Cara Merawat Bunga Mawar

1 Sep 2021 15:20 228 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Cara merawat bunga mawar.

Apakah anda pernah mendapati tanaman bunga mawar yang anda tanam di halaman rumah tiba-tiba tampak layu, atau berdaun lebat namun tidak ada bunga yang bermekaran ? Mungkin cara anda merawatnya tidak benar sehingga tanaman bunga mawar kurang tumbuh secara maksimal dan menghasilkan bunga yang tampak jarang. Lalu bagaimana cara merawat tanaman bunga mawar agar tumbuh dengan baik dan bisa sering menghasilkan bunga.

Berikut cara merawat bunga mawar.

1/ Penyiraman tanaman bunga mawar

Kebutuhan tanaman akan air yang ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan tanaman mawar tersebut tentang seberapa banyak air yang menjadi asupan setiap hari. Air merupakan salah satu sumber kebutuhan utama dari tanaman mawar sehingga sebaiknya melakukan penyiraman secara rutin.

Penyiraman disarankan dilakukan pada waktu pagi dan sore hari sehingga tanaman mawar memiliki cadangan air untuk menghadapi terik pada siang hari. Penyiraman dilakukan jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Jika penyiraman tanaman mawar terlalu sedikit maka bisa mengakibatkan tanaman mawar menjadi lekas kering, layu dan selanjutnya bisa mati, begitu pula sebaliknya jika terlalu banyak dalam penyiraman maka bisa mengakibatkan pembusukan pada akar tanaman bunga mawar.

Penyiraman tanaman bunga mawar disarankan dilakukan pada bagian bawah tanaman dan jangan terlalu basah sampai menggenangi media tanam karena dapat membuat pembusukan akar sehingga memudahkan berbagai macam penyakit menyerang.

2/ Pengendalian hama dan penyakit

Anda harus sering mengontrol tanaman bunga mawar dari hama dan tanaman gulma agar nutrisi dalam tanah tidak terbagi-bagi dengan tanaman lainnya seperti gulma atau rumput liar sehingga bisa menghambat pertumbuhan dari tanaman bunga mawar tersebut. Berikan campuran tanah dengan pupuk untuk menjaga keseimbangan tanah dan bisa memberikan nutrisi pada tanaman bunga mawar itu sendiri. Lakukan penyiangan sesering mungkin demi menjaga tanaman mawar dari tanaman pengganggu.

3/ Penyinaran matahari

Masing-masing jenis tanaman sangat membutuhkan sinar matahari sebagai metabolisme guna melakukan proses fotosintesis, dimana setiap tanaman mempunyai kebutuhan akan sinar matahari yang berbeda-beda seperti tanaman buah dan sayuran yang memerlukan sinar matahari sekitar 2 jam per hari. Khusus untuk tanaman hias terutama bunga mawar membutuhkan sinar matahari secara langsung sekitar 3 sampai dengan 4 jam perhari, dengan begitu tanaman bunga mawar anda akan rajin berbunga dengan kualitas yang baik. Jika tanaman bunga mawar dibudidayakan di tempat terbuka maka sebaiknya diberi peneduh seperti atap guna menjaga kelembaban tanah dan udara di sekitarnya.

4/ Pemupukan terhadap tanaman bunga mawar

Kebun mawar anda membutuhkan tambahan nutrisi guna pertumbuhan yang baik agar bisa terus berbunga, pemberian nutrisi yang bagus adalah dengan memberikan nutrisi yang alami bagi tanaman, untuk itu gunakan pupuk alami seperti pupuk kandang, kompos alami serta jauhkan dari perawatan dengan memakai bahan-bahan kimia. Mengaplikasikan pupuk alami lebih disarankan oleh para ahli tanaman karena berfungsi lebih bagus dalam pertumbuhan tanaman dan lebih tahan terhadap beragam penyakit. Pupuk alami lebih banyak kandungan unsur hara seperti nitrogen, fosfor, magnesium, kalium dan juga kalsium yang menyebabkan tanaman bunga mawar anda bisa tumbuh dengan maksimal.

5/ Pemangkasan ranting dan daun

Perlu melakukan pemangkasan ranting dan daun pada dahan yang terlihat tua karena merupakan salah satu bagian tanaman yang sifatnya tidak produktif, pemotongan dilakukan dengan menggunakan benda-benda tajam agar tidak menimbulkan banyak luka pada batang pohon yang bisa menyebabkan munculnya penyakit. Potonglah dahan tua dengan cara lurus dan hindari dipotong miring. Pemangkasan dahan ranting tua dan daun-daun tua ini memiliki tujuan untuk menghasilkan kuncup bunga mawar yang lebih banyak, dengan begitu tanaman bunga mawar anda akan terlihat indah dengan kuncup bunga bermekaran yang lebih banyak.

Dengan banyaknya ranting pada batang tanaman akan menyebabkan makanan untuk nutrisi tanaman menjadi lebih banyak diserap oleh ranting dan daun sehingga bunga menjadi kalah dan tumbuh sedikit, maka dari itu pemangkasan ranting dan daun tua perlu dilakukan agar tidak terjadi perebutan makanan pada tunas bunga.

6/ Pemberian nutrisi tambahan

Pemberian nutrisi tanaman perlu untuk dilakukan agar pertumbuhan tanaman bunga mawar menjadi sempurna, beragam nutrisi seperti nitrogen, fosfor, potasium, kalsium, magnesium, dan sulfur sudah secara otomatis ada di dalam tanah, dimana untuk mempertahankan perlu diberikan pupuk ke dalam tanah serta lakukan pergantian tanah secara berkala. Pemberian nutrisi ini akan menjadikan tanaman bunga mawar anda tumbuh dengan maksimal, subur, tidak mudah layu dan tahan terhadap berbagai macam penyakit.

7/ Jagalah kebersihan tanaman

Dengan menjaga kebersihan tanaman menjadi sangat penting untuk menghindari hama dan penyakit serta tanaman gulma. Bersihkan benda-benda yang tidak mudah diurai seperti kaleng-kaleng bekas atau plastik untuk menjaga pertumbuhan bunga mawar menjadi lebih optimal. Bersihkan juga dari tanaman gulma dan jangan lupa untuk memangkas dahan ranting dan daun yang terlihat tua secara berkala, dimana pemangkasan ini memiliki tujuan agar tanaman bunga mawar terlihat rapi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Merawat Bunga Mawar’ yang dirangkum dari sebuah sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel