Istilah Dalam Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui

20 Apr 2022 15:00 1179 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada banyak istilah dalam jaringan komputer, kita akan membahas beberapa di antaranya
Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung dan digunkan untuk berbagi sumber data. Setiap EndPoint atau titik akhir dalam suatu jaringan selalu memiliki tanda pengenal, yang biasa disebut alamat IP atau IP Address atau bisa disebut juga alamat media access control.
 
Jaringan bisa bersifat private atau privasi bisa juga bersifat public. Dalam penggunaan jaringan private memerlukan akses user untuk memasukkan kredensial berupa kata sandi yang dimasukkan secara oleh administrator atau diperoleh langsung oleh pengguna. Sedangkan untuk penggunaan jaringan publik seperti contohnya internet, tidak membatasi suatu akses.
 
Dan sekarang kita akan membahas tentang istilah-istilah yang wajib diketahui tentang jaringan komputer.
 
1. ISP (Internet Service Provider)
 
ISP atau singkatan dari Internet Service Provider adalah sebutan untuk suatu Lembaga atau perusahaan kabel yang menyediakan layanan internet beserta tv kabel dan telepon seluler berbayar.
 
Fungsi adanya ISP sendiri adalah untuk menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet, menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat lua, dan banyak lagi. Contoh dari ISP di anataranya adalah Indihome, MyRepublic, dan juga Biznet.
 
2. LAN (Local Area Network)
 
Yang kedua ada istilah Local Area Network atau disingkat menjadi LAN adalah jaringan yang mencakup pada wilayah yang kecil seperti ruangan antar ruangan atau gendung antar Gedung. Jaringan LAN biasanya terdapat kabel dan LAN sendiri tidak membutuh kan jaringan internet untuk bisa saling terhubung.
 
LAN berfungsi sebagai penghubungkan dua komputer atau lebih, memindahkan file dari satu komputer kekomputer lainnya, dan banyak lainnya. Biasanya LAN di terapkan pada jaringan suatu perusahaan, sekolah atau instansi lainnya.  jika satu LAN dihubungkan dengan beberapa LAN lainnya, maka akan terbentuk suatu jaringan baru, yang disebut sebagai Metropolitan Area Network (MAN).
 
3. MAN (Metropolitan Area Network)
 
MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network mencakup area yang lebih luas di bandingkan LAN, cakupannya berkisar antara 10 sampai 50 KM. Jaringan MAN biasanya menghubungkan berbagai lokasi dalam satu kota contohnya seperti, kantor, kampus, dan lainnya, dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi.
 
Beberapa fungsi dari MAN antara lain adalah untuk memubuat komunikasi semaki efisien, sehingga memudahkan dalam urusan bisnis dan juga keamanan pada jaringan lebih baik.
 
4. WAN (Wide Area Network)
 
WAN memiliki cakupan yang lebih luas lagi di banding kan MAN luasnya dapat menghubungkan antar negara bahkan benua. Jaringan WAN merupakan gabungan dari LAN dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis.
 
Kelebihan dari WAN di antaranya adalah dapat digunakan untuk transmisi file, data, dan resource dengan jaringan workstation, wilayah jangkuan yang lebih luas lagi, dapat meperoleh informasi secara real time, dan banyak lagi.
 
5. IP Address
 
Internet Protocl Address atau lebih dikenal dengan IP Address adalah alamat numerik yang terdapat pada suatu perangkat elektronik seperti komputer atau HanPhone dalam suatu jaringan. Agar perangkat tersebut dapat terkoneksi dengan jaringan, setiap perangkat harus memiliki IP Address, dan juga setiap IP Address memiliki alamat numerik yang berbeda-beda dan tidak boleh sama.
Tags

About The Author

MAqsyal 28
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel