Masih takut donor darah? Simak artikel ini yuk!

5 Nov 2020 12:30 625 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Donor darah bukan hal yang menakutkan loh. Harus diketahui, jika donor darah memiliki banyak manfaat. Percayalah, setetes darahmu dapat menyelamatkan nyawa orang lain. 

Saat ini kegiatan donor darah bukan lagi sebuah hal asing dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya dalam lingkungan kesehatan, namun kegiatan donor darah kini sudah menjadi rutinitas bagi beberapa orang dalam kehidupan masyarakat. Karena, kebanyakan masyarakat sekarang sudah mengetahui bahwa donor darah merupakan hal yang sangat mulia dan memiliki beragam manfaat.

Pada awalnya donor darah dianggap hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Banyak yang tidak berani mencoba donor darah karena ketakutan yang dibayangkan oleh orang itu sendiri. Sedangkan manusia sebagai mahluk sosial yang peduli dengan sesama, maka dari itu kebutuhan akan darah merupakan hal yang mutlak harus dipenuhi dan begitu pula dengan permintaan kebutuhan akan darah yang semakin tinggi. Pentingnya kepedulian masyarakat untuk menjadi pendonor yang sukarela maka akan meningkatkan stok persediaan di Unit Donor Darah dengan membantu menyelamatkan nyawa seseorang sehingga mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kebutuhan darah sendiri merupakan hal yang mendesak, darah merupakan materi biologis hidup yang tidak dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya. Selain itu, ketersediaan darah juga ditentukan oleh ketersediaan fasilitas, sarana dan prasarana yang dapat menjamin ketersediaan darah yang cukup, aman dan berkualitas. Oleh karena itu dengan diadakannya sosialisasi mengenai pentingnya donor darah, perlahan-lahan ketakutan itu mulai menghilang.

Donor darah merupakan proses pengambilan sebagian darah yang kita miliki yang disumbangkan dan disimpan di bank darah yang sewaktu-waktu dapat dipakai untuk transfusi darah. Donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya. Menurut Omni Hospitals, ada 8 manfaat donor darah bagi kesehatan apabila rutin mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah, seperti dikutip dari Boldsky.com, yaitu mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran menjadi lebih stabil, menjadi bagian dari periksa kesehatan, menjadi lansia yang sehat, dan dapat menurunkan kolesterol.

Dalam suatu penelitian menyebutkan bahwa kegiatan donor darah yang rutin juga dapat menurunkan risiko kejadian serangan jantung sampai 1/3 kali, terutama pada pria. Beberapa keuntungan lain dari donor darah rutin berdasarkan beberapa penelitian lain adalah menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, menurunkan kejadian resistensi insulin, serta meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Seorang pendonor, juga mempunyai syarat khusus sebelum melakukan donor. Syarat utama nya yaitu sehat jasmani dan rohani, berusia 17-65 tahun, berat badan minimal 45 kg dan setelah itu dilakukan tes kesehatan yang syaratnya kadar hemoglobin >12,5 gr% sampai dengan 17,0g%, tekanan darah (sistol) 100-170 mmHg ]]) dan (diastol) 70-100 mmHg, suhu tubuh antara 36,6-37,5 derajat Celcius, denyut nadi antara 50-100 kali/menit, rentang waktu penyumbang minimal 8 minggu atau 2 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 6 kali dalam 1 tahun). Adapun larangan menjadi pendonor darah jika mempunyai penyakit jantung atau paru-paru, kanker, tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes militus), ketergantungan narkoba, kecanduan minuman keras atau alkohol, mengidap/beresiko HIV/AIDS. Selain itu ada beberapa hal yang mengharuskan untuk menunda donor darah yaitu saat sakit demam, setelah cabut gigi, operasi, sedang hamil, menyusui, stelah vaksin, dan ada gejala alergi.

Menurut alodokter, manfaat donor darah yang tidak kalah penting yaitu pemeriksaan kesehatan. Hal itu karena perawat akan memeriksa suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah Anda akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani berbagai tes yang berbeda. Jika ditemukan gangguan dalam darah, Anda pasti akan segera diberitahu. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencanangkan hari Donor Darah Sedunia setiap tanggal 14 Juli. Mengingat berbagai manfaat donor darah yang tidak sedikit, Anda dapat melakukannya secara rutin di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit terdekat.

Tags

About The Author

Adhiesta Agni 9
Novice

Adhiesta Agni

Mahasiswa Teknologi Bank Darah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Adhiesta Agni