Perkembangan Teknologi Semakin Pesat Setiap Harinya

11 Apr 2022 13:00 2754 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi adalah salah satu elemen kunci untuk kelangsungan hidup kita.

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari hari. Teknologi adalah salah satu elemen kunci untuk kelangsungan hidup manusia karena bisa membuat hidup kita bisa lebih baik dan mudah untuk dijalani. Apalagi dimasa pandemi sekarang ini kehadiran teknologi  bener bener penting banget untuk membantu kita bisa tetap berkomunikasi dan bekerja dengan  lancar, saat ini perkembangan teknologi dalam berbagai bidang kehidupan sudah sangat pesat. Sebagai negara berkembang  indonesia juga turut merasakan  dampak dari kemajuan teknologi  ini. Kira kira teknologi apa saja sih yang sedang berkembang  saat ini? Apa aja ya dampak yang bisa kita rasain dari kemajuan teknologi?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya teknologi sudah berkembang di berbagai sendi kehidupan. Di banyak bidang perkembangannya juga semakin pesat. Beberapa bidang yang perkembangan teknologinya semakin pesat antara lain adalah informasi & komunikasi, Kesehatan, serta Pendidikan.

Dunia informasi dan komunikasi siapa sih orang yang bisa terlepas dari ketergantungan teknologi? Sepertinya hampir tidak satupun. Komunikasi yang dulunya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penyampaiannya seperti pakai surel, sekarang segalanya serba cepat dan seakan tanpa adanya jarak karena adanya teknologi ini. Contoh teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu adalah smartphone dan internet. Kalau dibandingkan dengan 5-10 tahun yang lalu smartphone yang ada di masa sekarang sudah semakin canggih, yang kadang kita saja tidak kepikiran kalau teknologi ini bakalan umum dipakai. Selain itu, kehadiran dunia internet juga mendukung proses komunikasi dan informasi yang kita lakukan. Bahkan di tahun 2020 indonesia menduduki peringkat ke 8 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Selain di bidang informasi dan komunikasi teknologi juga berkembang dibidang kesehatan. Salah satu trobosan penting  di bidang kesehatan adalah Telemedicine. Inovasi telemedicine adalah praktik layanan kesehatan dengan menggunakan perangkat komunikasi audio visual, dan data untuk kepentingan konsultasi, diagnosis, perawatan, serta pengobatan. Teknologi ini memungkinkan pasien untuk bisa berinteraksi dengan dokter tanpa bertemu secara langsung dan bisa memesan dan membeli obat tanpa harus pergi kerumah sakit dan hanya menggunakan sebuah aplikasi. Teknologi kesehatan di indonesia terlihat semakin berkembang dengan munculnya rekam medis, peresepan elektronik, serta bermunculannya perusahaan perusahaan dan rumah sakit yang menawarkan jasa telemedicine kepada masyarakat. Berbagai macam penemuan teknologi canggih dibidang kesehatan ini bertujuan untuk mempermudah kebutuhan manusia selain itu perkembangan teknologi dibidang kesehatan ini diharapkan bisa memotong biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Perkembangan teknologi juga terjadi dibidang pendidikan salah satu terobosan teknologi dibidang pendidikan adalah tele education atau elearning. Tele education atau elearning  adalah proses belajar dimana siswa menerima instruksi melalui internet. Misalnya dalam bentuk video. Di masa pandemi ini seluruh masyarakat dituntut untuk lebih melek teknologi tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi covid-19 ini telah memaksa percepatan kemajuan teknologi di sektor pendidikan karena di masa seperti ini semua serba online. Teknologi yang mendukung proses pembelajaran  jarak jauh itu sendiri adalah internet dan aplikasi teleconference dengan teknologi ini kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan tanpa tatap muka dan kontak fisik. Selain itu dalam dunia pendidikan saat ini sudah terdapat aplikasi belajar online yang bisa menyediakan berbagai materi pelajaran sekolah dalam bentuk video pembelajaran aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu mencerdaskan anak bangsa.

Tags

About The Author

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel