Bahan Makanan yang Kaya Omega 3

7 Sep 2021 08:30 806 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Bahan Makanan Yang Kaya Omega 3

Kebutuhan akan gizi harian bagi tubuh anda bukan hanya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan mineral tetapi tubuh anda juga membutuhkan asupan asam amino dimana salah satu jenis asam amino yang penting utuk tubuh adalah omega 3. Sayangnya hingga saat ini masih banyak orang yang belum mampu memahami manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh. Padahal asupan omega 3 sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan setiah hari.

Ragam Manfaat Dan Khasiat Omega 3 Bagi Tubuh

Sebelum anda mengenal aneka bahan makanan yang banyak mengandung omega 3, berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat dan khasiat omega 3 bagi tubuh manusia, antara lain sebagai berikut :

  • Menjaga kesehatan otak.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.
  • Mempercepat penyembuhan radang.
  • Mempertahankan kesehatan tulang.
  • Meningkatkan kualitas tidur.

Mengenal 5 Bahan Makanan Yang Kaya Omega 3

Setelah anda mengetahui beragam manfaat omega 3 tersebut di atas, kini saatnya anda mengenal beberapa jenis bahan makanan yang diketahui banyak mengandung nutrisi ini. Sangat mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat, antara lain sebagai berikut :

1/ Aneka sajian dari laut

Aneka hidangan laut seperti ikan, kerang, udang dan cumi-cumi kaya akan kandungan omega 3. Jenis ikan pun beragam jumlahnya mulai dari salmon, sarden, tuna hingga ikan kembung. Proses pengolahan hidangan laut memang mudah dilakukan sehingga cocok disajikan setiap saat. Agar tidak mengandung lemak berlebihan, sebaiknya anda mengolah hidangan laut dengan cara dibakar, dikukus, atau dijadikan sebagai sup.

2/ Margarin

Apabila anda ingin bahan makanan praktis yang kaya akan kandungan omega 3 maka jawabannya adalah menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk bahan mengolah semua jenis masakan anda di rumah. Margarin Blue Band diperkaya akan kandungan gizi lainnya seperti vitamin A, B1, B2, D, E dan omega 6. Anda bisa menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk membuat sarapan, aneka masakan dan pelengkap membuat kudapan ringan. Citarasa dan aroma dari margarin akan membuat kreasi makanan anda terasa makin istimewa.

3/ Susu dan produk turunannya

Di samping kaya akan kandungan kalsium dan protein, susu dan produk-produk turunannya juga banyak mengandung omega 3. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk turunan susu seperti yogurt dan keju. Cita rasa produk turunan susu yang beragam ini memang cocok dimanfaatkan untuk membuat aneka hidangan yang selain menyehatkan juga bercitarasa lezat. Dijamin keluarga anda tidak akan pernah bosan menantikan kreasi hidangan berbahan dasar susu dan produk turunannya.

4/ Telur ayam

Bahan makanan yang satu ini paling sering diolah untuk menu makan sarapan pagi. Telur ayam tidak hanya mengandung protein dan mineral saja melainkan juga banyak terdapat kandungan omega 3. Konsumsilah telur secara teratur bisa menjadi solusi guna memenuhi kebutuhan omega 3 di dalam tubuh. Cara mengolahnya pun sangat praktis dan bisa disesuaikan dengan selera keluarga tercinta.

5/ Kacang-kacangan

Jangan malas untuk mengolah kacang-kacangan menjadi beragam sajian lezat karena kacang-kacangan tidak hanya mengandung protein dan vitamin E, tetapi juga mengandung omega 3. Meskipun demikian disarankan anda tidak terlalu sering menyantap makanan sebagai hasil olahan bahan kacang-kacangan yang digoreng agar tubuh tidak menimbun asupan kalori dalam jumlah yang berlebihan. Sebagai gantinya, anda masih bisa menikmati kacang yang dipanggang atau diolah menjadi susu.

Nah apakah selama ini anda dan keluarga sudah mencukupi untuk mengumpukan asupan omega 3 dalam jumlah seimbang bagi tubuh ? Belum terlambat untuk melakukannya. Mulai sekarang, marilah mengkonsumsi aneka makanan yang kaya akan kandungan omega 3 demi untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Bahan Makanan Yang Kaya Omega 3’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel