Xiaomi Mi 10, Flagship Pertama Xiaomi Akhirnya Masuk Indonesia

2 Jun 2020 11:25 303 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
The real flagship dari Xiaomi untuk Indonesia di tahun 2020.

Setelah sekian tahun lamanya para Xiaomi Fans atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Mifans berharap agar brand smartphone favorit mereka ini membawa smartphone kelas flagship-nya ke Indonesia. Pada bulan Mei 2020 ini, Xiaomi akhirnya membawa smartphone flagship yang memang benar-benar layak disebut flagship dari spesifikasi yang ditawarkan. Dengan kata lain, bukan kamera saja yang bagus atau chipset saja yang bagus. Namun keseluruhan spesifikasi yang membentuk smartphone tersebut.

Namanya, adalah Xiaomi Mi 10; yang kata Xiaomi sendiri, smartphone ini adalah smartphone hasil karya dari “petualangan” Xiaomi di dunia smartphone. Dari sisi spesifikasi, Mi 10 ini dipersenjatai oleh chipset terbaru dari Qualcomm Snapdragon yaitu Snapdragon 865 dengan kecepatan yang jauh melebihi chipset flagship generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 855 dan 855+.

Tapi sayangnya, chipset ini memiliki harga yang cukup mahal lantaran fitur-fitur yang tertanam pada chipset ini sendiri. Hal ini tentunya membuat smartphone yang menggunakan chipset ini mengalami penyesuaian harga, termasuk Mi 10. Jadi jangan kaget kalau harga smartphone flagship dari Xiaomi yang pertama kali datang ke Indonesia ini harganya tidak sesuai dengan kondisi dompet para Mifans semua. Tapi percaya, tidak percaya, Mi 10 di Indonesia itu sedikit lebih murah dari negara-negara lain yang menjadi kesayangan Xiaomi seperti India dan Hongkong.

Untuk kameranya sendiri, smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera belakang yang berjumlah empat buah. Kamera utama dengan resolusi 108 MP, kamera ultra wide dengan resolusi 13 MP, serta dua kamera lagi sebesar 2 MP yang masing-masing fungsinya adalah sebagai kamera macro dan sensor untuk mengambil foto bokeh.

Dua faktor di atas adalah faktor-faktor yang membuat smartphone itu layak disebut sebagai smartphone flagship atau tidak. Selain kedua faktor di atas, ada faktor-faktor lain yang menurut penulis itu merupakan faktor pendukung penentu yang membuat Mi 10 pantas disebut “the real flagship” atau bukan flagship nanggung.

Faktor-faktor tersebut antara lain, keberadaan dual stereo speaker, kapasitas RAM dan memori internal yang sudah di atas 8GB dan 128GB, pengisian baterai fast charging, wireless charging, kapasitas baterai di atas 4500 mAh, Layar sudah bukan IPS lagi (menggunakan Super AMOLED), frame bodi Aluminium, kaca pelindung Gorilla Glass 5 dan skor antutu yang masuk top 10 walaupun sebenarnya hasil angka dari antutu ini tidak relevan dengan performa nyata yang ada pada smartphone.

Dari sekian banyak fitur dan spesifikasi yang dimiliki Mi 10, penulis berpendapat bahwa smartphone ini memang layak dibanderol dengan harga 9.9 jutaan rupiah. Namun sayangnya, dompet para Mifans berkata lain. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang membuat prioritas isi dompet ke bagaimana untuk bertahan hidup kedepannya dibandingkan membeli smartphone baru. Namun pada intinya, Xiaomi Mi 10 dengan harga 9.9 jutaan ini sangatlah layak untuk dimiliki di tahun 2020 ini jika Anda mampu membelinya. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel