Beberapa Makanan Khas Minangkabau Rekomendasi yang Rasanya Lezat di Lidah

18 Nov 2021 13:00 286 Hits 7 Comments Approved by Plimbi
Makanan khas Minangkabau yang lezat 

Apakah anda adalah salah seorang penggemar makanan khas Nusantara ? Salah satu yang paling populer di Indonesia adalah ragam makanan khas Minangkabau yang rasanya menyerupai ragam masakan khas Pulau Dewata yang kaya akan campuran beragam bumbu dari rempah-rempah khas Nusantara.

Masakan khas Minangkabau dikenal dengan nama lain yaitu masakan Padang yang sangat mudah ditemukan tidak hanya di Minangkabau saja melainkan sudah menyebar hingga seluruh dunia mengenal dan menyukai ragam masakan khas daerah Ini. Beberapa diantaranya yang kami rekomendasikan untuk wajib dicicipi karena memiliki kelezatan yang luar biasa memikat.

1/ Jajanan tradisional khas warga Minangkabau, ketan durian

Jajanan tradisional khas warga Minangkabau ini hampir sama dengan yang ditemukan di Thailand yaitu mango sticky rice adalah jajanan berupa ketan yang disuguhkan bersama dengan irisan buah mangga manis segar. Di Minangkabau juga ada jajanan seperti ini yaitu jajanan ketan dengan menggunakan bahan pendamping dari buah durian yang rasanya manis dan gurih. Bagi anda para pecinta buah durian wajib untuk mencobanya karena rasanya sangat unik dan membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan. Penyajiannya adalah berupa beras ketan yang sudah dikukus hingga matang lalu dicampurkan dengan kelapa parut dan taburan secukupnya garam guna memperoleh cita rasa yang gurih. Selanjutnya di sampingnya ditambahkan buah durian yang sudah dihilangkan batunya. Kombinasi rasa manis dari buah durian dengan gurihnya ketan bertabur parutan kelapa dengan garam semakin nikmat disantap sebagai sarapan pagi teman ngopi.

2/ Pepes palai rinuak yang super pedas khas Minangkabau

Ini adalah makanan yang bentuknya menyerupai pepes. Terbuat dari ikan rinuak yang hanya bisa ditangkap di sungai-sungai besar yang ada di wilayah Minangkabau. Ikan ini bentuknya mirip dengan ikan teri Medan yang sangat populer di seluruh Indonesia. Uniknya, ikan rinuak ditangkap dan dibawa dalam keadaan hidup keluar daerah Minangkabau. Ikan segar akan memberikan cita rasa daging yang lebih enak. Pepes palai rinuak dibuat dengan mencampurkan daging ikan bersama dengan bumbu pelengkap. Lalu dilanjutkan dengan membungkus ke dalam daun pisang untuk selanjutnya dibakar selama beberapa waktu. Cocok disajikan bersama dengan nasi hangat dan tambahan berupa sayur urap.

3/ Jajanan khas Minangkabau yang gurih, lompong sagu

Makanan khas warga Minangkabau yang ketiga adalah jajanan tradisional yang saat ini keberadaannya sudah mulai langka di luar daerah Minangkabau. Namanya adalah lompong sagu yang terbuat dari bahan dasar yaitu tepung sagu dicampur kelapa parut, gula merah, santan dan pisang raja atau pisang kepok. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang hingga matang dengan munculnya aroma khas pisang yang manis. Rasanya gurih. Cocok dinikmati ketika sore hari bersama keluarga sambil menyeruput secangkir teh manis.

4/ Sate lokan, kenikmatan sajian sate khas warga Minangkabau

Pada umumnya sate yang dikenal dari daerah Minangkabau adalah sate Padang yang super pedas. Namun jika anda berkunjung ke beberapa tempat wisata di daerah ini, ternyata ada juga jenis sate lain yang merupakan makanan khas Minangkabau yaitu namanya adalah sate lokan. Sate ini terbuat dari daging kerang hijau. Cocok sekali disuguhkan buat para penggemar makanan laut atau buat anda yang bosan menyantap sate dari daging. Sate kerang ini disantap bersama dengan baluran bumbu sate kental yang diracik dari beberapa jenis rempah khas Nusantara yang diberi tambahan tepung tapioka.

5/ Sajian dari singkong pedas khas warga Minangkabau, karupuak sanjai

Ini adalah salah satu camilan ringan yang sangat mudah ditemukan dimana-mana di daerah Minangkabau yang kerap difungsikan sebagai oleh-oleh khas Minangkabau dijual di pasar-pasar tradisional dan toko-toko kue yang ada di sini. Rasa yang ditawarkan adalah pedas dan asin. Kemunculan camilan ringan ini tak jauh dari sejarah menarik yang beredar dari mulut ke mulut yaitu dikisahkan ada 3 orang nenek yang secara tak sengaja mengisi waktu luang mereka dengan membuat makanan ringan yang terbuat dari singkong. Karena dibuat dalam jumlah besar maka camilan ini tidak habis dimakan oleh cucu-cucu mereka, sisanya dijual di kawasan pasar tradisional Atas di Bukittinggi. Ternyata laku keras dan dari sinilah camilan ringan ini dibuat yang diberi nama karupuak sanjai.

6/ Jajanan pasar untuk sarapan pagi khas warga Minangkabau, kacimuih

Kacimuih merupakan salah satu jajanan pasar khas warga Minangkabau yang berbahan dasar dari parutan singkong dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah atau gula putih. Meskipun dimasak dari bahan-bahan sederhana namun rasanya tidak kalah menarik dengan jajanan masa kini yang banyak digemari oleh anak-anak hingga orang tua. Harga yang dipatok di pasar-pasar tradisional relatif murah yaitu hanya kisaran Rp. 3000 hingga Rp. 5000 saja dimana jika anda sudah pernah mencicipi jajanan ini maka akan mengingatkan anda akan keistimewaan daerah Minangkabau yang menawan hati untuk dijadikan sebagai tujuan liburan.

7/ Gulai Minangkabau terekomendasi, gajebo

Gajebo adalah salah satu jenis gulai khas warga Minangkabau yang direkomendasi wajib untuk dicicipi karena rasanya sangat lezat. Nama populer dari masakan ini adalah sanding lamur yang memakai bahan utama yaitu daging sapi, tetapi tidak sembarang daging sapi yang digunakan melainkan pada bagian punuk saja. Karena daging pada bagian ini menyimpan banyak lemak yang memberikan cita rasa kenikmatan gulai gajebo tiada banding. Kuahnya sangat kental namun tidak dicampur santan. Berbeda dengan gulai pada umumnya, jadi masakan ini aman dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh anda yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dimana yang menonjol dari masakan ini adalah cita rasa gurih yang super pedas.

8/ Makanan berkuah khas warga Minangkabau, asam pandeh daging

Masakan yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan berkuah yang di awal diciptakan menggunakan bahan utama dari daging sapi. Saat ini asam pandeh daging banyak dijual di rumah makan Padang dengan variasi rasa yang semakin kuat karena diracik dari beragam bumbu khas daerah Minangkabau. Di luar daerah Minangkabau ditemukan beberapa rumah makan yang menjual masakan ini terbuat dari bahan utama bukan daging sapi melainkan menggunakan daging ayam atau daging ikan. Namun rasa yang dihasilkan tidak senikmat asam pandeh daging sapi meskipun sama-sama enak disantap bersama dengan sepiring nasi putih. Rasa yang menonjol dari masakan ini adalah seperti namanya yaitu asam segar pedas sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat ketika anda terserang penyakit flu ringan atau sakit kepala dan mabok darat. Masakan ini wajib tersedia ketika ada acara-acara adat di Minangkabau.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Inilah Beberapa Makanan Khas Minangkabau Direkomendasikan Untuk Dicicipi Karena Rasanya Enak Sekali ” yang dikumpulkan dari beberapa sumber tulisan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel