Sejarah dan Perkembangan Telepon Genggam

6 Apr 2022 19:00 2411 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bisa dikatakan untuk saat ini telepon genggam adalah alat yang sangat dibutuhkan oleh semua orang karena memiliki banyak kegunaan. dan tidak menutup kemungkinan telepon genggam ini akan terus berkembang sehingga lebih banyak lagi memiliki keunggulan dan kegunaanya.
Apakah kalian tau apa itu telepon genggam? Ya pasti kalian semua tau apa itu telepon genggam yang biasa disebut juga handphone  atau telepon seluler bisa disingkat juga ponsel atau orang-orang sekarang banyak menyebut dengan kata HP, alat ini adalah suatu perangkat telekomunikasi elektronik yang memimiliki fungsi dasar untuk berkomunikasi jarak jauh, hampir  seluruh orang di dunia ini memliki alat yang Bernama handphone ini. Tapi tahukah kalian sejarah atau awal di temukannya handphone itu? Mari kit acari tau tentang sejarah dan perkembangan handphone
pada tanggal 3 April tahun 1973 di luncurkannya  generasi pertama yang ditemukan oleh Martin Cooper dari Motorola Corp, dan masih ada beberapa lagi generasi telepon genggam yang terbagi menjadi lima generasi sampai saat ini, berikut perkembangan telepon genggam dari generasi ke generasi.
 
1. Generasi Pertama (Tahun 1973)
 
Seperti yang dikatakan di atas telepon genggam generasi pertama di temukan pada tahun 1973 oleh  Martin Cooper dan di perkenalkan kepada publik pada tanggal 3 April 1973.
 
Telepon genggam generasi pertama atau juga bisa di sebut 1-G dan dikenal juga dengan istilah AMPS (frekuensi antara 825 Mhz hingga 894 Mhz). Oleh karena itu, telepon genggam generasi ini bisa dibilang bersifat analog. Berbicara tentang bobot atau berat dari telepon genggam generasi pertama adaah 30 ons atau sekitar 800 gram, Sedangkan, panjang dari handphone sekitar 10 inci atau 25 cm, sehingga sulit untuk dimasukkan ke dalam kantong baju atau celana.
 
Karena bersifat analog, maka sistem yang digunakan masih bersifat regional. Salah satu kekurangan generasi pertama adalah karena ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan. Selain itu generasi pertama masih memiliki masalah dengan mobilitas pengguna. Pada saat melakukan panggilan, mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan area telepon genggam, dan juga baterai yang ada pada telepon genggam generasi pertama hanya mampu bertahan selama 20 menit saja, sehingga kita tak bisa menggunakannya terlalu lama. 
Telepon genggam yang diciptakan oleh Martin Cooper ini dikenal dengan nama DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage).
 
beberapa teknologi yang termasuk kedalam generasi pertama:
- AMPS (Advanced Mobile Phone Service) atau IS-136
- NMT (Nordic Mobile Telephony)
- HICAP
- TACS
- C 450
- C-Netz
- Mobitex
- DataTAC
 
2. Generasi Kedua(Tahun 1990-an)
 
Telepon Genggam generasi berikutnya adalah generasi kedua atau biasa disebut juga 2-G. Teknologi yang semakin maju membuat telepon genggam generasi ini semakin canggih. Kecanggihan itu terlihat pada penggunaan chip pada telepon genggam dan menggunakan teknologi 2G.
 
Muncul sekitar tahun 1990-an di Amerika menggunakan teknologi CDMA(Code Division Multiple Access), sementara di eropa menggunakan teknologi GSM(Global System for Mobile Telecommunications). Selain penggunaan chip pada telepon genggam, pada generasi ini sinyal yang tadinya analog berubah menjadi sinyal digital. bahkan fitur dari telepon genggam generasi ini bukan hanya bisa melakukan panggilan saja, tetapi bisa panggilan tunggu, mengirimkan pesan atau bisa  dikenal dengan SMS, dan transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps(bit per second), Kecepatan sebesar itu cukup untuk mengirim SMS, download gambar, atau ringtone MIDI.
 
Telepon genggam pada generasi ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi kedua adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membahayakan pengguna. Telepon genggam dari generasi ini contohnya adalah Nokia 1011, Motorola International 3200, Motorola StarTAC, dan Nokia 9000 Communicator
 
Beberapa teknologi yang termasuk ke dalam generasi kedua:
- TDMA (Time Division Multiple Access)
- PDC (Personal Digital Cellular)
- iDEN
- DECT (Digital European Cordless Telephone)
- IS-95 CDMA (CDMAone)
- GSM (Global Systemfor Mobile)
 
 
3. Generasi Ketiga (Tahun 2000-an)
 
Memasuki tahun 2000-an berarti memasuki telepon genggam generasi ketiga yang di mana penggunaan teknologi semakin canggih, yaitu 3G, yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. 
 
Pada telepon genggam dalam generasi ketiga ini mulai dimasukan beberapa system oprasi, sehingga sering dikenal sebagai smarthphone atau ponsel pintar. Fitur pada telepon genggam generasi ketiga semakin lengkap bahkan mendekati fungsi computer personal. Sistem operasi yang digunakan antara lain Android, IOS, Symbian, dan Windows Mobile 
 
Beberapa keunggulan dari telepon genggam generasi ketiga dari generasi-generasi sebelumnya di antara lain adalah Kualitas suara yang lebih bagus, Keamanan yang terjamin, Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access, Support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melalukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda, dan masih banyak lagi
 
Beberapa teknologi yang termasuk ke dalam generasi ketiga:
- EDGE (Enhanced Data Rates for Global/GSM Evolution) atau E-GPRS (Enhanced -General Packet Radio Services).
- W-CDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access) atau UMTS (Universal Mobile Telecommunication System).
- CDMA2000-1X EV/DV (Evolution/Data/Voice) dan CDMA2000-1X EV-DO (Data Only)/ (Data Optimized) atau IS-856.
- TD-CDMA (Time Division Code Division Multiple Access) atau UMTS-TDD (Universal Mobile Telecommunication System – Time Division Duplexing)
- GAN (Generic Access Network) atau UMA (Unlicensed Mobile Access)
- HSPA (High-Speed Packet Access)
- HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
- HSUPA (High Speed Uplink Packet Access)
- HSPA+ (HSPA Evolution)
- FOMA (Freedom of Mobile Multimedia Access)
- HSOPA (High Speed OFDM Packet Access)
- TD-SCDMA (Time Division Synchronous Code Division Multiple Access)
 
 
4. Generasi Keempat (Tahun 2010-an)
 
Generasi keempat atau lebih dikenal dengan Fourth Generation (4G),  teknologi yang ditawarkan pada telepon genggam generasi ini berupa dapat terhubung teknologi nirkabel, seperti Wireless Broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain sebagainya.
 
Generasi keemapat atau 4G ini dikatakan memiliki kecepatan internet 500 kali lebih cepat daripada CDMA2000 yang terdapat pada generasi ketiga (3G) dapat memberikan kecepatan hingga 1Gbps jika anda di rumah dan 100 Mbps Ketika anda bepergian
 
Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, suara jernih, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, online game, dan banyak aplikasi lainnya dengan lancer tanpa hambatan.
 
5. Generasi Kelima (Tahun 2019)
 
Generasi kelima atau Fifth generation (5G) adalah generasi terbaru dari telepon genggam untuk saat ini. Korea selatan adalah negara pertama yang meluncurkan 5G pada maret 2019. Di luncurkan oleh KT,LG Uplus, dan SK Telecom.
Dari segi konektivitas, 5G diklaim mampu sampai sekitar 10 Gbps atau 600 kali lipat lebih cepat daripada kecepatan 4G.
 
 
Di atas adalah perkembangan telepon genggam dari generasi ke generasi, tapi tahukah kamu masih ada satu generasi lagi sebelum di luncurkannya kelima generasi di atas? Generasi telepon genggam yang ditemukan sebelum kelima generasi di atas adalah Generasi 0
Berikut beberapa penjelasan mengenai generasi 0
Sejarah penemuan telepon genggam tidak lepas dari perkembangan radia. Pada tahun 1950 Galvin Manufactory Corporation (sekarang Motorola) mengembangkan portable Handie-talkie SCR536, yang berarti sebuah alat komunikasi di medan perang saat perang dunia II. Masa ini merupakan generasi 0 telepon genggam atau 0-G, di mana telepon genggam mulai diperkenalkan.
 
Setelah mengeluarkan SCR536,kemudian pada tahun 1943 Galvin Manufactory Corporation mengeluarkan kembali portable FM radio dua arah pertama yang diberi nama SCR300 dengan model backpack untuk tentara U.S. Alat ini memiliki berat sekitar 35 pon dan dapat bekerja secara efektif dalam jarak operasi 10 sampai 20 mil.
 
Generasi 0 diakhiri dengan penemuan konsep modern oleh insinyur-insinyur dari Bell Labs pada tahun 1947. Mereka menemukan konsep penggunaan telepon hexagonal sebagai dasar telepon genggam. Namun, konsep ini baru dikembangkan pada 1960-an.
Tags

About The Author

MAqsyal 28
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel