Apa itu Android? berikut adalah penjelasannya

7 Apr 2022 15:00 577 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android adalah sistem operasi (OS) yang dirancang oleh Google yang berbasiskan kernel Linux dan berbagai perangkat lunak Open Source lainnya serta biasa digunakan untuk smartphone atau tablet. Dipublish pada tahun 2017 android sudah mengupdate beberapa versi, yang terbaru adalah OS android 10 yang muncul pada tahun 2019 lalu lebih tepatnya tanggal 3 september

Apa itu Android?

Android adalah sistem operasi (OS) yang dirancang oleh Google yang berbasiskan kernel Linux dan berbagai perangkat lunak Open Source lainnya serta biasa digunakan untuk smartphone atau tablet. Dipublish pada tahun 2017 android sudah mengupdate beberapa versi, yang terbaru adalah OS android 10 yang muncul pada tahun 2019 lalu lebih tepatnya tanggal 3 september. Nama versi ini sedikit berbeda dari sebelumnya yang biasanya menggunakan nama cupcake, nougat, donut, dll. Kedepannya OS ini akan menggunakan nama android 11, 12, 13 dan seterusnya sesuai urutan angka.

Android bersifat open source atau bebas digunakan, sehingga bisa dimodifikasi dan diperbaiki oleh para pembuat ataupun pengembang perangkat lunak. Karena sifat open source perusahaan teknologi bebas menggunakan OS  ini diperangkatnya tanpa  lisensi alias gratis. Begitu pula dengan para pembuat aplikasi mereka bebas membuat aplikasi tanpa biaya sedikitpun. Oleh karena itu android di support oleh jutaan aplikasi dari yang gratis hingga berbayar yang dapat diunduh di google play/play store.

Pada tahun 2004 android dipasarkan untuk pertama kalinya sebagai saingan untuk smartphone yang berbasis symbian dan windows mobile. Perusahaan lain kesulitan untuk dalam mencari investor, namun berbeda dengan android. Android berhasil mendapatkan tambahan dana dari steve perlman sebesar $10.000 yang pada saat itu ingin membantu andy rubin, ditahun berikutnya google berhasil mengakuisisi Android Inc. Dengan harga $50 juta pendiri android andy rubin dan lainnya juga ikut bergabung dengan google dan menjadi pemimpin proyek ini, dan pada akhirnya google membuat prototipe.

Prototipe tersebut adalah sebuah smartphone yang memiliki keyboard layaknya smartphone blackberry. Tak disangka pada tahun 2007 perusahaan apple pun ikut merilis iPhone dengan desain smartphone yang hampir seluruh permukaannya adalah layar sentuh.

Disitulah google mulai memikirkan bagaimana perkembangan android di masa yang akan datang, mengingat prototipe yang sudah dicetuskan oleh google.

Pada tahun 2008  nokia dan blackberry mengeluarkan ponsel dengan layar sentuh pertamanya tak ingin kalah dengan saingannya yaitu Apple, Google juga merilis ponsel dengan layar sentuh yaitu HTC Dream dan T-Mobile G1 Namun, tak hanya layar sentuh saja, smartphone ini juga tidak meninggalkan penggunaan keyboard.

Macam macam Fungsi Android:

  1. Astro 1.0 (Alpha)
  2. Bender 1.1 (Beta)
  3. Cupcake 1.5
  4. Donut 1.6
  5. Eclair 2.0-2.1
  6. Froyo (frozen yoghurt) 2.2
  7. Gingerbread 2.3
  8. Honeycomb 3.0-3.2
  9. Ice Cream Sandwich 4.0
  10. Jelly bean 4.1-4.3
  11. Kitkat 4.4
  12. Lollipop 5.0
  13. Marshmallow 6.0
  14. Nougat 7.0-7.1
  15. Oreo 8.0-8.1
  16. Pie 9
  17. Android Q 10
  18. Android 11
  19. Snow cone 12

 

Android memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini adalah kelebihan android:

 

OS Open source

Semua orang bisa menggunakannya secara gratis para developer atau pengembang dipermudah untuk mengoptimalkan dan mengembangkan OS ini untuk smartphone yang sudah dibuat

 

Di dukung oleh banyak aplikasi  

Jika masuk ke playstore akan ditemukan banyak sekali aplikasi aplikasi dari yang gratis hingga yang berbayar

 

Harganya bermacam macam

Dari harga yang terjangkau hingga yang paling mahal, smartphone android bisa menjangkau semua kalangan. Tapi, semakin tinggi harga smartphone semakin bagus pula spesifikasinya.

 

Kekurangan Android:

Sistem bekerja dengan cukup berat

Hal ini menyebabkan memakan banyak memori smartphone baik RAM maupun ROM. Jika memori smartphone berkapasitas kecil itu bisa menghambat performanya. Jika disandangkan dengan spesifikasi hardware yang tidak baik hasilnya akan kurang responsif hal ini terjadi ketika kapasitas penyimpanan ram atau kecepatan processor yang digunakan rendah

 

Tags

About The Author

sony 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel