Beberapa Cara Menetralkan pH Tanah Yang Paling Efektif

13 Apr 2021 15:40 1494 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana cara menetralkan pH tanah secara alami ? Mungkin merupakan pertanyaan yang ada di benak anda ketika anda memilih untuk menjadi seorang petani profesional. pH tanah merupakan sebuah faktor penting yang wajib diperhatikan apabila anda memiliki hobi bercocok tanam. 

Bagaimana cara menetralkan pH tanah secara alami ? Mungkin merupakan pertanyaan yang ada di benak anda ketika anda memilih untuk menjadi seorang petani profesional. pH tanah merupakan sebuah faktor penting yang wajib diperhatikan apabila anda memiliki hobi bercocok tanam. 

pH tanah merupakan tingkat keasaman dan kebasaan dari sebuah tanah yang bisa diukur dengan memakai skala angka dari 1 sampai dengan 14. Dimana skala 1 sampai dengan 7 menunjukkan tanah asam, sedangkan untuk skala 7 hingga 14 adalah untuk tanah basa.

Untuk sebuah tanah dalam kondisi netral ada di kisaran angka 6,5 sampai dengan 7,5 jadi jika ingin memastikan sebuah tanah dikategorikan sebagai tanah yang netral maka harus ada di angka tersebut.

Mengapa pH Tanah Itu Penting ?

Apabila anda memiliki hobi berkebun atau menanam tumbuhan maka pastinya anda tahu kalau rata – rata tanaman akan mampu tumbuh dengan baik pada pH sekitar 6,5 sampai dengan 7,5 atau kisaran pH yang netral sehingga sangat penting untuk membuat pH tanah menjadi netral di kisaran angka tersebut.

Nutrisi yang diperlukan tumbuhan akan bekerja secara optimal apabila pH tanah netral sehingga tumbuhan akan dapat tumbuh dengan sempurna. Ketika pH tanah terlalu asam ataupun terlalu basa akan menyebabkan tumbuhan kurang mampu tumbuh dengan baik. Itulah kenapa pH tanah menjadi sangat penting guna pertumbuhan tanaman yang hendak dikembangbiakkan. Meskipun demikian ada beberapa tumbuhan yang bisa tumbuh di tanah asam dan basa. Contohnya adalah tanah yang ada di daerah dengan curah hujan cukup tinggi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi daripada gurun pasir yang kurang mempunyai curah hujan. Tetapi sering anda melihat beberapa jenis tanaman mampu tumbuh di daerah gurun pasir, nah tanaman tersebut berarti bisa tumbuh di tanah basa.

Cara Menetralkan pH Tanah

Hingga pada pembahasan bagaimana cara menetralkan pH tanah, anda akan kami ajak untuk membahas satu per satu bagaimana cara untuk membuat netral pH tanah.

1/ Air hujan

Apabila tanah yang anda ukur dengan alat ukur tanah memperlihatkan tanah yang sedikit mengandung pH basa maka anda hanya membutuhkan menunggu air hujan turun. Air hujan mempunyai sedikit tingkat keasaman sehingga akan dengan mudah menetralkan tanah dengan memanfaatkan air hujan. Cara untuk menetralkan pH tanah secara alami tidak perlu memakai suplemen dan obat – obatan kimia untuk tanah bersangkutan. Secara alami air hujan mengandung tingkat keasaman sekitar 5,6 dan pH tanah yang berada di sekitaran Indonesia secara alami berada di kisaran 7 sampai dengan 7,5 dimana dengan air hujan ini bisa anda gunakan untuk menetralkan pH secara alami.

2/ Pupuk kompos

Cara alami kedua untuk menetralkan pH tanah yang sangat mendasar adalah dengan pupuk kompos. Pupuk kompos adalah salah satu pupuk alami yang terbuat dari sisa – sisa kotoran hewan atau kotoran tumbuhan yang diolah sedemikian rupa hingga membentuk kompos. 30 persen kondisi tanah memerlukan pupuk kompos ini guna dapat menghasilkan tanah yang bagus dan layak untuk ditanami tumbuhan terutama tanaman yang membutuhkan kenetralan tanah. Untuk dapat mengetahui pergantian pH ketika mengaplikasikan pupuk kompos ini anda membutuhkan waktu sekitar 2 sampai dengan 3 bulan karena perubahan pH dengan memakai pupuk ini memerlukan waktu yang bertahap.  

3/ Air cuka

Air cuka dapat dipakai untuk mengasamkan pH tanah dimana air cuka sifatnya asam dicampurkan dengan 1 liter air yang akan dipakai untuk menyirami tanaman akan menyebabkan tanah menjadi sedikit asam. Ini akan menjadi sangat efektif untuk dilakukan guna kesuburan tanaman yang memang memerlukan tanah dengan pH yang sedikit asam. Dalam penerapannya akan lebih bermanfaat apabila anda mengukur pH sebelum dan sesudah penyiraman dengan menggunakan asam cuka ini.

4/ Ampas kopi dan teh

Bagi anda yang gemar minum kopi dan teh pasti sudah tidak asing lagi dengan ampasnya yang bermanfaat untuk menetralkan pH tanah yaitu bagus untuk menurunkan kadar pH tanah menjadi sedikit lebih asam. Caranya adalah dengan meletakkan 4 sampai dengan 5 sendok ampas kopi atau teh ke dalam tanah di sekitar tanaman secara rutin maka niscaya kondisi tanah akan menjadi subur.

5/ Lemon

Mungkin anda sudah tidak asing lagi melihat beberapa orang yang berkebun sedang menyiramkan air lemon ke tanah di sekitar tanaman mereka. Nah dalam hal ini anda sedang melihat proses penetralan pH tanah dengan memakai lemon guna menurunkan dan menetralkan pH tanah yang ada di sekitar tanaman anda. Lemon merupakan salah satu cara yang paling alami untuk direkomendasikan yaitu gunakan 1 sampai dengan 2 sendok makan air lemon per satu liter air yang akan digunakan untuk menyirami tanaman bersangkutan. Pengaplikasiannya cukup 1 kali dalam 1 bulan agar pH tanah anda pas untuk ditumbuhi tanaman.

6/ Tawas

Apabila kondisi tanah memiliki sifat lebih asam maka ada cara untuk bisa meningkatkan tingkat kebasaan yaitu dengan cara memakai tawas. Tawas dalam bahasa kimia adalah potassium alumunium sulfat bisa dipakai untuk meningkatkan pH tanah menjadi lebih basa. Cara memakainya adalah dengan memakai sekitar 5 samapai dengan 10 gram tawas untuk setiap 1 liter air. Dicampur lalu gunakan untuk menyiram tanah di sekitar tanaman 1 kali dalam sebulan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai beberapa cara menetralkan pH tanah yang paling efektif dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel