Ini Cara Tepat Memasak Rendang Sapi Yang Lezat

17 Sep 2021 14:05 482 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Ini Cara Tepat Memasak Rendang Sapi Yang Lezat

Rendang atau dalam Bahasa Minang dikenal dengan nama randang adalah salah satu jenis masakan tradisional warga Minangkabau di Sumatera yang memakai bahan utama dari daging sapi dicampur dengan santan kelapa sebagai bahan penyedap bersama dengan bumbu rempah-rempah lainnya yang kaya rasa. Masakan berminyak dengan citarasa pedas dan gurih ini sangat banyak memiliki penggemar di Indonesia hingga mancanegara sehingga dimana-mana sangat mudah menemukan rumah makan Padang seperti di kota-kota besar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang hingga di Cina. Masakan ini populer dengan nama rendang Padang meskipun yang sebenarnya masakan ini berasal dari daerah Minangkabau.

Pada sebuah survey global yang dilakukan oleh beberapa chef profesional di beberapa resto di Jakarta dilakukan tahun 2011 dan 2017 lalu, rendang sapi ternyata berhasil menduduki peringkat pertama daftar makanan terlezat di seluruh dunia. Tentunya sebagai orang Indonesia, anda patut merasa bangga atas pengakuan tersebut.

Dengan menyebarnya kuliner Minang ke berbagai penjuru Indonesia selama bertahun-tahun mampu mendorong popularitas sajian tradisional ini menjadi sebuah ikonik. Sehingga tidak mengherankan apabila istilah masakan Padang selalu dihubungkan dengan kehadiran rendang yang diutamakan. Pada perkembangan selanjutnya, masakan asli orang Minang ini penyebarannya melampaui wilayah Indonesia alias sudah tidak asing di lidah turis mancanegara seperti Singapura, Malaysia hingga Eropa dan Amerika. Ini diperkuat lagi dengan program diplomasi kuliner Indonesia yang selalu aktif membuat kemajuan dan berinovasi secara langsung mencakup keseluruhan faktor pendukung perkembangan kuliner Nusantara yang semakin mendunia.

Hal-hal tersebut di atas tentu saja bisa mendorong anda untuk bisa memasak dan menyajikan sendiri hidangan legendaries ini di rumah sebagai menu sehari-hari teman makan nasi pada hari-hari biasa ataupun untuk buka puasa ketika bulan Ramadan tiba. Juga karena kecintaan terhadap ragam masakan Nusantara, rendang bila dimasak dengan cara yang tepat maka akan menghasilkan cita rasa yang sempurna yaitu agak kering, keras di luar lembut di dalam dan tidak gosong.

Maka dari itu jika ingin memasak rendang di rumah dengan hasil seperti menu rendang ala resto-resto mewah, maka anda wajib mencari tahu beberapa tips tentang bagaimana cara memasak rendang sapi yang benar, seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Aduk-aduk rendang secukupnya saja pelan-pelan

Potongan rendang sapi dimasak dalam bumbu yang banyak dimana daging sapi tidak perlu diaduk-aduk secara terus-menerus agar tidak mudah hancur. Rendang sapi perlu diaduk-aduk sesekali saja agar tidak mudah menjadi kering alias gosong. Tentu saja di sini butuh kehati-hatian dalam mengaduknya agar bentuk potongan daging tetap terjaga cantik dan menarik.

2/ Masak rendang dengan memakai api kecil

Agar bumbu dari beragam rempah khas Nusantara benar-benar meresap dengan sempurna ke dalam serat daging dan daging menjadi empuk, rendang sebaiknya dimasak dengan memakai api kecil selama beberapa jam. Kalau anda menyukai rendang yang agak kering, maka masaklah selama 5 hingga 6 jam. Sedangkan jika menginginkan untuk memasak rendang yang basah, masak daging sekitar 4 jam saja. Bila anda hanya memasaknya selama 3 jam saja maka yang didapatkan bukanlah rendang, melainkan kalio daging yang basah dicampur kuah santan kental dengan bumbu membalur dalam jumlah banyak. Menjadi masakan baru yang rasanya mirip rendang basah.

3/ Pakai jumlah santan dalam jumlah yang cukup

Seperti diketahui bahwa santan merupakan salah satu bahan utama yang dapat memberikan cita rasa gurih karena campuran bumbu dengan daging sapi rendang. Maka dari itu, penggunaan santan dalam jumlah yang pas akan memegang peranan penting dalam hasil akhir rendang yang sedang anda masak. Biasanya perbandingan antara daging dengan santan adalah 1 : 3 yaitu setiap 1 kg daging sapi setara dengan santan kental dari 3 butir kelapa dewasa. Jika anda menyukai sajian yang serba pedas, bisa membuat rendang pedas yaitu setiap 1 kg daging sapi bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental dari 4 butir kelapa tua.

4/ Olah daging sapid an bumbu dengan cara yang benar

Untuk bisa memperoleh cita rasa bumbu rendang yang sempurna, sebaiknya bumbu rendang dibuat dari mencampur bahan-bahan segar yang dihaluskan dengan cara digiling hingga membentuk pasta kental dan bukan dengan cara menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tuang santan untuk kemudian direbus bersama dengan bumbu pasta halus. Setelah agak mengental dan mulai mengeluarkan minyak, barulah daging sapi yang dipotong-potong dimasukkan ke dalamnya untuk dimasak hingga matang.

5/ Pakai bagian daging sapi yang tepat untuk rendang dengan hasil optimal

Ciri khas rendang adalah dimasak dalam waktu yang lama agar bumbu benar-benar meresap secara merata ke dalam daging. Maka dari itu, rendang sapi biasanya menggunakan bagian daging yang padat seperti bagian paha terutama paha bagian luar. Hindari penggunaan bagian daging lunak seperti has dalam karena jenis ini mudah sekali hancur bila dimasak dalam jangka waktu yang cukup lama sambil diaduk-aduk.

Nah, jika anda ingin masakan rendang menjadi sajian dengan rasa enak dan tampilan menarik, yuk terapkan 5 tips tersebut di atas saat mencoba resep rendang sapi di rumah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Ini Cara Tepat Memasak Rendang Sapi Yang Lezat’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi yang berguna bagi para pembaca.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel