Apa Saja Kegunaan Ikan Bawal untuk Menjaga Kesehatan Tubuh ?

6 Jun 2022 13:40 1091 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Apa Saja Kegunaan Ikan Bawal Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh ?

Menurut penelitian kesehatan terakhir dilakukan di Jepang Food Reseach Laboratories menjelaskan bahwa kandungan omega-3 dalam ikan bawal adalah bernilai paling tinggi yaitu sejumlah 2,6 gram asam lemak omega-3. Zat ini merupakan salah satu asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh namun tubuh kurang mampu untuk memproduksinya sendiri secara langsung, sehingga anda harus mengumpulkannya dari luar yaitu melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Ikan bawal memiliki beberapa varian dan yang paling populer adalah bawal varian hitam yang mengandung nutrisi kaya omega-3 dan omega-6 AA. Kandungan lain yang cukup vital dari ikan bawal ini adalah vitamin. Ada vitamin A dan B1 serta kaya akan kandungan vitamin D. Tetapi anda tidak bisa memakan semua kandungan nutrisi yang ada pada ikan bawal yaitu hanya sekitar 80 persen saja bisa menikmati kelezatan dagingnya.

Tersebut di bawah ini adalah sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam ikan bawal yang mendatangkan khasiat bagus untuk kesehatan seperti berikut ini :

1/ Untuk pertumbuhan otak anak-anak

Salah satu zat yang memiliki fungsi untuk mendukung perkembangan otak adalah mengambil manfaat dari minyak ikan yang salah satunya adalah berasal dari ikan bawal. Kandungan berupa DHA dan EPA ternyata mempunyai respon positif untuk neuro kognitif pada anak-anak. Penelitian kesehatan tentang hal ini sudah dilakukan pada tanggal 29 sampai dengan 30 Juni 2011 saat berlangsungnya Kongres ISSFAL (International Society for the Study off Fatty Acids and Lipids) di Stockholm.

2/ Mencegah terserang stroke

Omega-3 juga bermanfaat sebagai pengobatan dan pencegahan anda terserang penyakit stroke. Dimana kandungan di dalam ikan bawal mampu menurunkan emulsi stroke hingga mencapai 21 persen sekaligus menurunkan keparahan stroke sekitar 50 persen. Dalam suatu kongres ISSFAL juga menjelaskan bahwa nutrisi asam lemak omega-3 mampu meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi peradangan syaraf. Ini sudah dibenarkan oleh Dr. Rajiv Chowdhury bahwa dengan mengkonsumsi ikan bawah dua hingga empat porsi secara rutin setiap hari akan mampu menghindari terjadinya resiko stroke.

3/ Mengurangi resiko penyakit jantung

Kemampuan lain yang dihasilkan oleh omega-3 adalah mengurangi resiko gagal jantung. Salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah adanya penempelan bercak-bercak atau bintik-bintik pada pembuluh darah. Nah di sinilah asam linolet atau dikenal dengan nama omega-3 sangat menonjol dalam manfaat ikan bawal yaitu ampuh untuk mengontrol pencegahan penempelan tersebut.

4/ Membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh

Adanya penumpukan kolesterol akibat lemak jahat yang terkandung di dalam makanan yang anda konsumsi setiap hari akan semakin membesar dari hari ke hari saat anda menginjak usia dewasa. Untuk itu perlu mengontrolnya dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mengikat kolesterol sehingga bis berkurang jumlahnya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan bawal yang banyak mengandung omega-3.

5/ Menu diet yang pas untuk kelompok perempuan

Bagi para perempuan yang sedang menjaga tubuh atau dalam program diet maka disarankan untuk mengkonsumsi ikan bawal secara rutin setiap hari selama program diet tersebut dijalankan. Kandungan di dalam ikan bawal yang nol karbohidrat dan non kalori tidak akan mengganggu menu diet anda. Bahkan kaya akan kandungan protein yang memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Juga protein ikan bawal mempunyai rantai yang tidak panjang sehingga pengolahan dalam tubuh menjadi cepat.

Ikan Bawal Di Mancanegara

Ikan bawal menjadi favorit warga Jepang dimana mereka menyebut ikan bawal dengan nama populer yaitu ikan shimaji karena menyimpan kandungan gizi dalam jumlah yang besar. Bahkan menurut beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa ikan bawal yang berada di perairan Jepang mempunyai kualitas gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya termasuk Indonesia. Di samping itu, tekstur yang lebih halus, tebal dan putih di dapat dari ikan bawal Jepang. Namun sebenarnya di Indonesia sudah mulai membudidayakan ikan bawal seperti yang ada di Jepang yaitu ada di perairan Kepulauan Seribu karena ikan bawal jenis Jepang hanya mampu bertahan hidup di habitat yang bersuhu 28 hingga 30 derajat Celcius.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel