Pentingnya Perhatian Pembangunan Jalan Tol Untuk Jangka Panjang

8 Dec 2020 16:31 445 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Pemerintah sudah banyak melakukan pembangunan infrastruktur, salah satunya jalan tol. Akan tetapi tidak sedikit yang sudah rusak setelah di resmikan. Kenapa itu bisa terjadi?

Pada saat pemerintahan di era Pak Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu perencanaan yang dijalankan. Dan Jalan tol yang menjadi pembangunan yang utama di berbagai daerah di Indonesia.


Karena diharapkan, dengan adanya jalan tol akan menunjang aksebilitas kegiatan perekonomian dari tiap daerah jadi semakin cepat. Khususnya Jawa dan Sumatra, yang banyak menyumbang aktivitas ekonomi.
Pada tahun 2018 pun, pembangunan jalan tol trans jawa antara merak hingga surabaya sudah selesai. Dan untuk wilayah Sumatra, pemerintah telah menargetkan agar jalan tol sepanjang 2000 km tersambung dari Lampung hingga Aceh. 


Dan pemerintah selalu membandingkan dengan negara china terkait pembangunan infrasturktur, khususnya jalan tol. Karena melihat china yang secara massif dalam pembangunan khususnya tol, menjadi terobosan untuk menaikan ekonomi.


Tapi dengan adanya pandemi korona, tidak sedikit dari pembangunan tol yang tertunda atau mengalami kelambatan proses.


Dan untuk target penyelesaian akhir tahun ini, menurut data dari corporate communication department Head Jasa Marga. Sebagai pelaksana jasa jalan tol, saat ini sedang dalam tahap penyelesaian lima pembangunan tol. Dan untuk 2021 pun kementrian PUPR akan membangun tol sepanjang 374 km.
Tapi disisi lain, setelah diresmikan presiden, ada beberapa jalan tol tidak lama setelah itu mengalamai kerusakan pada ruas jalan. Ini tentunya harus menjadi perhatian dari pemerintah dan juga pelaksana lapangan.


Jangan sampai, jalan tol cepat jadi, tapi kualitas hasilnya sangat tidak baik. Ini harus diperhatikan sejak awal. Jalan tol rusak salah satu penyebabnya adalah bisa dilihat karena strutur lapisan pada jalan yang kurang pas. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan geosintetik sebagai lapisan yang akan menghalangi struktur tanah bebatuan dan juga lapisan semen dan aspal, agar tidak ada pencampuran.


Yang menjadikan jalan tetap stabil ketika ada tekanan dari atas jalan ataupun ketika hujan turun. Air tidak akan langsung menyerap kedalam tanah dan bebatuan. 


Banyak manfaat dari pemasangan geosintetik pada proyek jalan, salah satunya jalan tol yang membutuhkan kualitas yang sangat maksimal. Agar jalan tol bisa tahan lama dan jangka Panjang.

Tags

About The Author

dindin 8
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From dindin