5 Hal Penting yang Harus Diketahui Tinggal Bareng Mertua

18 Jan 2021 09:17 1561 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Menikah itu dambaan hampir semua orang. Persiapkan diri kamu.
Setelah menikah lebih baik tinggal bareng mertua atau mandiri? 
 
Karena sebagai pengantin baru biasanya ingin berdua saja, serasa dunia milik dirinya. Ada beberapa tips bagi kamu yang menikah atau berencana menikah tapi harus tinggal dengan mertua. 
Menikah itu dambaan hampir semua orang, menikah bahagia juga tujuan yang banyak dicari. Apalagi nih, tinggal mandiri dan punya anak banyak. Tapi sayangnya enggak semua orang punya kesempatan yang sama. Ada yang harus bertakdir tinggal bareng sama mertua salah satunya. 
Bukan masalah yang besar menurut saya, tetapi tinggal bersama mertua itu sering sekali terjadi gesekan. Salah sedikit bikin emosi, tetapi emosi itu hanya ditahan saja. Enggak bisa berbuat banyak hal. Bagaimana pun juga mertua itu orang tua suami. Jadi sebagai istri mendukung suami untuk terus berbakti kepada orang tuanya. 
 
1. Mengajarkan arti kesabaran dan lebih semangat lagi mempelajari ilmu kehidupan. 
Tidak ada yang salah dengan tinggal bersama di rumah mertua. Asalkan bisa berkomunikasi dengan saling mengerti satu sama lain. Menggunakan bahasa yang santun dan sopan akan membuat hubungan makin akrab dan kekeluargaan akan terasa erat. Selain itu akan banyak hal yang akan diberikan kepada kita seperti motivasi dan bahkan ilmu kehidupan. 
 
2. Pola Asuh anak akan terpecah dua.
Memang pada kenyataannya ibu pasti memberi yang terbaik untuk anak dan cucunya. Lebih-lebih di manja, akan terus mendapatkan didikan baru. Cara mengasuh anak. Kesempatan yang menggembirakan si anak bisa dititipkan kepada Neneknya apabila sedang sibuk maupun bekerja. Mertua akan membantu merawat dan menanamkan karakter budi yang luhur.
 
3. Melakukan segala hal menjadi lebih sungkan
Kumpul bareng mertua pasti sedikit merepotkan. Belanja bulanan pasti bareng dan ketika ingin membeli sesuatu jadi sungkan. Melakukan sesuatu pun menjadi tidak bebas. Rasa ingin tahu orangtua pasti lebih besar, kemanapun kita pergi harus izin. Namun, tidak masalah yang terpenting tidak merugikan mertua. Kita jalani dengan santai no ribet-ribet club. 
 
4. Pasti ada drama, hadapi dengan ketangguhan hati. 
Namanya keluarga kecil campur dengan keluarga besar pasti ada saja drama. Drama kehidupan anak, menantu, saudara jauh maupun tetangga bisa menularkan hubungan kurang baik. Yang seharusnya enggak tahu permasalahan yang rumit. Mungkin mertua butuh teman cerita, jadi ikut memikul drama tersebut. Sebagai menantu yang ikut tinggal di rumah mertua. Harus punya batin yang kuat dan pikiran yang segar. Agar hidup lebih santai dan penuh ketenangan. 
 
5. Merasa cemburu dengan kasih sayang suami kepada mertua 
Pas awal menikah kadang muncul rasa cemburu kalau suami begitu peduli pada ibunya. Dibandingkan dengan istrinya.  Terkadang lebih mudah tertawa dengan keluarganya daripada pasangannya. Bahkan jika istri minta bantuan seringkali lebih mendahulukan kepentingan ibunya. Pasangan jadi terbelah tugasnya. Di satu sisi ia wajib hormat dan patuh pada orangtuanya. Di sisi lain harus melindungi dan menyayangi pasangannya. 
Namun, begitulah hidup penuh dengan pilihan. Tinggal bersama mertua tidak akan membuatmu menjadi lemah justru semakin dewasa dan rajin melakukan sesuatu yang baru.
Tags

About The Author

Baiq Cynthia 24
Novice

Baiq Cynthia

Just wanna to be inspirator to everyone. autor, content writer, blogger. contact me : baiq_cynthia@yahoo.com
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel