sangat mudah yaitu ikuti langkah yang kami berikan tersebut di bawah ini :

  • Potonglah buah belimbing menjadi beberapa bagian kecil.
  • Tumbuk belimbing hingga menjadi cukup halus dan keluarkan airnya saja.
  • Panaskan di dalam panci.
  • Tambahkan gula pasir dan air secukupnya saja.
  • Jika sudah menyusut dan terlihat mengental lalu diamkan sejenak hingga tidak panas.
  • Saring dan kemudian masukkan di dalam kulkas.
  • Sirup belimbing siap dinikmati kapan saja.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel