Inilah Jepang dengan Universitas Terbaiknya

17 May 2022 18:00 1283 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jepang tidak hanya terkenal karena budaya lokalnya.

Salah satu negara dengan perkembangan teknologi terbagus di dunia adalah Jepang. Negara ini juga menjadi terkenal dengan kebudayaannya yang hingga saat ini masih dilestarikan meskipun terus mengembangkan teknologi-teknologi terbarunya. Dimana diketahui bahwa perkembangan teknologi yang terjadi di Jepang tak lepas dari sumber daya manusianya yaitu tercatat hampir tidak ada satu orang pun dari penduduk Jepang yang mengalami buta huruf. Ini tidak terlepas dari sistem pendidikan yang diterapkan di Jepang. Sehingga tidak mengherankan apabila negara ini menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbagus di dunia. Inilah yang membuat banyak orang asing datang ke Jepang guna menuntut ilmu di sini. Perguruan tinggi atau universitas menjadi lembaga pendidikan yang banyak diburu tidak hanya oleh siswa/wi menengah atas dari Jepang saja namun juga orang-orang dari luar negeri.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa universitas terbaik di Jepang yang bisa diperuntukkan tidak hanya untuk calon mahasiswa/wi Jepang saja melainkan juga untuk calon mahasiswa/wi asing atau internasional.

1/ Universitas Tokyo

Ini adalah universitas pertama yang terletak di ibukota negara Jepang yang sangat terkenal sebagai salah satu universitas riset terbagus dan paling bergengsi di Jepang. Universitas Tokyo mempunyai 10 fakultas dengan jumlah mahasiswa/wi mencapai sekitar 30.000 orang dan 21.000 diantaranya merupakan mahasiswa/wi internasional. Memiliki usia lebih dari 1 abad, Universitas Tokyo menawarkan lima kampus yang terletak di Komaba, Honho, Shirokane, Kashiwa dan Nakano. Yang menjadi favorit di sini adalah Fakultas Hukum dan Fakultas Sastra. Beberapa lulusannya ada yang berhasil memperoleh nobel. Tidak hanya dilengkapi oleh beragam fasilitas, Universitas Tokyo juga memberikan bantuan dana kuliah berupa beasiswa bagi mahasiswa/wi internasional.

2/ Tokyo Institute of Technology

Sesuai dengan namanya, universitas ini erat hubungannya dengan dunia teknik dan teknologi. Tokyo Institute of Technology atau Tokodai menjadi salah satu universitas yang terkenal akan ilmu alam dan teknik lapangan. Berdiri sejak 131 tahun yang lalu, para mahasiswa di dalamnya tersebar di tiga kampus yang berlokasi di Tamachi, Ookayama dan Suzukakedai. Total ada sekitar 10.000 mahasiswa yang mengambil program S1 dan sebagian diantaranya adalah terdaftar sebagai mahasiswa program master dan doktoral. Tokyo Institute of Technology memiliki 1.200 mahasiswa yang berasal dari luar Jepang. Beragam fasilitas tersedia di sini termasuk beasiswa bagi para mahasiswa yang kuliah di sini.

3/ Kyoto University

Kyoto University terletak di Kyoto dan telah didirikan sejak tahun 1897. Sebagai salah satu universitas tertua ketiga di jepang, Kyoto University memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset dan 29 pusat riset dan pendidikan. Program andalan Kyoto University adalah teknik, hukum dan humaniora. Hal menarik dari keberadaan Kyoto University ini adalah memiliki tradisi akademik yang sangat menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Bahkan untuk penelitian mahasiswa/winya dilakukan berdasarkan pada tujuan dan minat. Sebagai salah satu universitas berbasis penelitian, Kyoto University telah mendapatkan penghargaan nobel dalam bidang kimia, fisika teori dan biologi molekuler.

4/ Osaka University

Osaka University menjadi universitas terbaik keempat di jepang yang berdiri sejak tahun 1869. Universitas ini terbagi menjadi empat kampus yang berada di Mino, Suita, Toyonaka dan Nakanoshima. Terdapat 11 fakultas, 24 departemen di bawah 16 sekolah pascasarjana dan 2 program sarjana. Di samping itu universitas ini memiliki 6 lembaga penelitian, 4 perpustakaan dan 18 pusat penelitian. Ada juga dua program S1 yang disampaikan dalam Bahasa Inggris dan lima program kuliah untuk jenjang S2. Beragam fasilitas tersedia di Osaka University termasuk beasiswa bagi mahasiswa internasional.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Apple

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel