Rekomendasi Memilih Ragam Pohon Hias yang Cocok Ditanam untuk Taman Minimalis Rumah Anda

13 Nov 2021 12:15 825 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Taman minimalis 

Dikenal beberapa jenis tanaman hias yang sangat cocok untuk direkomendasikan sebagai pelengkap desain taman minimalis yang ditanam pada halaman depan atau samping dan belakang rumah anda. Seperti diketahui bahwa jenis tanaman hias jumlahnya sangat banyak dan beragam apalagi untuk iklim tropis seperti di Indonesia ini yang mempengaruhi harga tanaman hias tersebut menjadi bervariatif tergantung dari ukuran dan jenis tanaman hias seperti mulai dari tanaman semak / groundcover, perdu, bonsai dan pohon peneduh. Dengan memiliki daun dan bunga yang bervariasi, wujud yang menawan serta wangi mahkota bunga yang semerbak menjadikan tanaman hias sangat disayangi oleh kaum perempuan di seluruh dunia.   

Berikut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa jenis tanaman hias yang cocok dikembangkan untuk penghias taman minimalis rumah anda sehingga memudahkan anda dalam memilih beberapa diantaranya untuk koleksi di rumah, seperti sebagai berikut :

1/ Tanaman hias ararea

Tanaman hias ararea / osmoxylon lineare, aralia atau aralea (di luar negeri namanya miagos bush) adalah salah satu jenis tanaman semak berdaun hijau kekuningan yang sangat indah yaitu panjang dan berujung lancip menyerupai tanaman hias brokoli kuning. Ararea cocok ditanam untuk taman rumah bergaya minimalis karena sifat dari tanaman ini berbatang pendek dan semak-semak yang berfungsi untuk penutup tanah. Tanaman hias ararea tumbuh dengan subur pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan temperatur udara panas atau dingin. Sedangkan kebutuhan cahaya dari sinar matahari bersifat partial shade / di bawah naungan, sejuk hingga full sun. Dan jika ditanam di pot maka dianjurkan memakai ukuran pot berdiameter 25 cm dengan memakai media tanam berupa tanah humus atau tanah kompos. Intensitas penyiraman sebaiknya sekali dalm sehari yaitu bisa di waktu pagi hari atau sore hari. 30 hari sekali diberikan pupuk untuk mendapatkan bunga yang mekar dalam jumlah banyak.

2/ Tanaman hias alamanda kuning

Alamanda kuning / allamanda cathartica pada umumnya disebut juga dengan nama tanaman hias golden trumpet atau common trumpet vine yellow adalah salah satu jenis species dari genus allamanda yang termasuk ke dalam famili apocynaceae. Seperti halnya terhadap bunga alamanda yang lainnya, tanaman hias ini berasal dari Brazil dimana tumbuh merambat kemana-mana yang bisa dipelihara dengan cara melakukan pemangkasan terhadap ranting-ranting pohon yang tidak berguna. Tanpa melakukan pemangkasan, sebatang tanaman alamanda bisa mencapai ketinggian yaitu 20 kaki. Yang terbanyak diaplikasikan sebagai tanaman hias bunga adalah dari jenis alamanda kuning yang tidak begitu disuaki ulat. Di daerah Puerto Rico, tanaman ini terkenal dengan nama as canario Amarillo dan menjadi salah satu tanaman hias mahal yang banyak disukai warga di sana.

Tanaman alamanda termasuk ke dalam kategori perdu berkayu dengan tinggi bisa mencapai 2 meter. Tanaman ini memiliki sifat evergreen / hijau di sepanjang tahun. Batang yang sudah berusia tua akan berwarna coklat sedangkan tunas mudanya memiliki warna hijau. Dilengkapi dengan daun dengan bentuk melancip di bagian ujungnya dengan permukaan daun yang agak kasar bisa mencapai panjang seukuran 6 sampai dengan 16 cm. Daun alamanda pada umumnya berkumpul sebanyak tiga atau empat helai. Bunga alamanda terlaris adalah yang berwarna kuning yaitu berbentuk terompet dengan ukuran diameter antara 5 sampai dengan 8 cm. Tanaman ini berbunga harum.

3/ Tanaman hias pandan duri kuning / pandanus

Pandan duri, pandan tikar, pandan samak atau pandan pudak / pandanus tectorius yaitu sejenis tumbuhan menyerupai pohon termasuk ke dalam suku pandanaceae menyebar di semua pantai dan pulau-pulau di wilayah Asia Selatan dan Asia Timur hingga ke Polinesia. Penduduk lokal di tempat ini lazimnya mengenali banyak varietas dari pandan ini dan memberikan nama yang berbeda-beda disertai membudidayakan sebagian dari jenis mereka untuk tujuan yang berlainan. 

Beberapa varietas tertentu disukai karena memiliki daun yang lembut dan kuat untuk dianyam sebagai tikar dan beberapa yang lainnya digemari karena memiliki bunga yang mengeluarkan aroma wangi. Bisa difungsikan sebagai tanaman hias di taman minimalis rumah anda. Terlihat unik dan menarik.

4/ Tanaman hias cemara kipas

Cemara kipas adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam kelompok cemara-cemaraan / cupressaceae yang ditanam sebagai tanaman hias di taman rumah atau bisa sebagai tanaman penghijau di pinggir trotoar jalan raya. Habitus tanaman menyusun kerucut dengan dilengkapi daun tanaman tersusun menyerupai kipas yang menarik. Cemara kipas bagus dimanfaatkan sebagai cemara hiasan untuk perayaan Natal. Memiliki batang tegak kokoh berbentuk silindris dan ramping ke arah atas, permukaan batang kasar dan memiliki banyak percabangan dengan warna batang cokelat dan dilengkapi dengan daun cemara berbentuk menyerupai kipas.  

Daun yang tumbuh pada permukaan batang adalah daun majemuk, bersisik dan memiliki warha hijau tua. Daun pipih dan menyerupai jarum-jarum tumpul dimana bunga cemara kipas adalah bunga tunggal yang muncul dari ketiak daun. Bunga betina berbentuk menyerupai lonceng dan bisa ditemui di dasar cabang dengan bunga jantan memiliki bentuk cawan berbelah dua yang akan terlihat di ujung cabang dan berwarna hijau pekat. Buah yang muncul bervariasi berbentuk kotak-kotak bulat, buah tunggal, dengan ukuran diameter kisaran 5 hingga 8 mm. Buah yang kering memiliki warna cokelat yang akan pecah ketika buah dalam kondisi masak. Biji-biji dari cemara kipas ini memiliki warna coklat dan berbentuk bulat pipih dimana tanaman hias ini memiliki kemampuan untuk tumbuh subur di dataran rendah dan dataran tinggi atau tempat-tempat yang cukup terkena sinar matahari. 

5/ Tanaman hias sambaing darah

Tanaman hias sambaing darah / excoecaria cochinchinensis adalah salah satu jenis tumbuhan yang selain bisa difungsikan sebagai tanaman hias pad ataman minimalis rumah anda juga bermanfaat sebagai obat herbal yang berasal dari China dan Asia Tenggara.

Di Indonesia, tanaman ini diketahui dengan banyak nama seperti tanaman daun remek daging di Jateng, tanaman daun sambaing darah, ki sambaing atau tanaman sambang darah.

Sambang darah adalah salah satu jenis tanaman perdu yang memiliki kemampuan untuk tumbuh bisa mencapai ketinggian sekitar 0,5 m sampai dengan 3 meter. Batangnya berkayu dengan percabangan dalam jumlah banyak. Ketika digores dengan pisau tajam akan mengeluarkan getah putih yang beracun dan bisa membunuh penghuni sungai jika dibuang ke sungai. Mempunyai ranting-ranting yang beruas dengan warna hijau keunguan. Berdaun tunggal dan agak panjang dengan letak saling berhadapan atau berselang-seling berbentuk jorong hingga lanset memanjang dengan bagian ujung dan pangkalnya meruncing dan tepinya bergerigi dengan tulang-tulang daun menyirip dan terlihat sangat jelas di permukaan bawahnya. Warna daun di bagian atas adalah hijau tua dan bagian bawah merah gelap menyerupai daging sapi mentah sehingga dari sinilah muncul nama dari tanaman ini disebut remek daging atau sumbang darah. Daun mudanya mempunyai warna yang agak mengkilap.    

Bunganya tergolong sebagai bunga majemuk yang keluar dari ujung batang atau ujung cabang dimana bunga-bunga cantik ini berukuran kecil berwarna kuning terang tertata dalam tandan. Bunga jantan lebih banyak daripada bunga betina dengan mahkotanya tak menonjol, putik terdiri dari 3 bagian dalam bentuk melengkung.

Sambang darah mempunyai biji berukuran diameter 1 cm sampai dengan 3 cm berbentuk kotak-kotak bulat kecil dan berwarna cokelat muda. Akarnya tunggang dan juga berwarna cokelat muda. Bagus untuk difungsikan sebagai tanaman hias untuk taman minimalis rumah anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Rekomendasi Memilih Ragam Pohon Hias Yang Cocok Ditanam Untuk Taman Minimalis Rumah Anda ” dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel