Seperti Apa Jika Saturnus Kehilangan Cincinnya?

5 Jul 2021 09:50 382 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jadi jomblo dong gak pakai cinvin

Fakta planet Saturnus memiliki cincin tentu sudah banyak diketahui hampir semua orang. Tapi apakah kamu tahu? Seperti apa Saturnus tanpa cincin nya? Jawabannya simpel, ya Saturnus akan tampak seperti planet lainnya di Tata Surya, bulat tanpa cincin.

Hehe, mungkin ini terdengar sedikit gurauan. Membayangkan Saturnus tanpa cincin, artinya Ia masih melajang.

Sekarang pertanyaannya, apakah Saturnus bisa kehilangan cincinnya? Jawabannya bisa. Setidaknya itu menurut NASA.

Dalam penelitian NASA berdasarkan observasi Voyager 1 dan Voyager 2, menunjukkan cincin Saturnus mulai memudar. Hal ini disebabkan cincin Saturnus mulai tertarik oleh gravitasi planet itu. Meski sejatinya cincin yang terdiri dari es tersebut dapat mempertahankan bentuknya.

Sesuai pengamatan cincin Saturnus diketahui mulai pudar dan suatu saat ini akan benar-benar hilang. Dan badan antariksa Amerika Serikat tersebut juga punya jawabannya.

"Kami memperkirakan cincin ini terus kehilangan kandungan air setara volume kolam renang standar Olimpiade setiap 30 menit. Dari situ, seluruh sistem cincin ini akan hilang dalam 300 juta tahun," ujar James O'Donoghue dari NASA Goddard Space Flight Center.

"Walau begitu, jika ditambah dengan hasil pengukuran yang dilakukan Cassioni terhadap material cincin yang terdeteksi jatuh ke khatulistiwa Saturnus, maka cincin tersebut hanya punya waktu kurang dari 100 juta tahun," katanya menambahkan.

Sebuah waktu yang singkat bagi seukuran planet yang akan kehilangan cincinnya. Tapi kita beruntung, di generasi sekarang ini kita masih dapat menyaksikan cincin Saturnus di fase pertengahannya.

Jika benar fase cincin sebuah planet ini sementara. Maka berarti kita sudah terlewat fase cincin Jupiter, Neptunus dan Uranus. Ketiga planet tersebut diketahui memiliki cincin tapi sudah tinggal tipis dan pudar.

Gravitasi Saturnus menarik partikel cincin, dan menjadikannya hujan debu yg bisa mengisi penuh kolam renang standar olimpiade setiap 30 menit.

Jadi dinikmati saja momen sekarang ketika ada planet di Tata Surya yang memiliki cincin. Dulu ada Jupiter, Neptunus dan Uranus yang memiliki cincin, tapi kini sudah hilang. Juga Bumi diketahui memiliki cincin.

Sekedar informasi, cincin Saturnus sebenarnya tidak hanya satu. Namun terdiri dari sejumlah lapisan. Jika dirunut dari dalam, ada cincin D, cincin C, cincin B, Cassini Division, cincin A, cincin F, cincin G, dan cincin E.

Cincin yang terdiri dari material batu dan es tersebut, diketahui dalam setiap detiknya telah menghujani planet Saturnus dengan bobot 45000 kg hingga 48000 kg.

Catatan tersebut diketahui berdasarkan data yang dikirim pesawat antariksa Cassini. Sebelum akhirnya pesawat antariksa tersebut mengakhiri misinya dengan "bunuh diri" atau menyelami atmosfer Saturnus.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 43
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel