Mengenal 6 Jenis Saus Pasta Homemade Ala Orang Italia yang Sangat Terkenal di Dunia

8 Nov 2021 14:12 253 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Mengenal 6 jenis saos pasta homemade ala orang Italia yang sangat terkenal di dunia

Apakah anda adalah seorang pekerja kantor yang memiliki setumpuk aktivitas padat di luar rumah ? Tentulah anda mempunyai sedikit waktu luang untuk melakukan hobi memasak di dapur dan jika sedang terburu-buru oleh waktu, apa yang dapat anda lakukan untuk hal-hal kecil seperti melakukan sarapan pagi yang wajib ? Tentu akan membutuhkan banyak waktu untuk membuat sepiring nasi goreng seafood, namun jangan khawatirkan tentang kondisi ini yang sudah terbiasa terjadi di kota-kota besar di Indonesia seperti juga terjadi di dunia. Mulai sekarang biasakan perut anda berteman dengan sarapan pagi tanpa nasi yaitu meniru gaya hidup ala orang Italia yang suka menyantap pasta. Cara memasaknya simpel, hanya ditambah dengan siraman saos sudah bisa langsung dimakan, rasanya enak dan mampu mengenyangkan perut.

Berdiskusi tentang saos pasta terkait dengan penjelasan kami tersebut di atas, saos pasta umumnya disantap dengan memadukannya bersama dengan pasta dan variannya. Secara garis besar di Italia mengenal 6 jenis saos pasta homemade yang masing-masing memiliki kelebihan dalam hal rasa, penampilan, bahan-bahan yang digunakan untuk meracik dan ciri khas yang menonjol dari masing-masing pasta tersebut. Dari Italia selanjutnya saos pasta homemade ini berkembang dan dikenal hingga ke mancanegara termasuk di Indonesia. Untuk mengetahui apa saja jenis saos pasta homemade ala orang Italia yang sudah sangat melegenda tersebut, silahkan menyimak penjelasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

1/ Saos pasta homemade : pesto

Saos pasta homemade bernama saos pesto ini merupakan saos pasta yang pertama kali tercipta di wilayah Genoa di Italia Utara. Memiliki ciri khas tersendiri yaitu saosnya berwarna hijau cerah. Saos pesto diracik dari bahan-bahan yang sangat sederhana ada di dapur orang Italia seperti daun basil, bawang putih, kacang pinus dan keju parmesan. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dihaluskan kecuali keju. Selanjutnya bahan-bahan yang sudah halus ditumis dengan memakai minyak olive barulah ditambahkan keju parmesan dan dimasak hingga mengeluarkan aroma wangi khas daun basil. Warna hijau cerah yang dihasilkan bersumber dari warna daun basil yang hijau cantik dan segar. Sedangkan kacang pinus dan keju menjadikan saos terasa lebih gurih. Saos ini bisa disantap setiap hari untuk menu pasta sarapan pagi hingga makan siang dan makan malam karena selain bercita rasa lezat juga menyehatkan tubuh.

2/ Saos pasta homemade : bolognese

Seperti mendengar namanya, saos Bolognese berasal dari Italia. Pada umumnya warga Italia menyajikannya bersama dengan pasta jenis fettucini. Bahan-bahan aslinya adalah cincangan daging sapi, bawang putih dan wortel. Selanjutnya semua bahan-bahan tersebut ditumis dengan mentega dan diberi tambahan berupa kaldu daging atau kaldu ikan. Setelah matang dengan mengaduk-aduk, diberi secukupnya campuran cream dan keju parmesan agar memiliki tekstur lebih lembut. Saat ini saos Bolognese di restoran-restoran mewah mulai dimodifikasi dengan penambahan susu dan buah tomat segar. Beberapa orang lebih menyukai saos Bolognese ditambahkan dengan white wine yang segar. Namun seberapa banyak bahan-bahan tambahan yang digunakan untuk memodifikasi saos yang asli, disarankan untuk tetap memakai bahan utama membuat saos ini yaitu daging cincang dan bukan cincangan buah tomat.

3/ Saos pasta homemade : carbonara

Saos carbonara pertama kali diciptakan di kota Roma yaitu sekitar tahun 1944. Saos ini tampil beda dari saos sejenisnya yaitu memiliki warna putih yang terbuat dari bahan dasar kuning telur dicampur dengan keju parmesan, bawang putih, lada dan beef bacon. Pada beberapa restoran di Roma suka menambahkan heavy cream ke dalam bahan utama agar menghasilkan saos yang lebih kental. Seluruh bahan yang digunakan selanjutnya ditumis dengan memakai minyak olive hingga mengental. Carbonara sejatinya memiliki warna putih pucat dan sangat kental. Agar tampilan tidak terlalu pucat, maka banyak chef profesional menambahkan bahan lainnya ke dalamnya seperti sosis, smoked beef atau bacon sehingga penampilan saos ini menjadi lebih menarik dan rasanya pun lebih ramai. Kandungan protein di dalam saos sangat besar sehingga bisa difungsikan sebagai penyumbang gizi terbanyak untuk tubuh jika disantap setiap hari.

4/ Saos pasta homemade : alfredo

Saos pasta homemade yang keempat adalah saos alfredo merupakan saos terbaik didampingkan dengan pasta jenis fettucini yang kerap disajikan bergaya ala orang Italia-Amerika. Pertama kali saos ini ditemukan oleh seorang pemilik restoran ternama di kota Roma yaitu sekitar awal tahun 1914 bernama Alfredo di daerah Lelio. Bahan utama membuat saos ini sangat sederhana yaitu hanya dari mentega dan heavy cream saja. Kedua bahan ini dimasak dengan cara diaduk-aduk agar tidak menggumpal selama 10 menit hingga terlihat saos mengental dan bertekstur lembut.  

Agar cita rasa saos menjadi lebih gurih, anda bisa menambahkan bawang putih dan taburan keju parmesan. Sekilas penampilan, saos alfredo mirip dengan saos carbonara hanya saja terdapat beberapa perbedaan kecil seperti terletak pada warna saos alfredo yang lebih putih karena tidak mengandung telur. Juga, tekstur saos alfredo lebih lembut dengan rasa gurih yang lebih ringan.

5/ Saos pasta homemade : marinara

Saos marinara adalah sejenis saos tomat ala warga Italia. Pada umumnya saos ini disajikan bersama dengan ragam hidangan Italia-Amerika seperti ravioli. Saos ini bercita rasa segar yaitu ada sensasi pedas, manis dan agak asam. Disebabkan karena adanya penambahan daun herbal. Bahan utama meracik saos ini adalah buah tomat segar yang sudah matang berwarna merah cerah, minyak olive, bawang putih dan daun herbal seperti daun basil, daun mint dan peterseli. Terlebih dahulu tomat ditumis bersama dengan bawang putih, daun herbal dan minyak olive. Kemudian diaduk-aduk hingga tomat membentuk pasta sempurna dan agak mengental. Saos ini paling mudah untuk dibuat di rumah yang bisa membantu pasta anda menjadi sajian istimewa ala restoran mewah.

6/ Saos pasta homemade : aglio eolio

Saos pasta homemade yang terakhir ala orang Italia adalah bernama saos aglio eolio berasal dari masakan rumahan khas warga Naples di Italia. Rasanya gurih dimana saos ini pada umumnya difungsikan sebagai siraman spaghetti. Anda bisa membuat saos ini di rumah, caranya tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan menumis bawang putih cincang, garam dan gula pasir dengan minyak olive. Bila anda adalah penyuka rasa pedas bisa ditambahkan lada hitam bubuk, cincangan parsley dan cabai merah kering. Rasa gurih dari saos diperoleh dari parutan keju ketika disajikan. Seperti pada sepiring spaghetti yang dihasilkan agak sedikit berminyak dengan sensasi pedas dan gurih yang enak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Mengenal 6 Jenis Saos Pasta Homemade Ala Orang Italia Yang Sangat Terkenal Di Dunia ”. Semoga artikel ini menyumbang informasi yang berguna untuk para pembaca.

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 39
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel