Cara Membuat Susu Almond Enak dan Sarat Gizi

27 Jul 2021 16:20 365 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara membuat susu almond enak dan sarat gizi. 

Kacang almond adalah salah satu biji buah yang berasal dari pohon almond. Memiliki nama ilmiah yaitu prunus dulcis dimana pohon ini aslinya berasal dari daerah Timur Tengah, India, dan menyebar ke seluruh daerah di Afrika Utara. Dimana saat ini pohon almond banyak dibudidayakan di daerah-daerah lain seperti Amerika Serikat, Spanyol, Australia, Iran, dan Maroko.

Kacang almond menyimpan cita rasa yang beragam, mulai dari rasa manis hingga gurih namun pahit. Almond yang rasanya manis bisa secara langsung dimakan sedangkan yang pahit biasa dimanfaatkan untuk membuat minyak almond yang sering dipakai untuk menambah cita rasa pada makanan. Mereka biasanya dimakan mentah-mentah namun ada banyak orang yang menjadikannya bumbu untuk siraman salad atau casserole dan hidangan lainnya.

Saat ini kacang almon dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat susu almond atau disebut badam yang sangat digemari sebagai salah satu makanan alternatif para pejuang diet karena rasanya yang gurih, sangat rendah kalori, dan mudah dikreasikan dengan menu lainnya. Namun karena harga susu almond yang relatif mahal, banyak yang mencoba membuat sendiri susu almond di rumah. Agar tidak menjadi gagal, sebelumnya silahkan simak beberapa tips membuat susu almond di rumah.

1/ Gunakan kacang almond mentah yang terlihat masih segar

Hindari sembarangan membeli kacang almond yang tersedia di pasar. Pilihlah blanched almond yang telah dikupas dalam artian sudah tidak mengandung nutrisi berupa lemak baik yang terkandung di dalam bijinya. Selanjutnya almond tetap bisa dibuat menjadi susu, tetapi mendapatkan cita rasa yang agak berbeda dan tidak segurih almond yang belum melalui proses penglupasan. Almond yang masih segar akan mudah mengembang dan bertambah besar setelah direndam semalaman.

2/ Rendam dulu almond sebelum dihancurkan

Kumpulkan biji-biji almond yang dikenal banyak kandungan nutrisi yang melimpah dalam jumlah secukupnya untuk menjadi susu. Biasanya kandungan nutrisi di dalam biji almond dilindungi oleh enzim yang memiliki tugas untuk menjaga kandungan nutrisi di dalam daging biji agar tidak mudah hilang selama anda menunggu masa tumbuh kembang berikutnya. Berikutnya adalah enzim harus dilepaskan dengan cara merendam biji hingga 8 sampai dengan 12 jam atau dengan memanggang biji pada suhu tertentu yang tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kandungan lainnya. Merendam juga berfungsi untuk melunakkan kacang almond sehingga menjadi lebih mudah ketika akan dihancurkan.

3/ Gunakan blender dengan kecepatan rotasi per menit / RPM yang cukup tinggi

Semakin tinggi kecepatan blender yang digunakan maka biji-biji almond akan menjadi semakin halus dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga air yang akan digunakan nantinya tidak terlalu berbusa dan mempunyai banyak kesempatan untuk menyerap lebih besar nutrisi dibandingkan dengan biji almond dalam kondisi cincangan yang kasar.

4/ Saringlah dengan saringan yang rapat

Gunakan atau pilihlah saringan serapat mungkin agar hasil susu menjadi lebih halus dan tidak menyebabkan gatal-gatal apabila diminum.

5/ Tambahkan secukupnya garam ke dalam susu

Yang terakhir adalah dengan menambahkan sedikit garam pada susu nabati agar mendapatkan rasa gurih dan lebih nikmat. Dimana diketahui bahwa susu almond dan susu nabati lainnya tidak akan memiliki kegurihan yang sama dengan susu hewani yang disebabkan karena susu nabati tidak memiliki lemak dari protein hewani.

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa kacang almond kaya akan kandungan nutrisi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan dari pohon lainnya, sehingga kacang almond termasuk ke dalam kelompok salah satu jenis kacang yang bermanfaat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Menurut penjelsan dari situs yaitu web healthline, di dalam 1 ons atau 28 gram / segenggam kacang almond terdapat : kandungan serat sebesar 3,5 gram, protein 6 gram, lemak 14 gram (9 gram diantaranya adalah lemak tak jenuh tunggl), vitamin E 37 persen dari AKG (angka kecukupan gizi), mangan 32 persen dari AKG, magnesium 20 persen dari AKG, dan sisanya adalah tembaga, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Di dalam segenggam kacang almond tersebut di atas anda bisa mendapatkan begitu banyak nutrisi bermanfaat seperti salah satunya adalah manfaat phytic acid yaitu zat yang mengikat mineral tertentu yang berguna untuk mencegah agar tidak mudah diserap. Ini berarti sejumlah zat besi, zink dan kalsium yang anda peroleh dari kacang almond akan menjadi sedikit berkurang.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Membuat Susu Almond Enak Dan Sarat Gizi’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel