Dalam Menjalankan Kegiatan Ekonomi, Pemerintah Memiliki 3 Peran Rumah Tangga yang Membantu

18 Apr 2022 20:00 3317 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dalam Menjalankan Kegiatan Ekonomi, Pemerintah Memiliki 3 Peran Rumah Tangga Yang Membantu

Kegiatan ekonomi yang dilakukan secara rutin oleh pemerintah di dalamnya terdapat beberapa perilaku ekonomi yang menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan prosedur yang berlaku. Salah satunya adalah peran rumah tangga pemerintah. Peran di sini adalah menjadi salah satu faktor yang mempunyai tugas penting dalam pengendalian dan menjalankan roda ekonomi. Peran rumah tangga pemerintah mempunyai wewenang dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan guna mengendalikan ekonomi demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan makmur. Adapun beberapa kebijakan yang dikeluarkan antara lain sebagai berikut :

  • Kebijakan fiskal adalah yang menyangkut kegiatan perekonomian pemerintah berhubungan dengan pendapatan dan pengeluaran negara.
  • Kebijakan moneter yaitu kebijakan guna mengendalikan jumlah uang yang beredar dalam mengatur laju inflasi.
  • Keuangan internasional adalah kebijakan yang mengacu kepada kegiatan ekonomi dalam lingkup internasional seperti perdagangan internasional atau kerjasama lainnya.

Adapun tiga peran utama yang ada hubungannya dalam peran rumah tangga pemerintah antara lain regulator atau pengendali ekonomi, produsesn dan konsumen. Berikut adalah penjelasannya.

1/ Peran rumah tangga pemerintah regulator atau pengendali perekonomian

Peran yang pertama ini adalah sebagai regulator atau pengendali perekonomian yang fungsinya adalah untuk mengatur perekonomian dalam rangka memberikan kesejahteraan bagi warga masyarakat dan meminimalisir terjadinya kesenjangan. Rumah tangga pemerintah akan terus menjamin adanya keadilan ekonomi yang dilakukan secara merata terhadap seluruh lapisan masyarakat dengan cara menciptakan sebuah aturan atau regulasi. Misalnya adalah dengan melakukan pasokan subsidi bagi perusahaan dalam negeri guna menjaga mutu dan kualitas produk sehingga diharapkan mampu melakukan pesaingan dengan produk luar negeri. Peran sebagai regulator di sini juga memberikan pengaruh besar terhadap penentuan besaran pajak progresif dalam menciptakan kebijakan yang adil. Misalnya adalah pemungutan pajak tinggi bagi kelompok orang kaya dan pajak rendah bagi masyarakat kelas menengah hingga tidak dipungut pajak sama sekali.

2/ Peran rumah tangga pemerintah produsen

Yang kedua adalah peran rumah tangga pemerintah sebagai produsesn yang memegang peran penting dalam melakukan produksi baik terhadap barang maupun jasa. Rumah tangga produsen dilakukan oleh lembaga pemerintahan. Di Indonesia sendiri, rumah tangga produsen bisa dalam bentuk Badan Usaha Milik Negara atau yang disingkat dengan istilah BUMN. BUMN di sini merupakan perusahaan yang bernaung di bawah pemerintahan misalnya seperti Perusahaan Listrik Negara / PLN dan PT. Kereta Api Indonesia. 

3/ Peran rumah tangga pemerintah konsumen

Peran rumah tangga yang terakhir adalah sebagai konsumen yang menyerupai dengan peran rumah tangga keluarga. Untuk menjalankan perannya maka rumah tangga pemerintah membutuhkan bantuan sarana dan prasaran guna menunjang kegiatan perekonomian. Misalnya adalah kantor pemerintahan yang membutuhkan alat-alat tulis dalam kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Kebutuhan seperti itulah yang dikerjakan oleh rumah tangga pemerintah konsumen yaitu dengan membeli seluruh kebutuhan barang dan jasa dari produsen.

Rumah Tangga Pemerintah Dan Fungsinya

Ada beberapa fungsi rumah tangga pemerintah yang patut untuk anda ketahui guna lebih bisa memahami apa itu rumah tangga pemerintah antara lain sebagai berikut :

  • Mendorong adanya peningkatan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan juga perkembangan lapangan kerja.
  • Bertanggung jawab penuh atas maju atau mundurnya kondisi perekonomian di dalam masyarakat.
  • Menyusun kebijakan-kebijakan dan regulasi ekonomi untuk bisa mempertahankan stabilitas ekonomi.
  • Pengendalian terhadap naik atau turunnya (inflasi) harga dan juga tingkat harga.
  • Memegang peran sebagai supplier sekaligus demander.
  • Memanfaatkan hasil pajak seoptimal mungkin dalam membantu pembangunan fasilitas umum.
  • Memungut pajak secara langsung maupun tidak langsung.

Semoga bermanfaat.

Tags Apple

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel