Air Laut dan Air Pegunungan

1 Mar 2021 14:50 3240 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Air laut dan air pegunungan memiliki perbedaan seperti dalam hal rasa, air laut berasa asin sementara air pegunungan segar tanpa rasa dimana keduanya sama - sama memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya di bumi ini.

Air memang tidak bisa lepas dari kebutuhan hidup mahkluk hidup. Bisa dikatakan bahwa air adalah salah satu penunjang terpenting terhadap keseluruhan kehidupan yang ada di dunia ini dimana ada beberapa jenis mahluk hidup menjadikan air sebagai salah satu penentu kehidupan mereka seperti ragam hewan yang tinggal di dalam perairan.

Air di bumi sangat mudah ditemukan dimana – mana, meskipun demikian ada beberapa relief pada permukaan bumi yang terkesan kering seperti di daerah gurun. Namun jika digali lebih dalam di sini pun manusia masih bisa menemukan sumber air yaitu dengan adanya oasis di beberapa titik tertentu dari gurun pasir. Hal ini membuktikan bahwa air memang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya yang secara alam sudah disediakan dimana – mana meskipun tempat bersangkutan terlihat kering dan seperti tidak ada air.

Pada umumnya air laut dan air di pegunungan sama – sama adalah air tetapi keduanya memiliki perbedaan yang nyata yaitu dari sisi rasa air laut memiliki rasa asin yang sangat tajam sementara air pegunungan rasanya segar. Masih ada banyak perbedaan lainnya diantara air laut dengan air pegunungan yang jarang diketahui oleh orang – orang kecuali rasa asin tersebut. Di bawah ini kami akan memberikan ulasan dengan singkat mengenai perbedaan yang ada tersebut.

Perbedaan Air Laut Dan Air Pegunungan

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang perbedaan antara air laut dengan air pegunungan maka melalui artikel ini kami akan menjelaskan dengan cara memberikan informasi yang diharapkan bisa memahami tentang beberapa perbedaan tersebut.

1/ Perbedaan dari sumbernya

Perbedaan pertama dari air laut dengan air pegunungan adalah terletak pada sumber dari kedua jenis air tersebut. Bahwa air laut adalah air yang bersumber dari sungai – sungai besar di daratan yang mengalir menuju ke lautan. Sumber air laut bersifat sangat kompleks jika dibandingkan dengan air pegunungan.

Sedangkan sumber air pegunungan berasal dari mata air yang dinamakan mata air pegunungan merupakan asal dari berbagai produk air mineral yang bisa diminum oleh manusia dan mahkluk hidup lainnya.

2. Perbedaan dari segi kegunaan

Perbedaan yang kedua adalah air laut merupakan salah satu jenis air asin yang pastinya mempunyai rasa. Maka dari itu air laut biasanya dimanfaatkan untuk hal – hal tertentu saja yang memiliki sifat produktif misalnya air laut digunakan sebagai bahan utama membuat garam. Sedangkan air pegunungan adalah salah satu jenis air tawar yang artinya bahwa air ini tidak memiliki rasa alias bening dan segar. Maka dari itu air pegunungan lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif baik untuk diminum ataupun digunakan buat keperluan lainnya seperti mandi atau memasak.

Manfaat Air Laut

Meskipun air laut berasa sangat asin namun air laut mempunyai manfaat lainnya yang mungkin banyak orang belum mengetahui. Beberapa manfaat air laut bisa kami jabarkan seperti tersebut di bawah ini :

·Dapat digunakan sebagai media untuk menyembuhkan beragam penyakit.

·Bisa membantu kulit wajah menjadi lebih halus dan semakin cantik.

·Bagus dijadikan sebagai pupuk dalam bidang pertanian.

·Bisa digunakan sebagai bahan bakar.

·Bisa dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik.

·Digunakan sebagai sumber mineral yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

·Sebagai cadangan air tawar.

3/ Perbedaan dari sisi kandungan antara air laut dengan air pegunungan

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa di dunia ini terdapat dua jenis air yaitu air tawar dan air asin. Air tawar adalah jenis air yang tidak memiliki rasa alias tidak berasa asin. Air tawar di dalamnya tidak mengandung larutan garam atau tidak mengandung larutan garam dalam jumlah yang besar. Ketika anda mendengar tentang air tawar maka pikiran anda pastilah tertuju kepada air – air di sungai, danau, sumur, pencairan salju dan air pegunungan.

Air pegunungan merupakan sumber air tawar terbesar karena anda tidak akan merasakan rasa apa pun ketika meminum air pegunungan tersebut. Sehingga air tawar banyak dimanfaatkan sebagai sumber utama untuk beragam produk air mineral.

Sedangkan air laut mengandung rasa sangat asin karena kadar garam air laut cukup besar yaitu bisa mencapai sekitar 3,5 persen dimana dalam takaran 2 liter air terdapat 60 gram garam. Namun tidak semua garam yang tersedia berbentuk garam dapur atau NaCl.

Faktor yang bisa mempengaruhi kadar garam air laut adalah beragam dimana salah satunya adalah karena bumi diselimuti oleh garam mineral terutama di wilayah bagian tanah dan bebatuan. Namun garam yang dimaksudkan sudah tercampur dengan bahan – bahan lain yang sudah terpendam.

4/ Perbedaan yang keempat adalah air laut bisa mengkristal sedangkan air pegunungan tidak

Apakah anda mengerti tentang apa itu kristalisasi ? Kristalisasi pada umumnya merupakan sebuah teknik pemisahan campuran dimana bisa terjadi di dalam sebuah sistem yang akan dilakukan proses transfer massa zat terlarut yang berasal dari larutan tertentu. Hasilnya nanti akan terbentuk sebuah padatan berupa kristal. Rangkaian proses ini bisa saja terjadi secara alami atau secara buatan (adanya campur tangan manusia). 

Pada umumnya para ilmuan memakai proses kristalisasi secara buatan yaitu digunakan sebagai media pemisahan terhadap campuran zat. Proses ini dipakai sebagai pemurnian senyawa dimana air laut mengalami proses kristalisasi secara alami.

Bagaimana dengan air pegunungan ? Diketahui bahwa air pegunungan memang tidak bisa mengkristal. Artinya adalah baik itu air laut maupun air tawar sama – sama tidak dapat melakukan proses kristalisasi buatan namun anda harus bisa mengerti bahwa dalam kondisi tertentu air tawar bisa dibekukan jika diinginkan. Dalam hal ini air yang sudah mengkristal dan air yang membeku sama – sama mempunyai bentuk yang mirip namun apabila anda perhatikan lebih lanjut maka kedua hal ini tampak berbeda.

Nah dari penjelasan singkat kami tersebut di atas bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa air laut merupakan jenis air yang sangat mudah mengkristal sedangkan air pegunungan tidak bisa mengkristal hanya saja ia akan membeku jika didinginkan. 

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai air laut dan air pegunungan yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca yang membaca artikel ini khususnya murid – murid SD hingga SMA.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel