Cara Mencegah Rambut Beruban

27 Jul 2021 13:30 361 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara mencegah rambut beruban. 

Usia yang semakin bertambah menyebabkan mudahnya anda mendapatkan masalah yaitu kerontokan rambut disertai dengan rambut beruban yang juga disebabkan oleh faktor lainnya yang meningkatkan resiko tersebut. Entah itu karena stres, penyakit tertentu, efek samping kemoterapi, ataupun kekurangan nutrisi tertentu, dimana ada sejumlah cara yang bisa diaplikasikan untuk membuat pertumbuhan rambut kembali lancar dengan alami dan anda bebas dari rambut beruban.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa cara untuk mencegah rambut agar tidak cepat rontok sekaligus menjaga warna rambut tetap hitam kemilau alami bebas uban.

1/ Dengan rutin minum jus wortel

Mengonsumsi jus wortel setiap hari berfungsi untuk menjaga rambut tetap dalam kondisi berwarna hitam alami dan sekaligus membantu mengatasi masalah rambut beruban. Jus wortel kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, zat besi, dan antioksidan.

2/ Dengan rutin minum jahe parut dicampur madu

Parut jahe segar yang sudah dikupas bersih lalu ambil airnya saja yang dicampurkan dengan madu asli untuk selanjutnya ditempatkan di dalam toples. Minum 1 sendok teh setiap hari.

3/ Dengan rutin pijat rambut

Pijat rambut secara rutin dengan menggunakan minyak kelapa akan dapat menjaga kondisi rambut tetap tahan panjang, kuat dan hitam bebas uban. Juga bisa memakai campuran antara jus lemon dengan minyak kelapa guna memijat kepala setiap hari dengan lembut akan membantu mempertahankan warna hitam pada rambut atau mengurangi rambut tumbuh uban.

4/ Dengan rutin minum susu mentega / butter milk

Minum susu mentega dengan campuran 2 sendok teh ragi dan secukupnya tepung gandum akan mencegah dan mengobati rambut beruban prematur.

5/ Dengan rutin menggunakan pasta bawang merah

Mengaplikasikan pasta bawang merah ke bagian kulit kepala selama beberapa hari sebelum mandi membantu mengubah rambut abu-abu secara bertahap menjadi hitam kembali.

6/ Dengan rutin makan makanan kaya kandungan protein, besi, mineral yodium, vitamin A dan vitamin B

Mengkonsumsi vitamin A misalnya pada sayuran hijau seperti brokoli, bayam, wortel, dan labu atau buah-buahan berwarna kuning misalnya pisang dan sayuran lainnya seperti tomat dan kembang kol disertai makan sereal, hati, ginjal, yoghurt ragi dan gandum secara rutin ditambah dengan makan makanan yang mengandung protein pada biji-bijian, daging dan kacang kedelai, juga mineral berupa seng, besi dan zat tembaga pada daging merah, almond dan ikan akan membantu mempertahankan warna rambut tetap hitam.

7/ Dengan cat rambut

Jika rambut anda sudah terlanjur memutih, terutama apabila memang sudah saatnya memutih karena faktor usia, maka akan sulit untuk mempertahankan atau merubah warna tetap berwarna hitam. Kalaupun mau dirubah warnanya, bisa dilakukan dengan menyemir rambut dengan pewarna rambut yang diinginkan.

8/ Rutin minum teh rosemary dan teh kamomil

Bagi anda yang ingin menumbuhkan rambut dan menjaga kehitam rambut tetap kemilau alami serta melancarkan peredaran darah maka bisa dilakukan dengan mengkonsumsi teh rosemary merupakan herbal yang tepat dimanfaatkan apalagi jika memang rambut rontok karena terlalu berlebihan uban disebabkan aliran darah yang kurang lancar. Teh rosemary diminum secangkir setiap hari pada waktu pagi atau sore hari seperti direkomendasikan oleh The Illustrated Encyclopedia akan memberikan hasil yang nyata.

Rekomendasi kedua adalah dari Jean Valnet, seorang penulis The Practice of Aromatherapy yaitu dengan menggunakan air kamomil untuk membilas kulit kepala secara rutin sebagai solusi kebotakan dan rambut uban. Siapkan air mendidih sebanyak 1 liter lalu masukkan segenggam bunga kamomil ke dalamnya dan biarkan terseduh selama 20 menit. Setelah 20 menit berlalu, saring dan tunggu menjadi dingin. Barulah digunakan sebagai pembilas kulit kepala sekaligus rambut yang dilakukan setiap hari secara teratur. Hindari bilas menggunakan air bersih setelahnya sebab anda hanya membutuhkan untuk menunggu nutrisi dan kandungan di dalam bunga kamomil meresap sempurna ke dalam kulit kepala.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Mencegah Rambut Beruban’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel