Tips Wisata di Karimunjawa, Ketika Pertama Kali Berkunjung

5 Oct 2020 19:30 1413 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kali ini kami akan memberikan panduan liburan bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa yang bisa dieksplorasi dari Karimunjawa. Berikut tips wisata di Karimunjawa yang perlu Anda lakukan!

Memasuki waktu liburan semester, Anda dan teman Anda harus merencanakan liburan untuk menghabiskan waktu, bukan? Menikmati angin sepoi-sepoi di pantai, mendaki gunung yang curam, atau hanya menikmati matahari terbenam adalah rencana yang pasti Anda harapkan dalam liburan Anda.

Berbicara tentang tujuan liburan, Karimunjawa pasti akan masuk dalam daftar tujuan Anda. Yup, memang benar bahwa pulau-pulau yang masih berada di kabupaten Jepara, Jawa Tengah memiliki keindahan yang tidak kalah bagusnya dengan pulau-pulau di Bali atau Nusa Tenggara. Selain itu, untuk pergi ke Karimunjawa tidak sulit dan cukup murah, lho. Nah, kali ini kami akan memberikan panduan liburan bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa yang bisa dieksplorasi dari Karimunjawa.

Tips Wisata di Karimunjawa, Ketika Pertama Kali Berkunjung

Untuk transportasi, Anda dapat menggunakan Kapal Siginjai atau Bahari Express sebagai opsi untuk menyeberang ke Karimunjawa

Dari Jepara, Anda harus mencapai pantai Kartini untuk naik perahu yang akan membawa Anda ke Karimunjawa. Ada beberapa pilihan kapal, yaitu Express Bahari atau fast boat dan Siginjai Passenger Motor Boat (KMP). Perbedaan antara kapal cepat – kapal cepat – dan kapal Siginjai adalah harga dan waktu perjalanan. Untuk speedboat, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam, yaitu sekitar 300-400 ribu per perjalanan sekali jalan dengan waktu perjalanan 2,5 jam dibandingkan dengan KMP Siginjai yang tidak sampai 100 ribu tetapi harus menempuh 5 hingga 6 jam melalui laut.

 

Tidak perlu berjalan di sepanjang pulau, Anda bisa bermalam dan menyewa sepeda motor di dekat lokasi pelabuhan

Sesampainya di pelabuhan Karimunjawa, Anda bisa berjalan kaki untuk menyewa sepeda motor. Tidak jauh dari pelabuhan Karimunjawa. Harga sewa sepeda motor adalah 75-100 ribu per 12 jam, belum termasuk bensin. Persyaratan untuk menyewa sepeda motor, Anda harus meninggalkan 1 KTP atau kartu identitas. Untuk sepeda motor, Anda harus pintar memilih, karena tidak semua sepeda motor berkualitas baik. Maklum digunakan untuk berkendara di jalan yang tidak mulus dan berbatu.

Sedangkan untuk penginapan, Anda bisa menemukannya dengan berbagai harga. Mulai dari 100 ribu hingga satu juta, itu tergantung pada anggaran Anda. Atau jika Anda ingin memeras anggaran penginapan, Anda juga bisa berkemah di pantai. Tapi pastikan dulu, kalau mau berkemah bukan awal tahun karena angin pantai selatan yang ganas. Jika Anda terus memaksa berkemah, bersiaplah untuk kemah Anda terbang dalam angin. Wow ~

 

Menikmati matahari terbenam di Pantai Ujung Gelam benar-benar romantis jika Anda menghabiskan waktu bersama pasangan

Sebelum menyeberang ke pulau-pulau lain di Karimunjawa, Anda harus mengunjungi Pantai Ujung Gelam yang terletak di ujung Pulau Karimunjawa. Untuk memasuki area pantai ini, Anda tidak perlu membayar biaya dan hanya membayar parkir. Di sini mata Anda akan dimanjakan dengan pasir putih, air laut dengan gradasi warna yang indah. Gradasi warna dari air laut di sini adalah perbedaan kedalaman laut, semakin gelap warna air, semakin dalam, jadi berhati-hatilah saat bermain di pantai.

 

Selain bermain dengan hiu di Pulau Menjangan Besar, Anda juga bisa melihat penangkaran penyu. Anda tidak perlu khawatir tentang hiu yang jinak

Jarak dari pelabuhan Karimunjawa ke Pulau Menjangan Besar sekitar 1 km dan memakan waktu 5-10 menit. Untuk menikmati sensasi berenang di pantai yang berbeda dari biasanya, di sini Anda bisa berenang bersama hiu. Ya, hiu. Eits jangan takut dulu, di sini hiu masih kecil dan jinak. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat hiu kecil memakan ikan kecil. Harga tiket masuk adalah 40 ribu per orang. Selain bermain dengan hiu, Anda juga bisa mengunjungi penangkaran penyu di pulau ini.

 

Nikmati keindahan terumbu karang di pantai Menjangan Kecil, ada banyak ikan yang bisa Anda temukan di sini

Setiap sudut Karimunjawa memiliki pantai yang indah, yang membedakan hanya apakah pantai digunakan untuk snorkeling atau tidak. Untuk masuk ke sini Anda harus membayar biaya 10-20 ribu per orang. Satu hal yang sangat penting ketika ingin snorkeling adalah snorkeling atau peralatan selam. Tidak perlu khawatir, karena pantai ini menyediakan penyewaan peralatan selam. Bersiaplah untuk dikejutkan oleh surga bawah laut di Laut Jawa, yang membuat Anda tidak ingin keluar dari air! Tapi hati-hati jadi jangan terlalu terpana dengan keindahannya karena ketika Anda mengangkat kepala, Anda mungkin sudah berada di tengah laut.

Tags Wisata

About The Author

Nando Rifky 33
Ordinary

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel