8 Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

6 Apr 2022 12:00 667 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar cepat mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate atau lulusan baru

Anda akan lulus dalam beberapa bulan dan berharap untuk menemukan pekerjaan di industri pilihan Anda. Anda mulai mencari-cari situs website lowongan kerja ataupun media lainnya. Kemudian kenyataan yang tidak menyenangkan menimpa Anda, yang mana Anda akan sulit untuk menemukan pekerjaan yang baik sebagai lulusan baru.

Namun, jangan berkecil hati, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan pekerjaan sebagai fresh graduate yang dilansir dari Jooble.

1. Identifikasi Industri Tempat Anda Ingin Bekerja

Langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan sebagai lulusan baru adalah menentukan jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Misalnya, jika Anda memiliki gelar sarjana dalam bisnis, Anda dapat mencari pekerjaan di berbagai sektor seperti perbankan, ritel, dan bahkan perhotelan. Tetapi setiap industri memiliki pro dan kontra, dan persyaratan keterampilan utama. Identifikasi industri mana yang paling cocok untuk kualifikasi pendidikan, keterampilan profesional, hasrat, kepribadian, dan aspirasi Anda. Jika memungkinkan, pilih industri yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda bukan orang biasa, sektor perhotelan mungkin bukan untuk Anda.

2. Teliti Industri yang Anda Targetkan

Bangun pengetahuan Anda tentang industri tempat Anda ingin mencari pekerjaan. Ikuti situs web dan blog industri serta pahami tantangan dan peluang yang dihadapi industri. Identifikasi perusahaan global dan lokal teratas di industri dan strategi apa yang membuat mereka sukses. Baca tentang bagaimana inovasi teknologi telah mengubah cara kerja industri.

3. Buktikan Pengetahuan Tentang Industri yang Anda Masuki

Ini akan menjadi poin plus utama pada resume Anda jika Anda memiliki bukti pengetahuan Anda tentang industri ini. Untuk memperkuat pengetahuan industri Anda, tulis artikel tentang industri dan publikasikan di situs web Anda atau situs web lain tentang industri tersebut. Dalam resume Anda, sebutkan pameran dagang, konferensi, ataupun peluncuran produk yang telah Anda hadiri untuk mempelajari industri ini.

4. Memiliki Beberapa Pengalaman Kerja

Semua hal yang sama antara dua calon, atasan akan lebih memilih orang yang memiliki pengalaman profesional. Jika Anda seorang mahasiswa penuh waktu, dapatkan pengalaman kerja melalui pekerjaan paruh waktu selama liburan. Jika Anda mengenal seseorang dalam keluarga atau lingkaran sosial Anda yang memiliki bisnis di industri tersebut, tanyakan apakah Anda dapat bekerja dengan mereka sebagai peserta pelatihan. Minta majikan untuk memberi Anda sertifikat pengalaman atau surat referensi ketika Anda meninggalkan pekerjaan atau menyelesaikan pelatihan.

5. Fasih Berbahasa Inggris

Tidak sedikit dari perusahaan-perusahaan besar menjalankan bisnis mereka dalam bahasa Inggris, jadi fokuslah pada pengembangan kemampuan bahasa Inggris lisan dan tulisan Anda. Anda bisa membiasakan diri untuk melakukan berbagai aktivitas yang menggunakan bahasa inggris. Seperti mendengar musik Inggris, dan tonton film. Berpikir dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin. Tulis blog pendek dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan tata bahasa dan kosa kata Anda.

6. Bangun Keterampilan yang Anda Perlukan di Setiap Pekerjaan

Keterampilan seperti multi-tasking, kemampuan beradaptasi, dan pemecahan masalah adalah persyaratan untuk pekerjaan apa pun. Ketika Anda secara sadar mengejar minat lain selain akademis, Anda belajar mengatur waktu Anda dan bekerja menuju berbagai tujuan. Pekerjaan paruh waktu akan memberi Anda pengalaman memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelanggan ataupun lainnya. Ini juga akan membantu Anda menjadi lebih mudah beradaptasi dalam cara Anda berurusan dengan orang yang berbeda.

7. Bersiaplah untuk Interview

Rekrutmen baru lebih mungkin untuk melalui beberapa putaran eliminasi – ujian masuk, diskusi kelompok, dan wawancara langsung. Banyak pekerjaan pemerintah memiliki ujian masuk atau tes; jika itu bidang minat Anda, bersiaplah untuk memberikan ujian. Ketahui format dan konten ujian, berikan ujian masuk tiruan, dan belajarlah dengan tutor pribadi atau pusat pelatihan untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Perhatikan bahasa tubuh Anda selama wawancara, dan pastikan Anda berada di lokasi pertemuan setidaknya setengah jam sebelum waktu yang dijadwalkan.

8. Berpikiran terbuka

Sebagai lulusan baru, tujuannya adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang memiliki ruang lingkup yang luar biasa untuk belajar. Jangan menolak perusahaan karena menawarkan kompensasi yang lebih rendah. Lihatlah potensi pertumbuhan perusahaan. Jika memungkinkan, carilah umpan balik dari karyawan lain tentang budaya kerja, dan evaluasi apakah peran pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan tujuan karir jangka panjang Anda. Juga, jangan takut untuk menjelajah ke industri yang bukan bagian dari daftar target industri Anda.

Tags Karier

About The Author

Nando Rifky 28
Novice

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel