Ragam Jajanan Kaki Lima Khas Yunani

19 Aug 2021 16:25 868 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ragam jajanan kaki lima khas Yunani yang populer di mancanegara.

Terletak di dekat perbatasan antara Eropa dan Timur Tengah, Yunani merupakan salah satu negara di Erpa Tenggara yang terkenal dengan objek wisata kuliner terpopuelr di dunia. Ada banyak aneka makanan yang lezat tersedia hampir di setiap sudut kota-kota besar Yunani, mulai dari sajian berat hingga camilan-camilan pinggir jalan mempunyai cita rasa yang menggoda untuk dicicipi oleh siapa saja yang berkunjung ke tempat ini dimana ragam makanan dan camilan tersebut selalu menggoda dengan perpaduan bumbu khas Eropa dan Timur Tengah yang unik.

Di samping itu, kudapan khas Negeri Para Dewa ini juga terkenal menyehatkan. Perpaduan aneka sayuran, daging, keju, dan rempah-rempah menjadi populer sebagai sajian khas Yunani yang sangat cocok disantap sekalipun bagi anda yang sedang melakukan diet ketat.

Jadi ketika anda bertandang ke Yunani, jangan lupa untuk berburu objek wisata kuliner ala jajajan kaki lima khas Yunani berupa aneka kudapan yang rasanya lezat dan tentu saja menyehatkan.

Berikut kami rangkum beberapa nama jajanan kaki lima yang lezat dan menyehatkan khas Yunani sebagai ikon wisata kuliner yang tidak pernah sepi penggemar.

1/ Spanakopita

Spanakopita merupakan kudapan sejenis kue Pie yang memang populer di Yunani sebagai camilan manis di waktu pagi hari. Terbuat dari pastry berisikan bayam dan keju feta yang dipanggang, kudapan ini mempunyai cita rasa gurih dan asin yang menggugah selera. Selain berisikan sayuran segar, pastry gurih ini juga sering dikombinasikan dengan isian lain seperti daging ayam, ikan dan telur rebus.

2/ Souvlaki

Populer sebagai kebab ala Yunani, Souvlaki terbuat dari potongan daging domba atau sapi yang dipanggang dengan baluran beraneka rempah. Dikombinasikan dengan sayuran seperti paprika dan bawang bombay menjadikan Souvlaki memiliki cita rasa yang enak, juicy dan gurih. Guna menambah kelezatan kebab, kudapan berbentuk menyerupai sate di Indonesia biasanya disajikan bersama dengan selembar roti pita panggang, mayonnaise, hingga keju yang creamy.

3/ Kioftedes

Kioftedes merupakan salah satu sajian khas Yunani yang memiliki bentuk bola-bola kecil terbuat dari daging sapi atau babi giling. Tak hanya itu saja, Kioftedes juga dicampur dengan parutan kentang lalu digoreng hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Biasanya dijual sebagai kudapan siang maupun sore hari, cake ini wajib disajikan bersama dengan kentang goreng, salad dan cream sauce yang gurih.

4/ Falafel Sandwich

Sesuai dengan namanya, cake yang satu ini merupakan sejenis roti lapis khas Yunani yang di dalamnya berisikan Felafel atau bola-bola dari campuran chickpea dan kacang fava, sayuran dan saos krim nan gurih. Di samping bercita rasa lezat dan mengenyangkan, Falafel Sandwich juga merupakan jajanan kaya akan kandungan gizi dan serat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Bahkan kudapan ini kerap disajikan sebagai menu alternatif bagi orang yang sedang melakukan diet sehat.

5/ Koulouri

Koulouri merupakan salah satu jenis pengembangan dari kue Bagel yang dapat dengan mudah anda temukan di berbagai wilayah kota-kota besar di Yunani. Kenali tekstur kue ini yang garing dan sangat renyah ketika digigit, Koulouri terbuat dari bahan tepung, ragi, minyak zaitun, dan taburan wijen yang dipanggang hingga mengeluarkan tekstur benar-benar kering. Selain bercita rasa gurih dan asin, ada juga Koulouri dengan memakai bahan-bahan lainnya yang dijamin mampu menggugah selera makan anda seperti cokelat, keju, dan saos Tahini khas Yunani.

6/ Bougatsa

Apabila ingin mencicipi kudapan khas Yunani yang melegendaris dan tidak terlalu mengenyangkan perut ini maka anda bisa mencoba mencicipi Bougatsu yang memiliki cita rasa manis dan legit. Bougatsa sendiri merupakan salah satu jenis pastry yang berisikan custard creamy terbuat dari campuran susu, krim dan kuning telur. Penyajiannya adalah bersama taburan gula halus dan bubuk kayu manis yang mengeluarkan aroma wangi. Karena rasa manisnya yang sangat kuat, biasanya Bougatsa dihidangkan dengan segelas kopi pahit.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Ragam Jajanan Kaki Lima Khas Yunani’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga anda tertarik.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel