Ragam Makanan Khas Italia yang Rasanya Mantap di Lidah

20 Sep 2021 17:20 299 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ragam Makanan Khas Italia Yang Rasanya Mantap Di Lidah

Apakah anda adalah salah seorang penyuka masakan khas Italia ? Seperti diketahui bahwha masakan khas Italia sangat terkenal di Indonesia hingga mancanegara dengan cita rasa yang menonjol yaitu creamy karena menggunakan beberapa bahan utama pengolahan masakan seperti keju, susu, yogurt dan kuning telur. Dijamin sekali mencoba, anda pasti langsung mencintai masakan mereka. Salah satu yang populer dimana-mana adalah pizza dan spageti, namun anda perlu mengetahui jenis makanan khas Italia lainnya yang rasanya tidak kalah gurih dan sangat lezat di lidah dan mulut anda. Cobalah sekali waktu mencicipi tidak hanya hidangan utamanya saja melainkan sajian pencuci mulut memiliki rasa nikmat dan agak unik, cocok dengan lidah orang-orang Indonesia.

Beberapa Ragam Makanan Khas Italia Yang Terkenal Enak

1/ Masakan Italia bernama risotto

Di Indonesia dikenal beragam jenis risotto, namun yang paling terkenal diantara sekian banyak sajian ini adalah risotto klasik. Bahan-bahan utamanya adalah nasi pulen yang dicampur menjadi satu dengan kaldu kental hingga menyerupai pasta bertekstur kasar. Kaldu yang digunakan untuk menyiram bisa dari daging sapi, domba, kuda, atau ayam. Apabila anda adalah salah satu penggemar masakan Italia, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama risotto yaitu menu andalan setiap restoran di Italia. Makanan ini pada umumnya disajikan sebagai hidangan utama. Banyak dipesan untuk menu makan siang atau makan malam.

2/ Makanan khas Italia bernama gelato

Gelato mempunyai rasa yang menyesuaikan dengan berbagai varian dalam tata cara penyajian yang modern. Anda tinggal memilih salah satu rasa yang paling cocok dengan lidah anda. Yang menonjol dari makanan yang satu ini adalah memiliki tekstur yang menyerupai es krim namun agak padat dan tidak mudah cair. Karena melalui proses pembuatan yang diaduk lebih lama memakai tenaga yang besar sehingga menghasilkan tingkat kepadatan yang lebih berat jika dibandingkan dengan es krim biasa. Gelato adalah salah satu masakan Italia yang memiliki fungsi sebagai salah satu hidangan pencuci mulut khas warga Italia.

3/ Masakan khas Italia bernama carbonara

Pada umumnya, carbonara dibuat dengan mencampur bahan utama memakai keju parmesan, susu cair dan mentega. Bahan-bahan tersebut akan menghasilkan cita rasa yang creamy di lidah. Jika anda adalah penggemar spageti, anda pasti pernah dan terbiasa melihat sajian bernama carbonara ini. Makanan ini menjadi salah satu rekomendasi utama dari warga Italia untuk dicicipi ketika anda berlibur ke Italia.

4/ Sajian khas Italia bernama panini

Panini adalah salah satu makanan khas Italia yang wajib untuk anda cicipi jika mendapatkan kesempatan liburan ke sini. Panini cukup unik dalam hal rasa dan tampilan karena memakai roti lapis utuh yang tidak dipotong-potong seperti pizza. Adapun jenis roti yang digunakan adalah michetta, rosetta atau baquette. Roti lapis ini selanjutnya diisi dengan isian salami, keju, tomat maupun tuna. Rasanya nikmat dan menjamin anda yang pertama kali mencicipi akan merasa ketagihan.

5/ Sajian khas warga Italia bernama fettucini alfredo

Yang terkenal dari sajian ini adalah saosnya yang dibuat sangat kental dengan menggunakan parutan keju parmesan dan mentega. Berbeda dengan carbonara, fettucini alfredo memakai pasta yang rata-rata berukuran lebih lebar dimana tersedia dalam beragam varian yang memudahkan anda untuk memilih sesuai dengan kesukaan anda. Makanan ini merupakan salah satu hidangan kuno dan klasik khas Italia yang pertama kali diciptakan pada awal abad ke-20 dengan ciri yang menonjol yaitu tekstur pasta yang lembut dibalut rasa gurih dan lezat sehingga siapa saja yang mencoba sajian ini akan secara langsung menyukainya.

6/ Makanan bernama lasagna

Sajian warga Italia yang kedelapan adalah lasagna dibuat dengan cara dipanggang bersama dengan saos tomat khas Italia dan diberi tambahan tumpukan daging di atas pasta lembut. Cita rasa yang dihasilkan khas semua masakan dari Italia dimana yang membedakan dengan masakan lainnya adalah taburan parutan keju mozzarella dapat memperkuat rasa yang gurih dan creamy. Lasagna termasuk ke dalam kelompok makanan yang diolah menyerupai sajian bernama pasta. Menurut warga Italia, lasagna adalah salah satu masakan tradisional mereka dimana seiring dengan berkembangnya dunia kuliner, lasagna saat ini sudah mempunyai berbagai tambahan variasi modern dengan beragam rasa.

7/ Sajian khas Italia bernama tiramisu

Saat ini tiramisu bisa diolah dengan cara modern yaitu tanpa dipanggang dengan memakai bahan utama berasal dari krim dan putih telur serta rendaman minuman kopi. Sebagai varian rasa ada yang menambahkan taburan keju mascarpone untuk mendapatkan tekstur yang lebih ringan. Tiramisu adalah salah satu hidangan penutup yang menjadi primadona di restoran-restoran Italia, dimana makanan pencuci mulut yang satu ini telah lama diciptakan yaitu sejak tahun 1960. Rasanya yang khas yaitu campuran antara kopi dengan krim menjadikan masakan ini favorit semua orang.

8/ Masakan khas Italia bernama truffle

Truffle adalah salah satu masakan khas Italia yang memiliki tampilan menarik dengan cita rasa masakan yang sangat kuat. Truffle menjadi salah satu menu andalan di semua restoran Italia dimana masakan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang memiliki nilai jual termahal di Eropa. Truffle diolah bersama dengan pasta dan bahan-bahan lainnya yang menciptakan rasa khas masakan Italia.

9/ Sajian khas bernama ravioli

Pada umumnya ravioli disajikan dengan baluran saos kental dan kaldu yang membuatnya menjadi salah satu sajian khas Italia bercita rasa tajam. Beberapa bentuknya sangat unik seperti menyerupai lingkaran, bujur sangkar dan setengah lingkaran. Tidak mengherankan masakan ini mengingatkan anda akan sajian khas Indonesia bernama pangsit.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Ragam Masakan Khas Italia Yang Rasanya Mantap Di Lidah’ dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi berguna bagi para pembaca.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel