5G, Sistem Seluler Generasi Kelima

25 Apr 2022 15:00 495 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dulu internet mobile itu dateng lalu aplikasi chatting mulai banyak dipakai. Sms, bayar per karakter bahkan sudah habis ceritanya setelah internet mobile datang

Dulu internet mobile itu dateng lalu aplikasi chatting mulai banyak dipakai. Sms, bayar per karakter bahkan sudah habis ceritanya setelah internet mobile datang. lalu 3G, 4G datang membawa inovasi karena kecepatan yang lebih tinggi lagi jadi aplikasinya makin bervariasi mulai dari toko online, ojek online, youtube mulai menggantikan tv. Sekarang bahkan tokopun sudah tidak perlu menyewa lagi karena sudah ada toko online, tidak perlu bayar buat pasang iklan di koran, sudah bisa promosi pakai sosial media saja.

Internet memang mempengaruhi banyak sekali aspek dari hidup kita. nah sekarang 5G sudah di depan mata, teknologi seluler 5G atau generasi ke 5 itu sudah mulai hadir di dunia. ini bukan 5 giga hertz, ini seluler 5G generasi kelima. beberapa negara sudah mulai pakai 5G dari 2019 smartphone dengan teknologi 5G itu juga sudah mulai banyak hadir ke indonesia tahun ini, meskipun memang di indonesia belum ada jaringan 5G tapi ya pasti nanti akan memakai juga.


keuntungan 5G itu sebenarnya cukup unik:
1. latency yang rendah
latency itu adalah jeda waktu antara perintah yang kita kirimkan sampai perintah itu sampai dan dilaksanakan.


2. daya tampung jaringan yang lebih besar
dengan 5G daya tampung jaringan jadi lebih besar, jadi tempat tempat yang padat penduduk itu akan bisa terlayani dengan internet yang lebih bagus lagi.

Dan yang lebih penting lagi adalah
3. kecepatan transfer yang tinggi

 

karena sebenarnya kecepatan transfer sekarang sudah kencang di 4G juga, tapi yang awal itu yang paling penting dimana latencynya yang lebih rendah dan daya tampung jaringannya lebih besar, karena kita mau itu lebih enak dimainkan plus lebih yang bisa pakai.

Nahh coba kita bahas kalau latency lebih rendah apa yang terjadi. cloud gaming contohnya saat game dijalankan di suatu server kita main di smartphone itu sebenarnya hanya nonton video dari server sambil mengendalikan apa yang terjadi di server. Cloud gaming kita hanya butuh alat yang bisa untuk menonton streamnya saja sekarang pun sudah mulai kelihatan servicenya. Sstadia misalnya, yang diperkenalkan itu sebenarnya cloud gaming, kenapa dia keluar tahun 2019-2020 karena 5G nya baru muncul tentunya.

Kemudian kalau kita berbicara pengendalian drone itu juga menarik, bisa jadi drone kedepannya pengendalian drone memakai 5G dan bukan memakai wifi, dan bahkan latency ini bisa membuat pengendalian jarak jauh misalnya ada dokter bisa melakukan operasi dari satu negara, dia ada di negara A mengoperasi pasien yang ada di negara B dengan memakai mesin misalnya tangan robot dan dengan tangan robotnya sendiri bisa jadi seperti itu. kemudian dengan daya tampung yang besar ini tentunya akan sangat membantu sekali di daerah daerah yang padat, jadi satu tiang bisa menampung lebih banyak.  

Tags

About The Author

sony 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel