Mengenal apa itu Desain Grafis

19 Apr 2022 15:00 812 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Grafis itu sendiri berasal dari kata GRAPHIC dalam Bahasa inggris yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan Seni Rupa seperti Gambar, ilustrasi, pahatan, dan kaligrafi

Apasih sebenarnya Desain Grafis itu?

Grafis itu sendiri berasal dari kata GRAPHIC dalam Bahasa inggris yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan Seni Rupa seperti Gambar, ilustrasi, pahatan, dan kaligrafi. Kemudian mengapa istilah grafis yang digunakan dan bukan rupa atau visual? Disini karena rupa sendiri bukan sebuah kata benda sementara pengertian desain sangat erat kaitannya dengan benda yang dihasilkan dengan kata lain sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan dalam sebuah bentuk visual.

 

Seni Desain Grafis mencakup keterampilan visual apa aja sih?

  1. Tipografi
  2. Ilustrasi
  3. Fotografi
  4. Pengolahan gambar
  5. Tata Letak

 

Tipografi

Tipografi itu merupakan seni menulis indah. Ya bisa kita samakan dengan kaligrafi, jadi sebagai desain grafis nantinya kalian harus bisa memilih jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf yang baik dan sesuai kebutuhan kita nantinya.

 

Ilustrasi

Ilustrasi ini sangat penting, karena akan mewakili dari karya desain yang akan kita visualkan contohnya kita akan membuat sebuah iklan untuk promosi produk shampoo maka di dalam iklan tersebut harus disertai dengan visual orang dengan wujud rambut yang indah.

 

Fotografi

Selain adanya teks di dalam tipografi, untuk memperjelas lagi kita butuh gambar. Nahh untuk gambar ini kita bisa ambil dengan berbagai cara apakah kita ambil langsung dengan menggunakan kamera, atau kita juga bisa menggunakan gambar gambar yang disediakan di internet pastinya, tapi dengan ketentuan kita tidak boleh menggambil gambar secara asal asalan, jadi kita bisa menggunakan gambar yang memang tidak memiliki hak cipta.

 

Pengolahan Gambar

Dari gambar yang sudah kita siapkan tadi kita bisa mengolah gambar tersebut, jadi kita tidak harus menggunakan gambar itu secara langsung, mungkin gambar tersebut kurang jelas, atau kurang terang itu kita bisa olah terlebih dahulu, atau kita bisa seleksi, perkecil, perbesar itu yang dimaksud dengan pengolahan gambar.

 

Tata Letak

Tata letak itu juga sangat penting karena dengan kita tata Kembali itu akan mengerahkan orang yang melihat hasil karya desain kita itu terarah seperti bagian mana yang harus dibaca terlebih dahulu, bagian mana yang harus dilihat duluan, dan bagian mana yang hanya sebagai pendukung dari media promosi yang kita buat nantinya.

 

Prinsip prinsip dalam desain grafis yang harus kita pahami

  1. Keseimbangan
  2. Fokus
  3. Kontras
  4. Kesatuan

Keempat hal ini harus setidaknya include di dalam hasil sebuah desain yang akan kita buat nantinya. Apa saja?

 

Keseimbangan

Disini termasuk kedalam bagaimana kita mengatur pewarnaan, bagaimana kita mengatur ukuran ukuran objek jangan sampai ada yang terlalu besar atau terlalu kecil jangan sampai terlalu banyak teks dan lainnya. Jadi harus seimbang porsinya.

 

Fokus

Di dalam satu karya desain itu kita memfokuskan dimana apakah memfokuskan disatu gambar, atau disuatu tulisan. Dari sisi ukuran itu dipertimbangkan jadi jangan gambar semua dibuat besar, jangan semua teks dibuat besar tapi ada satu hal yang menjadi titik fokus sehingga kita bisa melihat sebuah hasil karya desain  ”oh ini adalah fokus utama dari karya desain tersebut“.

 

Kontras

Kontrasi berhubungan dengan warna juga, kontrasi bisa berubah dengan pemilihan warna background dengan warna font atau gambar latar dengan objek yang ada di depan.

Semua hal tersebut harus memiliki satu kesatuan baik temanya, dan hal hal yang mencakup yang ada di dalamnya.

Tags

About The Author

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel