Tahukah Anda, ini Adalah 12 Jenis Sayur untuk Dijadikan Bahan Pecel yang Enak

9 Nov 2021 13:15 286 Hits 7 Comments Approved by Plimbi

Tahukah anda, ini adalah 12 jenis sayur untuk dijadikan bahan pecel yang enak 

Pecel sayur adalah salah satu jenis makanan yang konon berasal dari daerah Ponorogo merupakan makanan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat luas tidak hanya di sekitaran kota Ponorogo saja melainkan di luar kota pun memiliki banyak penggemar. Hal ini disebabkan karena pecel sayur memiliki cita rasa yang khas dan enak dengan harga yang terjangkau sehingga sangat mudah menemukan penjual yang menyajikan pecel sayur dalam beragam varian. Pecel sayur biasanya sudah disajikan lengkap bersama dengan lauk-pauk pendamping seperti peyek kacang / peyek udang rebon dan tempe goreng garing seperti tempe mendoan. Rasanya jangan ditanya lagi, sangat mantap di lidah para penggemarnya yang rata-rata menyukai ragam masakan khas Nusantara tradisional.

Cara mengolah pecel sayur ini tergolong sangat mudah dilakukan di dapur rumah anda masing-masing, tinggal haluskan kacang tanah goreng bersama dengan bumbu lainnya lalu ketika sudah selesai meracik bumbu pecel sayur tinggal disiram sambal kacangnya di atas rebusan sayur yang tertata apik di atas piring saji bersama dengan aneka lauk pendampingnya.

Nah jika anda berencana akan membuat pecel sayur sendiri di rumah, silahkan simak beberapa ide pilihan sayuran segar yang enak untuk dijadikan sebagai bahan membuat pecel sayur, berikut beberapa yang terekomendasi.

1/ Sayur kol

Sayur kol pada umumnya bisa anda sajikan dalam kondisi mentah atau segar yang diiris tipis-tipis seperti untuk pelengkap makan soto, mia ayam bakso, bakso hingga mencampur mie goreng dan mie kuah. Namun jika anda menginginkan sayur ini dibuat menjadi pecel sayur maka lembaran-lembaran kol terlebih dahulu direbus setengah matang dengan menyeduh memakai iar panas seperti halnya sayur-mayur lainnya untuk bahan membuat pecel sayur. Selanjutnya tinggal tata dalam mangkok saji lalu siram dengan sambal kacang dan taburi bawang goreng. Nikmat disantap sebagai teman makan nasi bersama dengan kerupuk udang.

2/ Sayur kangkung

Anda bisa menggunakan daun kangkung beserta batang mudanya untuk beragam jenis masakan termasuk bahan membuat pecel sayur. Jika memiliki kangkung berjenis kangkung rawa yang berbatang besar maka anda bisa belah dua terlebih dahulu  atangnya sebelum dicuci lalu direbus hingga lunak dan pastikan tidak ada serangga yang bersarang di dalam rongga batang. Rebus bagian batang terlebih dahulu hingga lunak atau kalau suka setengah matang saja baru masukkan daunnya karena daun kangkung sangat mudah matang jika bandingkan dengan batang kangkung. Selanjutnya tata dalam piring saji dan siram dengan sambal kacang dan disantap bersama dengan nasi dan lauk-pauk lainnya seperti ikan pindang goreng bumbu balado.

3/ Sayur labu siam

Pilihlah sayur labu siam segar yang masih muda berukuran sedang karena jenis ini memiliki daging yang lebih empuk dan tidak terlalu banyak mengeluarkan getah saat dikupas. Selanjutnya potong-potong ukuran sedang kotak-kotak lalu rebus hingga empuk pertanda sudah matang. Tata dalam mangkok saji dan selanjutnya siran dengan bumbu pecel. Makan dengan kerupuk lebih nikmat.

4/ Sayur daun kenikir

Yang dimanfaatkan adalah bagian pucuk daun yang berusia muda, cukup dipetik satu per satu lalu cuci dengan bersih kemudian direbus hingga benar-benar matang. Sedangkan sambal kacangnya bisa anda buat sesuai selera anda dan keluarga, ada yang menyukai rasa lebih manis, tinggal tambahkan gula aren/gula jawa atau yang suka rasa segar bisa diberi tambahan air asam jawa dan cita rasa super pedas dengan memakai beberapa cabe rawit merah.

5/ Sayur tauge

Agar mendapatkan cita rasa sayur yang lebih enak yaitu empuk, maka disarankan terlebih dahulu rebus tauge dengan air bersih hingga mendidih dan sayur mulai terlihat agak layu, jangan terlalu matang agar rasa renyah tauge tetap terjaga. Pilihlah jenis tauge yang bertangkai panjang karena akan mantap menyatu dengan sambal kacang. Pecel tauge cocok dimakan dengan lauk pendamping berupa ikan laut goreng dan sambal terasi.

6/ Sayur kacang panjang

Untuk jenis sayur berupa kacang panjang, potong-potong terlebih dahulu kacang panjang sepanjang 2 ruas jari anak remaja atau sesuai dengan selera anda barulah dicuci bersih untuk selanjutnya direbus hingga matang dan tiriskan. Tata dalam piring saji lalu siram dengan sambal kacang pedas dan taburan bawang goreng. Rasanya enak dan segar. Bisa disantap dengan ketela pohon rebus yang dipotong-potong dadu lalu diaduk bersama dengan kelapa parut yang diberi garam. Ini adalah salah satu makanan khas warga di Bali.

7/ Sayur mentimun

Agar lauk yang anda makan untuk santap di siang hari berasa segar maka anda bisa memilih menggunakan mentimun sebagai isian sayur pecel yang dibuat dengan siraman sambal kacang yang super pedas. Rasanya seperti rujak cingur bila ditambah irisan tahu dan tempe goreng.

8/ Sayur kemangi

Sayur kemangi tidak boleh terlewatkan untuk segala jenis makanan bersayur yang disantap dengan cara diguyur saos atau disajikan dengan siraman sambal berkuah kental seperti pecel sayur. Pilihlah daun kemangi yang segar dan berusia tua rasanya lebih renyah dan beraroma tajam yang semakin sedap disantap bersama dengan lauk-pauk dari bahan dasar ikan laut.

9/ Sayur bayam

Petik daun bayam segar bersama dengan sedikit bagian batang yang mudah empuk jika direbus. Siram dengan air panas sebentar saja agar daun bayam terlihat layu dan menjadi empuk lalu angkat dan tata dalam piring saji untuk selanjutnya disiram dengan sambal kacang. Jadilah pecel sayur bayam yang enak.

10/ Sayur bunga turi

Pecel sayur dengan bahan isian berupa kembang turi ini merupakan salah satu jenis pecel sayur khas daerah Madiun. Kembang turi banyak tumbuh dengan subur di wilayah ini sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya dengan gratis. Kembang turi yang segar bercita rasa agak pahit-pahit manis segar sehingga rasa pecel yang akan dihasilkan pun menjadi sedikit berbeda dengan pecel sayur lainnya. Namun justru karena menyumbang rasa yang agak pahit inilah menjadikan pecel sayur ini terenak disantap dengan siraman sambal kacang super pedas. Seperti tauge, seduh kembang turi dengan air panas sebelum disajikan. Rasanya mantap.

11/ Sayur wortel

Sayur yang satu ini dikenal sebagai sayur yang memiliki warna kulit danging sangat cantik yaitu oranye dengan cita rasa manis dan segar. Bisa diolah menjadi bahan untuk membuat pecel sayur yaitu dengan mencuci bersih sayuran tanpa dikupas kulitnya lalu potong bulat tipis-tipis dan rebus di dalam air bersih. Setelah matang langsung tata dalam piring saji untuk disiram dengan sambal kacang dan taburan bawang goreng. Disantap dengan sepiring nasi hangat ditemani dengan telur balado.

12/ Sayur terong bulat

Sayur terong bulat banyak tumbuh subur di beberapa daerah pedesaan di Bali yang memiliki banyak manfaat sebagai olahan masakan khas Nusantara, salah satunya adalah cocok dijadikan sebagai bahan membuat pecel sayur. Cuci bersih sayur lalu belah menjadi dua bagian dan rebus setengah matang saja. Kemudian hasilnya tata dalam piring saji untuk selanjutnya disiram dengan sambal kacang dan tambahan bahan pelezat seperti taburan bawang goreng. Rasanya tradisional sekali.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Tahukah Anda, Ini Adalah 12 Jenis Sayur Untuk Dijadikan Bahan Pecel Yang Enak ”. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 39
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel