Inilah Menu Sahur Praktis untuk Menemani Puasa Syawal Anda

17 May 2022 20:00 344 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Menu Sahur Praktis Untuk Minggu Pertama Puasa Anda

Bulan Ramadhan telah berakhir. Namun itu bukan berarti puasa selesai sampai disitu. Masih ada 6 hari lamanya puasa di bulan Syawal yang walaupun tidak diwajibkan, tapi memberi pahala yang luar biasa besar bagi umat muslim. Selalu saja menjadi momen paling menyenangkan untuk memasak berbagai menu sahur praktis sederhana bagi yang memiliki hobi memasak. Maklum saja, memasak di pagi buta bukanlah hal mudah bagi banyak orang apalagi disertai dengan mencari dan menemukan ide-ide segar setiap harinya tentulah menjadi pekerjaan rumah yang berat untuk dilakukan jika tidak didasari dengan hobi yang memang disukai untuk dikerjakan. Maka dari itu melalui artikel kami kali ini akan berbagi beberapa resep praktis untuk menu sahur yang mudah dimasak sepanjang minggu pertama di bulan puasa.

1/ Hari pertama : oseng daging kentang masak kecap

Menu yang pertama ini sangat familiar dan mudah untuk dimasak akan mewranai daftar menu sahur praktis anda dan keluarga di tahun ini. Selain cepat untuk dimasak, oseng-oseng berisikan daging dan kentang serta diberi tambahan berupa kecap manis yang gurih ini sudah akrab di lidah sehingga mudah untuk dipadukan dengan berbagai menu pendamping lainnya. Jangan lupa untuk menyediakan nasi hangat sebagai teman makan lauk ini.

2/ Hari kedua : ketupat sayur Betawi

Yang kedua adalah teristimewa di daftar ini. Masakan ini sudah biasa anda nikmati di waktu sarapan pagi bersama dengan anak-anak sehingga sudah pasti akan menjadi cocok tersaji ketika sahur. Adalah ide yang bagus untuk menyediakan menu-menu sarapan yang sudah tidak asing lagi dengan lidah sebagai menu sahur seperti ketupat sayur Betawi yang berkuah kental, hangat serta mengandung nutrisi ini cocok untuk membantu anda melalui hari-hari panjang berpuasa. Siapkan ketipat yang bisa anda beli di supermarket agar pekerjaan di dapur lebih ringan.

3/ Hari ketiga : tumis cabai brokoli

Resep tumis cabai brokoli adalah sahabat bagi para pemula yang hobi memasak di dapur. Resep ini akan menjadi menu favorit keluarga saat sahur dimana anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengolahnya namun menghasilkan masakan yang mampu mengundang selera. Inilah menu yang paling tepat bisa disukai oleh semua anggota keluarga di rumah. Banyak mengandung nilai gizi dan nikmat disandingkan dengan nasi goreng atau nasi putih hangat. Masakan tumisan yang sedikit berkuah ini membantu proses pencernaan menjadi lancar. Karena biasanya saat bangun pagi, mencerna makanan kering biasanya akan terasa seret di mulut.

4/ Hari keempat : nasi goreng sarden pedas

Semua orang pastilah menyukai menu yang satu ini yaitu nasi goreng. Nasi goreng selalu menjadi ide bagus untuk sahur meskipun tidak harus disarankan karena masih ada banyak pilihan lain yang lebih ringan dan sehat untuk pencernaan. Tetapi di pagi buta kadang-kadang selera makan tidak bisa pilih-pilih dan pilihan makanan rumahan justru membuat air liur terbit dan anak-anak pasti menyukainya. Nah sahur kali ini kami sarankan untuk mengurangi saja kadar cabainya agar tidak terlalu pedas tetapi bisa diganti dengan sarden kaleng yang juga terasa pedas.

5/ Hari kelima : bubur ayam gaya Korea

Untuk sajian yang satu ini anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu masakannya sejak semalam sebelumnya. Sehingga ketika sahur tiba, anda hanya perlu menghangatkannya sejenak sambil menumis daging bumbu bulgogi sebagai pendampingnya. Kehangatan bubur ayam yang mudah dicerna tentu akan membantu menjaga kebugaran tubuh seharian nanti melalui sahur yang membutuhkan motivasi untuk membangkitkan semangat makan.

6/ Hari keenam : tumis kentang daging cincang

Kembali kami menyuguhkan resep tumisan mewarnai daftar menu sahur praktis kali ini. Setelah tumis cabai brokoli tersebut di atas, beberapa hari selanjutnya anda perlu mencoba resep paduan kentang dan daging cincang. Paduan karbohidrat dan protein di dalam bahan-bahan yang digunakan ini akan membantu anda untuk kenyang apalagi dipadu-padankan dengan nasi putih hangat atau nasi goreng. Bisa juga dengan menambahkan menu yang lainnya.

7/ Hari ketujuh : sosis goreng asam manis

Sosis goreng dibalur bumbu khusus selalu menjadi pilihan tepat untuk dimasak kapan saja. Saat anda membutuhkan camilan hingga makan besar di waktu malam hari, lauk yang satu ini tetap menjadi favorit karena rasanya yang lezat. Nah tentu saja di bulan puasa ini juga tepat memasaknya untuk sahur buat keluarga juga bisa disantap bersama-sama ketika akan berbuka puasa. Makanan yang sudah anda gemari sejak kecil ini layak untuk dimasak sebagai pembangkit semangat saat makan sahur di bulan puasa kali ini.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 49
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel